PELIHARAAN ATAU PIARAAN PENJELASAN ARTI KATA DAN PERBEDAANNYA DALAM BAHASA INDONESIA

Mungkin penutur bahasa Indonesia, khususnya yang bahasa ibunya bukan bahasa Indnesia, sempat bingung disparitas antara istilah peliharaan serta kata piaraan. Mana yg benar antara ke 2 kata tadi. Apakah peliharaan? Ataukah piaraan.

Berikut ini penerangan arti serta perbedaaan antara kata peliharaan dan piaraan. Penjelasan disparitas  kata peliharaan serta piaraan berikut adalah bersumber berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia edisi kelima yang diterbitkan leh Pusat Bahasa.

Pengertian Peliharaan dan Piaraan dalam Kamus

Arti Peliharaan

Peliharaan adalah kata bentukan menurut istilah dasar 'pelihara'. Dalam Kamus Besar Bahasa Indnesia, pelihara memiliki arti jaga serta rawat. Seentara itu kata 'peliharaan' adalah kata bentukan menggunakan penambahan imbuhan (akhiran) -an. 

Penggunaan akhiran -an pada istilah peliharaan mengandung makna, 'sesuatu yang'. Jadi, peliharaan mempunyai arti 'sesuatu yang dipelihara'.

Arti Piaraan

Kata piara dalam Kamus Besar Bahasaa Indonesia digolongkan pada istilah kerja (verba). Memiliki penjelasan arti pelihara. Sementara istilah piaraan memiliki 2 arti. Proses pembentukannya sama dengan kata peliharaan yang sama-sama menerima imbuhan (akhiran) -an. 

Kata piaraan dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia mempunyai arti:

1. (nomina) yang dipiara; output memiara;
2. (nomina; kiasan) pada luar nikah; nir resmi;

Berdasarkan penerangan arti kata piaraan di atas. Dapat diketahui bahwa kata piara bisa dikonotasikan negatif, yaitu saat dimaknai menjadi kata kiasan.

Kata piaraan dalam bahasa Indonesia mengandung makna yg negatif karena lebih poly dipakai buat hewan. Sementara, meskipun dalam KBBI, contoh yg dipakai adalah anak piaraan, maksudnya anak yg dipelihara, bukan anak sendiri.

Perbedaan 'Peliharaan' serta 'Piaraan'

Dilihat berdasarkan makna kamus, seakan tidak ada perbedaan antara kata peliharaan dan kata piaraan. Tetapi, dalam penggunaannya sang rakyat ungkap Bahasa Indonesia, terdapat perbedaan antara istilah piaraan serta kata peliharaan.

Kata piaraan identik menggunakan 'fauna'. Jadi waktu terdapat yang menyampaikan:

Dia datang beserta piaraaanya. 

Pasti yg dimaksud dengan 'piaraan' adalah 'fauna piaraan'.

Sementara istilah peliharaan meskipun sanggup digunakan buat 'hewan' namun masih mengandung makna lain. Bisa jadi, tumbuhan yang dipelihara. 

Dapat disimpulkan bahwa, disparitas antara istilah piaraan serta peliharaan terdapat pada penggunaannya di rakyat.

Comments