PEMASANGAN ALAT PENGAMAN KEBOCORAN LISTRIK ELCB YANG BENAR

Cara pemasangan ELCB atau anti hubungan menjadi Alat pengaman kebocoran arus listrik yang benar.
Apakah Instalasi listrik di rumah anda telah dilengkapi menggunakan indera pengaman kebocoran listrik atau anti kontak (ELCB) ?
Dan, apakah pemasangan anti kontak atau ELCB dalam instalasi listrik pada tempat tinggal anda sudah sahih, serta telah dipastikan bisa berfungsi buat mengamankan Anda dan famili dari sengatan listrik ?
Bagaimana cara memasang ELCB yang sahih?
Seperti yang sama-sama kita ketahui bahwa setiap Instalasi Listrik memiliki berbagai potensi bahaya, baik terhadap keselamatan manusia dan bahaya kebakaran.
Oleh karena itu, setiap Instalasi listrik perlu dilengkapi menggunakan suatu indera pengaman yang dapat mencegah terjadinya bahaya-bahaya yang tidak kita inginkan.
Alat pengaman bahaya listrik yg digunakan buat mencegah terjadinya kebocoran listrik biasa kita sebut dengan Anti kontak.
Secara generik kita poly mengenal alat pengaman kebocoran arus listrik buat deteksi awal sebelum terjadi bahaya yang lebih serius.
Alat pengaman atau Anti kontak ini memiliki beberapa nama, yaitu :
  • ELCB (Earth Leakage Circuit Breaker)
  • GFCI (Ground Fault Circuit Interrupter)
  • RCD (Residual Current-operated Devices)

Alat-alat tadi diatas mempunyai fungsi yang sama yaitu buat mendeteksi kebocoran arus yang terjadi pada suatu sistem instalasi listrik , baik kebocoran arus ke bumi secara langsung maupun kebocoran arus ke bumi melalui benda lain misalnya tubuh insan, mesin, indera listrik, atau benda lainnya.
Dengan memasang alat pengaman terhadap kebocoran listrik, bisa menaruh perlindungan terhadap banyak sekali resiko bahaya listrik, baik bahaya terhadap insan maupun bahaya terhadap kerusakan peralatan listrik dan kebakaran.
Bagaimana cara memasang alat pengaman kebocoran listrik yg sahih, seperti ELCB atau Anti kontak dalam suatu instalasi listrik ?
Cara pemasangan ELCB atau Anti kontak ini, harus benar-sahih kita ketahui supaya fungsi berdasarkan alat pengaman listrik yang kita pasang dapat benar-sahih sinkron menggunakan yang kita harapkan.
Pemasangan Alat pengaman kebocoran arus listrik ELCB yg sahih adalah sebagai berikut.

Berikut ini gambar cara pemasangan ELCB yg benar



Untuk dapat memasang ELCB atau anti hubungan yg benar, kita bisa mengikuti Langkah-langkah cara pemasangan ELCB atau Anti kontak misalnya dibawah ini :

Langkah-langkah pemasangan ELCB yang sahih :

  • Pasang anti kontak pada sumber listrik utama
Pastikan Alat pengaman kebocoran listrik ELCB atau Anti kontak yg kita pasang sahih-sahih melindungi semua jaringan atau Instalasi yang kita miliki,oleh karena itu pemasangannya harus sahih-sahih terpasang pada sumber listrik utama.
Pemasangan Alat pengaman (Anti hubungan) dalam awal jaringan instalasi, ditempatkan sebelum listrik tadi masuk ke titik pemakaian atau titik beban.
Untuk memastikan seluruh alat-alat listrik yang kita pasang sudah melewati anti kontak terlebih dahulu agar nir ada satupun indera listrik luput dari pengaman atau nir satupun titik listrik yg tidak terdeteksi sang alat pengaman yang kita pasang tersebut. (misalnya gambar diatas).
Kesalahan cara pemasangan indera pengaman kebocoran bisa menyebabkan alat pengaman tidak bisa berfungsi sebagaimana mestinya, atau mengakibatkan adanya titik listrik atau stop kontak yg tidak terproteksi.
  • Sesuaikan berukuran serta jenis ELCB
Selain pemasangan yang benar, satu hal yg harus kita pastikan adalah dalam menentukan serta menentukan berukuran ELCB atau anti hubungan yang akan kita pasang.
Pertama, pastikan sensitifitas ELCB atau Anti kontak
Terdapat beberapa jenis nilai Sensitifitas menurut ELCB atau Anti hubungan, ada yang memiliki Sensitifitas 30 mA, terdapat yang 100 mA, terdapat yg 300 mA serta lainnya.
Jika kita ingin memasang ELCB buat melindungi bahaya listrik terhadap keselamatan insan, maka kita wajib memakai ELCB dengan Sensitifitas 30mA.
Namun bila kita ingin memasang ELCB buat melindungi bahaya listrik terhadap kerusakan alat-alat listrik atau bahaya kebakaran, maka kita dapat memakai ELCB menggunakan sensitifitas 300 mA.
Selain nilai sensitifitas, ELCB pula memiliki nilai batasan arus aporisma yg bisa dilaluinya sebelum tetapkan rangkaian listrik (Trip).
Untuk menentukan berapa nilai arus aporisma ELCB, sama halnya dengan menentukan ukuran MCB, yaitu kita harus mengetahui berapa beban atau Arus listrik yg kita pakai.
Sebagai contoh, jika instalasi listrik kita memakai banyak sekali perlatan listrik yg jumlahnya mencapai 20 Ampere, maka kita harus menggunakan ELCB yg memiliki berukuran lebih akbar dari 20 Ampere.
Biasanya perhitungannya buat memilih ukuran ELCB sama menggunakan MCB, yaitu :
125 % x Arus Maksimal (I max)
  • Pastikan Kabel Phase dan Netral terpasang melalui ELCB
Pastikan kedua kabel netral dan phase sahih-benar melewati sensor alat pengaman atau ELCB.
Sumber listrik memiliki 2 jenis kabel, yaitu Phase serta Netral. Kedua kabel ini wajib benar-benar terpasang seluruhnya pada ELCB.
Jika masih ada satu kabel netral atau Phase yang tidak melalui ELCB yang kita pasang, maka ELCB akan selalu menetapkan rangkaian listrik kita (Trip), lantaran ELCB mendeteksi hal tadi adalah suatu kebocoran listrik.
  • Pastikan ELCB yg telah kita pasang sahih-sahih berfungsi
Setelah kita memasang ELCB dengan benar pada instalasi listrik yang kita miliki, hal terakhir yg pula sangat penting, adalah memastikan fungsi atau kinerja ELCB tadi.
Bagaimana Cara memastikan ELCB tadi dapat bekerja buat mengamankan bahaya listrik?
Cara pertama yang bisa kita lakukan, merupakan dengan menggunakan Tombol Test yang terdapat dalam ELCB tadi.
Coba tekan tombol Test (Push to Trip) yang ada pada ELCB tersebut, jika Alat tersebut dalam keadaan baik, maka ELCB akan memutuskan semua rangkaian listrik yang terdapat.
Tombol Test (Push to Trip) ini pula berfungsi buat kita bisa mengetahui fungsi ELCB tadi secara bersiklus.
Selain itu, terdapat cara yang paling disarankan serta efektif, yaitu menggunakan cara meggunakan indera uji ELCB yg diklaim dengan ELCB Tester.
  • Pastikan semua instalasi listrik terputus ketika ELCB bekerja
Bagaimana cara memastikannya ?
Caranya sangat mudah, yaitu menggunakan menyalakan semua alat-alat listrik kita, baik lampu, alat elektronik, dan lainnya.
Lalu matikan ELCB, mampu dengan mematikan ELCB menggunakan menurunkan tuasnya, atau sanggup juga dengan menekan tombol test (Push toTrip).
Setelah itu, periksa seluruh peralatan listrik yang ada pada instalasi listrik yang kita miliki, apakah terdapat yang menyala.
Periksa juga semua stop kontak yang ada dengan memakai Testpen, apakah seluruhnya benar-benar sudah dipastikan terputus dari aliran listrik.
Jika seluruhnya benar-sahih padam atau terputus dari genre listrik, berarti pemasangan ELCB sudah meliputi holistik Instalasi listrik yang kita miliki.
Jika masih ada yang menyala atau beraliran listrik , maka harus dilakukan inspeksi ulang untuk memperbaiki pemasangan, sampai sahih-sahih seluruhnya terputus dari aliran listrik.
Pemasangan Alat pengaman kebocoran arus listrik yang benar
Pemasangan alat pengaman yg galat, akan mengakibatkan pengaman nir dapat berfungsi saat terjadi kebocoran listrik pada bagian yang tidak mendapatkan perlindungan ELCB
Penting :
Pemasangan ELCB hanya dilakukan oleh teknisi listrik yg ahli serta Kompeten
Semoga artikel ini bermanfaat !
Cara flExi
dikutip berdasarkan berbagai Sumber

Comments