PENANGKAPAN IKAN YANG RAMAH LINGKUNGAN

Penangkapan Ikan Yang Ramah Lingkungan - Pada prinsipnya penangkapan ikan yg ramah lingkungan berkaitan erat dengan konduite pengguna yg pada hal ini nelayan buat berupaya supaya aktifitas yg dilakukan nir berdampak jelek terhadap lingkungan perairan. Prinsip tersebut disuaikan dengan artikel 7 menurut Code of Conduct for Resposible Fisheries (FAO, 1995) antara lain adalah :


1. Dalam hal menangkap ikan, pelaku perikanan pada hal ini para penangkap ikan wajib bertanggung jawab pada arti aktivitas penangkapan yang dilakukan senantiasa mempertimbangkan perlindungan dan pengelolaan sumberdaya atas dasar pertimbangan dukungan data yang baik serta pengetahuan lainnya tentang sumberdaya dan habitatnya.

Penangkapan Ikan Yang Ramah Lingkungan

2. Adanya upaya menjaga kualitas, keragaman dan ketersediaan sumberdaya perikanan dalam jumlah yang cukup bagi generasi sekarang serta mendatang, yaitu dengan mencegah adanya syarat lebih tangkap, pemanfaatan yg seimbang sesuai dengan jumlah hasil tangkap yg diperbolehkan. 


3. Alat penangkap yang dioperasikan wajib selektif terhadap target ikan yang ditangkap (target species).


4. Adanya upaya penanganan (handling) hasil tangkapan yang memadai pada rangka mempertahankan gizi, kualitas serta keamanan output olahan dan upaya memperkecil resiko timbulnya pencemaran lingkungan berdasarkan output buangan baik pada aktifitas penangkapan maupun pada saat pengolahan.

5. Melakukan upaya perlindungan terhadap dalam habitat yg kritis, mangrove, perairan karang, tempat memijah ikan dan lain-lain.

6. Memberikan peluang dan proteksi yg semestinya terhadap perikanan rakyat berskala kecil atas kelangsungan bisnis, lapangan kerja, pendapatan serta kemanan dan kemudahan pada mendapatkan fishing ground.
Bahwa sumberdaya ikan menjadi sumberdaya alam yang dapat diperbaharui (renewable resources) keberadaannya perlu dilindungi serta dikelola secara bijaksana buat mengklaim agar jumlah output tangkapan ikan nir melebihi Maximum Sustainable Yield (MSY). Kondisi ini untuk menyesuaikan antara upaya penangkapan (fishing effort) dengan potensi sumberdaya ikan yg tersedia.
7. Usaha penangkapan ikan harus dilaksanakan dengan tetap mempertimbangkan serta bertanggung jawab terhadap ekologi serta lingkungan buat melindungi stock dan tempat asal lautan, dan buat memanfaatkan sosial ekonomi yg maksimal .
Penangkapan Ikan Yang Ramah Lingkungan

Comments