PENGALAMAN MEMBAYAR PAJAK KENDARAAN BERMOTOR DENGAN INTERNET BANKING BJB

INovasi pelayanan di bidang perpajakan, khususnya pajak tunggangan bermotor sangat mempermudah wajib pajak pada pembayaran pajak tunggangan bermotor miliknya. Apabila dulu membayar pajak tunggangan harus antri berdesak-desakan pada kantor samsat dengan durasi saat yg cukup melelahkan, sekarang semua dapat dilaksanakan berdasarkan tempat tinggal . Hanya tentu saja terdapat kondisi yg wajib dipenuhi, antara lain : 1) mempunyai rekening bank yang bekerja sama menggunakan samsat online misalnya Bank Bank Mandiri, BRI, BNI serta BTN,BCA, Bank CIMB Niaga, Bank Permata, BPD Banten, BPD DKI Jakarta, BJB Jawa Barat, Bank DIY, BPD Jawa Timur dan Bali, dan 2) tunggangan yg akan dibayar pajaknya harus milik sendiri bukan atas nama orang lain.

Fasilitas perbankan yang dapat digunakan antara lain ATM, Internet Banking, Mobile Banking dll. Namun tentu saja nir seratus persen sanggup dilakukan dari rumah. Di tempat tinggal atau pada ATM kita hanya mampu melakukan transaksi pembayaran pajak. Sedangkan bukti faktur pajak dan  pengesahan STNK tentu hanya bisa didapatkan di tempat kerja samsat terdekat. Caranya merupakan dengan membawa struk pembayaran pajak, STNK orisinil dan KTP orisinil ke tempat kerja samsat terdekat buat minta ditukarkan dengan faktur pajak serta pengesahan STNK.

Berikut ini adalah cara pembayaran pajak kendaraan bermotor dengan memakai internet banking BJB. Bagi anda yg belum tahu tata cara pendaftaran BJB Net bisa membaca artikel ini :Panduan Registrasi BJB Net

  1.  Login ke internet banking bjb pada alamat ini : PT Bank Pembangunan Jabar Dan Banten TBK 
  2. Pilih menu Pembayaran - Pajak Kendaraan Bermotor.
  3. Nomor Rekening, Tipe Pembayaran serta propinsi sudah otomatis terisi dan tidak terdapat pilihan lain karena memang Bank BJB  hanya mendapat  pembayaran pajak kendaraan pada Jawa Barat. Isi kode bayar menggunakan memakai kode 32 ditambah masa akhir berlaku pajak. Misal Pajak Kendaraan kita jatuh tempo pada lepas 02 Pebruari 2018 maka isi kode bayar dengan nomor 3202022018 

  4. Selanjutnya  klik tombol kirim. Jika data yg dimasukan sahih akan timbul identitas tunggangan yg kita miliki bersama jumlah pajak yang wajib dibayarkan. Teliti kebenaran data-datanya serta sesuaikan menggunakan bukti diri yg terdapat pada STNK milik kita.
  5. Jika telah sahih datanya pilih tombol lanjut. Apabila merasa tidak yakin akan kebenarannya pilih tombol kembali.
  6. Selanjutnya kita disuruh buat memasukan soft token yg dikirim Bank BJB ke angka telepon yang kita daftarkan waktu membuka rekening Bank. Soft token adalah kode validasi buat pengamanan transfer yang akan dilaksanakan.  Masukan nomor token serta klik kirim. Jika pengisisan soft token sahih, maka transaksi pembayaran pajak akan terjadi.
  7. Akan muncul bukti pajak yang dapat diprint menjadi bukti bahwa kita telah membayar pajak kendaraann bermotor.

  8. Pilih simpan buat menyimpan bukti pembayaran pajak di komputer atau sanggup eksklusif sanggup pilih menu cetak bila ketika itu terhubung menggunakan printer.
  9. Simpan bukti pembayaran pada loka yg kondusif serta segera tukarkan bukti pembayaran menggunakan faktur pajak serta lakukan pengesahan STNK tahunan paling lambat 30 hari stelah pembayaran pajak dilakukan. Proses penukaran SKPD dan pengesahan STNK nir memakan saat usang. Lakukan penukarandan ratifikasi di kantor samsat atau samsat outlet terdekat.
  10. Demikianlah rapikan cara pembayaran pajak tunggangan bermotor dengan menggunakan BJB net dari pengalaman yang sudah dilaksanakan penulis.

Comments