NASGORGUL NASI GORENG GULAI LEZAT KAYA REMPAH

Tahu gulai? Salah satu masakan adonan budaya antara warga Arab-India dan Indonesia ini punya cita rasa yg mantap. Kelezatan gulai tak layak buat diragukan. Jadi, lumrah saja bila gulai masuk pada jajaran masakan spesial beberapa daerah di Indonesia.

Di Sumatera, contohnya. Masyarakatnya biasa memasak gulai kancah. Kancah adalah diksi untuk jeroan sapi. Sementara masyarakat Sulawesi biasa mengolah gulai ayam. Sedangkan rakyat Jawa Tengah akrab menggunakan gulai asam iga sapi.

Selain daging sapi dan ayam, jenis daging lainnya yang umum diolah menjadi gulai adalah daging kambing, domba dan ikan. Di sejumlah restoran masakan Padang, misalnya. Pecinta kuliner bisa dengan gampang menemukan pilihan menu gulai ikan atau kepala ikan.

Gulai diolah berdasarkan aneka macam macam rempah. Tak ayal bila masakan ini punya cita rasa yang sangat bertenaga. Selain itu, kuahnya kaya dengan santan. Jadi, selain rasa rempah, cita rasa gurih benar-sahih mendominasi dalam kuliner ini.

Seperti yg telah disebutkan, resep gulai kaya akan rempah. Beragam rempah yg digunakan buat membuat gulai kambing, gulai ikan maupun gulai daging lainnya, diantaranya, ketumbar, kunyit, lada, lengkuas, jahe, cabe merah, bawang merah, bawang putih, adas, serai, kayu anggun dan jintan. Berbagai rempai itu diolah sedemikian rupa beserta daging dan santan.

Tapi sayangnya, kuliner ini tergolong gampang membuat enek selera makan. Sebab, gulai kaya akan santan dan kuahnya cenderung bertekstur kental.

Jika rasa enek jadi perkara, mungkin resep kuliner yg satu ini patut dicoba. Namanya, Nargorgul (Nasi Goreng Gulai). Tak jauh-jauh dari gulai, inti cita rasa nasgorgul terletak pada gulai. Tapi, yg membedakannya merupakan tekstur dan penyajiannya. Nasgorgul tidak berkuah.

Nasgorgul merupakan akronim menurut nasi goreng gulai. Disebut demikian lantaran resep makanan ini dibuat berdasarkan kombinasi bumbu nasi goreng dan gulai. Nah, resep nasi goreng ini mampu menjadi alternatif pilihan bagi Anda yang senang gulai.

Cara membuatnya tidak susah. Anda tinggal menyiapkan bumbu nasi goreng, misalnya bawang putih, bawang merah, terasi, cabai, garam dan gula secukupnya dan kecap anggun. Ambil wajan dan tuangkan minyak goreng secukupnya. Panaskan. Setelah panas, tumis bawang merah dan bawang putih hingga baunya tercium bertenaga.

Kemudian, ambil kuah gulai dan tuangkan ke tumisan bawang merah dan bawang putih. Tunggu hingga mendidih. Begitu mendidih, tambahkan nasi. Aduk hingga homogen pada atas barah sedang. Setelah merata tinggal masukkan bumbu-bumbu yang lain. Masak sampai nasi memiliki tekstur kemarau. Matikan barah, dan Nasgorgul siap disantap. Pertimbangkan jua buat mencoba aneka resep nasi goreng khas dan istimewa part 5 dan aneka resep nasi goreng spesial serta istimewa part 4.

Comments