MENJELASKAN MAKNA SLOGAN DAN TUJUANNYA

Slogan, beserta iklan dan poster, sebagai salah satu materi pada pelajaran Bahasa Indonesia pada Kelas VIII (Delapan) buat tingkat Sekolah Menengah pertama/MTs. Materi tentang Slogan, Iklan, serta Poster tidak sanggup dipisahkan satu sama lain lantaran memliki keterkaitan yg sangat kuat.
Kali ini, hal yg akan dibahas sebatas dalam jargon. Tujuan adanya materi slogan tentu agar murid dapat tahu slogan, memahami makna slogan, serta akhirnya dapat membuat jargon yg menarik buat banyak sekali tujuan serta kebutuhan.
Salah cara buat sanggup memahami slogan dan menciptakan slogan, adalah dengan cara tahu pengertiannya terlebih dahulu. Meskipun membaca atau mengetahui pengertian tekstual sebuah jargon, belum tentu memahami maksud dan tujuan sebuah jargon.
Maka menurut itu, pada artikel kali ini, akan dijelaskan mengenai pengertian slogan, dan memahami beberapa makna model slogan serta tujuan penulisan jargon-slogan tersebut.
Dalam kitab teks bahasa Indonesia buat kelas VIII (Kelas 8) masih ada model soal latihan misalnya ini:
Jelaskan makna jargon-slogan berikut ini! Ditujukan pada siapa jargon-slogan ini?
Slogan:
Buku merupakan Jendela Ilmu Pengetahuan
Makna:
Buku itu semacam ventilasi. Maka, menggunakan membaca buku kita sanggup melihat ilmu pengetahuan yg terdapat pada dalamnya. Meskipun kita nir terlibat praktik eksklusif sebuah percobaan ilmu pengetahuan, akan tetapi lantaran kita membaca buku kita sanggup melihat output percobaan sebuah ilmu pengetahuan tersebut.
Pihak Tertuju:
Slogan tadi ditujukan buat seluruh orang. Lebih spesifik buat para siswa atau pelajar.
Slogan:
Mulutmu Harimaumu

Makna:
Sloga tersebut mempunyai makna bahwa ekspresi kita bisa menerkam serta membahayakan kita. Maksudnya merupakan, setiap ucapan yg keluar menurut diri kita wajib hati-hati serta dijaga. Lantaran bisa menyakiti orang lain bahkan bisa mencelakai diri kita sendiri. Bisa jadi karena tidak hati-hati dalam berbicara, terdapat orang yg sakit hati kemudian hendak mencelakai diri kita.
Pihak Tertuju:
Slogan Mulutmu Harimaumu ditujukan pada setiap orang. Khususnya yg terbiasa berbicara pada muka umu. Agar lebih hati-hati dalam berbicara.
Slogan:
Surga Ada pada Telapak Kaki Ibu

Makna:
Makna Slogan 'Surga Ada pada Telapak Kaki Ibu' memiliki makna 'kita harus menghormati ibu agar bisa mendapat kebahagiaan'. Jika ingin mendpatkan sebuah yang indah, yang baik, yang membahagiakan kita harus membahagiakan dan menghormati orang tua, lebih-lebih seorang ibu.
Pihak Tertuju:
Pihak tertuju menurut slogan ini adalah seorang anak. Baik yang masih muda juga yg telah berumur. Selama pada posisi menjadi seorang anak (memiliki orang tua: ayah dan ibu) baik masih kecil serta belia juga telah tua.
Slogan:
Bersatu Kita Teguh Bercerai Kita Runtuh
Makna Slogan:
Slogan pada atas memiliki makna, "menjadi sesama bangsa, masyarakat negara Indonesia harus manunggal padu buat meneguhkan sebuah eksistensi negara.. Kalau bermusuhan, bangsa Indonesia akan menjadi bangsa yang mini .
Pihak Tertuju:
Pihak yg dituju berdasarkan poster di atas merupakan semua masyarakat negara Indonesia.
Slogan:
Pembeli adalah Raja

Makna Slogan:
Berdasarkan jargon tersbut, dapat diketahui maknanya merupakan seseorang pembeli harus dilayani sebaik mungkin.
Pihak Tertuju:
Yang dituju sang jargon 'Pembeli adalah Raja' adalah para pengusaha serta pemilik toko. Harus dilayani dengan baik.
Demikian penerangan tentang jargon pada materi Teks Iklan, Slogan, dan Poster. 

Comments