NARJIS NURUDDIN KALIGRAFER WANITA MANTAN BANKER


Narjis Nuruddin, seseorang kaligrafer perempuan berdasarkan Abu Dhabi memiliki banyak prestasi pada bidang kaligrafi, dan telah poly ikut serta pada aneka macam even pameran serta lomba. Ia merupakan perempuan kelahiran tahun 1975, dan sebelumnya menempuh pendidikan dibidang perbankan. Ia pernah bekerja dibidang industri perbankan hingga tahun 2006. 

Pada tahun 2000, dia tertarik dengan kaligrafi dan mulai mempelajarinya. Ia masuk institut kaligrafi di kota Sharjah (Syariqah), dan secara privat belajar dirumah rumah para kaligrafer diantaranya Khalid as-Sa'i. Kemudian pada tahun 2006 beliau pulang ke Istambul buat belajar Tsuluts dan Tsuluts Jaly pada kaligrafer kenamaan Hasan Celebi dan Dawud Bektasy. 

Pada tahun 2007 ia pergi ke Teheran buat belajar kaligrafi Farisi/Nasta'liq pada Abbas Akhwain. Aktif mengikuti pameran serta workshop Kaligrafi yg diadakan oleh Departemen Pariwisata Dubai.

Puncak prestasinya merupakan beliau meraih penghargaan pada kompetisi kaligrafi sesi ke-6 yg diselenggarakan oleh IRCICA atas karya Diwani Jaly yg ditulisnya pada tahun 2004.
Berikut ini merupakan karya karyanya :


Allahu Nuurus-samaawati wal ard




Wa bisy-syukri taduumun ni'am (menggunakan syukur, nikmat sebagai langgeng)


lilladziina Ahsanul husna wa ziyadah

Syair Do'a Ali Bin Abi Thalib

لك الحمد يا ذا المجد والجود تبـــــــــــاركت تعطي من تشاء وتمنع
إلهي حــــليف الحب بالليل ساهـــر    ينادي ويدعو والمغفل يهجع
إلهي أنلني منك روحا ورحمة    فلست سوى أبواب فضلك أقرع





Walatajidanna Aqrabahum mawaddatan lilladzina amanu alladzina qaaluu innaa nashooro


AlQuran Surah Al-Qadr




Kun Ibna Man Syi'ta waktasib adaban 

Demikianlah karya karya Narjis Nuruddin, gampang mudahan bermanfaat buat dipelajari. Terima kasih sudah meluangkan ketika membaca.

Comments