MENGHITUNG TOTAL HAMBATAN RESISTOR SECARA SERI PARALEL DAN CAMPURAN SERI PARALEL

Bagaimana cara Menghitung Total Nilai Hambatan (Rt) beberapa Resistor yg dihubungkan secara Seri, Paralel serta Campuran pada satu Rangkaian?
Nilai Resistan (kendala) dalam sebuah Resistor bisa diukur menggunakan Menggunakan indera ukur Ohm-meter, atau dengan memakai Multitester analog.
Baca pula: Cara Menggunakan Multitester Analog
Untuk Resistor yang dilengkapi kode rona dapat diketahui berapa nilai hambatannya (Ohm), menggunakan membaca kode warna yg tertera pada penahan tadi.
Baca pula: Kode warna Resistor dan cara menghitungnya
Selain itu, Resistor yang terhubung baik secara Seri, Paralel juga Campuran pula dapat dihitung, kemudian bagaimana cara menghitung Total Hambatan (Ohm), jika beberapa resistor dihubungkan satu menggunakan yg lainnya, baik secara seri, paralel atau seri paralel (Campuran)?
Total Hambatan beberapa Resistor yang yang dihubungkan dengan rangkaian Seri, akan tidak sinkron nilainya dengan Rangkaian Paralel, begitu pula dengan Nilai Hambatan dalam rangkaian Seri Paralel (Campuran).
Rangkaian Seri adalah Susunan beberapa komponen yg dihubungkan satu menggunakan lainnya secara berurutan, sehingga genre listrik akan melewati salah satu komponen terlebih dahulu sebelum dialirkan dalam komponen selanjutnya.
Rangkaian Paralel merupakan Susunan beberapa komponen yg dihubungkan satu dengan lainnya secara sejajar, sehingga semua komponen akan menerima aliran listrik yang sama.
Begitu jua dengan Resistor, Total Nilai Hambatan beberapa Resistor yang dihubungkan secara Seri akan lebih akbar, dibanding jika beberapa Resistor yg sama dihubungkan secara Paralel, Benarkah demikian?
Untuk lebih memahami bagaimana cara menghitung total hambatan beberapa Resistor yg dihubungkan secara Rangkaian Seri, Paralel dan Seri Paralel (Campuran), berikut ini Rumus serta model perhitungannya.

Menghitung Total Hambatan Rangkaian Seri, Paralel serta Campuran


Menghitung Total Hambatan (Rt) Rangkaian Seri

Contoh Perhitungan:
Sebanyak 4 buah Resistor dihubungkan secara Seri, dan masing-masing Resistor memiliki nilai kendala yang bhineka, yaitu:
  • R1 = 4 Ohm
  • R2 = 16 Ohm
  • R3 = 32 Ohm
  • R4 = 64 Ohm

Pertanyaannya: Berapa Ohm Total Hambatan (Rt) menurut beberapa pelawan yg terhubung secara seri tadi?
Rumus Total Hambatan (Rt) Rangkaian Seri:
Rt = R1 + R2 + R3 +..............dst
Rt = R1 + R2 + R3 + R4
Rt = 4 ohm + 16 ohm + 32 ohm + 64 ohm
Rt = 116 ohm
Jadi Nilai Hambatan berdasarkan 4 buah Resistor yang terhubung secara seri diatas, adalah 116 Ohm, bila kita ingin menggantikan keempat Resistor tersebut dengan hanya 1 buah Resistor bisa menggunakan 1 buah Resistor 116 Ohm, lantaran nilainya sama (Ekuivalen).
Lalu, berapa Total hambatan keempat Resistor tadi apabila dihubungkan secara Paralel dalam satu rangkaian?
Menghitung Total Hambatan (Rt) Rangkaian Paralel

Contoh perhitungan:
Sebanyak 4 buah Resistor dihubungkan secara Paralel dalam satu rangkaian, dan masing-masing Resistor memiliki nilai kendala yang bhineka, yaitu:
  • R1 = 4 Ohm
  • R2 = 16 Ohm
  • R3 = 32 Ohm
  • R4 = 64 Ohm

Pertanyaannya: Berapa Ohm Total Hambatan (Rt) dari beberapa resistor yang terhubung secara Paralel tersebut?
Rumus Total Hambatan (Rt) Rangkaian Paralel:

Jadi Nilai Hambatan menurut 4 butir Resistor yg terhubung secara Paralel diatas, adalah 2,782 Ohm, apabila kita ingin menggantikan keempat Resistor tersebut menggunakan hanya 1 butir Resistor bisa memakai Resistor 2,782 Ohm, lantaran nilainya sama (Ekuivalen).
Lalu, berapa Total hambatan keempat Resistor tadi apabila 2 buah Resistor dihubungkan secara paralel serta dua butir Resistor lainnya dihubungkan secara seri dalam satu rangkaian?
Menghitung Total Hambatan (Rt) Rangkaian Campuran (Seri Paralel)

Contoh perhitungan:
Terdapat 4 Buah Resistor yg dihubungkan secara Campuran (Seri Paralel), 2 buah Resistor yakni R1p serta R2p dihubungkan secara Paralel dan dua butir resistor lainnya yakni R1s serta R2s dihubungkan secara Seri dalam satu rangkaian, dan masing-masing Resistor memiliki nilai kendala yang bhineka, yaitu:
  • R1p = 4 Ohm
  • R2p = 16 Ohm
  • R1s = 32 Ohm
  • R2s = 64 Ohm

Pertanyaannya: Berapa Ohm Total Hambatan (Rt) dari beberapa hambatan yg terhubung secara Campuran (Seri Paralel) tersebut?
Rumus Total Hambatan (Rt) Rangkaian Campuran (Seri Paralel):

Jadi Nilai Hambatan menurut 4 butir Resistor yg terhubung secara Seri dan Paralel, (2 butir Resistor yakni R1p serta R2p dihubungkan secara Paralel dan dua butir resistor lainnya yakni R1s serta R2s dihubungkan secara Seri) pada satu rangkaian diatas, adalah 99,2 Ohm, apabila kita ingin menggantikan keempat Resistor tersebut menggunakan hanya 1 butir Resistor bisa memakai Resistor 99,2 Ohm, lantaran nilainya sama (Ekuivalen).
  • R1p (Resistor yg terhubung Paralel)
  • R1s (Resistor yg terhubung Seri)

Demikianlah,Rumus serta contoh perhitungan Nilai Hambatan Total Beberapa Resistor yang terhubung pada satua Rangkaian Seri, Paralel maupun Campuran.
Semoga bermanfaat!
CARA FLEXI

Comments