MENGHITUNG TOTAL HAMBATAN RESISTOR SECARA SERI PARALEL DAN CAMPURAN SERI PARALEL

Bagaimana cara Menghitung Total Nilai Hambatan (Rt) beberapa Resistor yang dihubungkan secara Seri, Paralel dan Campuran dalam satu Rangkaian?
Nilai Resistan (kendala) pada sebuah Resistor dapat diukur dengan Menggunakan alat ukur Ohm-meter, atau dengan menggunakan Multitester analog.
Baca pula: Cara Menggunakan Multitester Analog
Untuk Resistor yang dilengkapi kode warna bisa diketahui berapa nilai hambatannya (Ohm), dengan membaca kode warna yg tertera pada pelawan tadi.
Baca pula: Kode warna Resistor dan cara menghitungnya
Selain itu, Resistor yg terhubung baik secara Seri, Paralel maupun Campuran jua dapat dihitung, lalu bagaimana cara menghitung Total Hambatan (Ohm), apabila beberapa pelawan dihubungkan satu dengan yang lainnya, baik secara seri, paralel atau seri paralel (Campuran)?
Total Hambatan beberapa Resistor yg yg dihubungkan menggunakan rangkaian Seri, akan tidak sama nilainya menggunakan Rangkaian Paralel, begitu pula menggunakan Nilai Hambatan pada rangkaian Seri Paralel (Campuran).
Rangkaian Seri merupakan Susunan beberapa komponen yg dihubungkan satu dengan lainnya secara berurutan, sebagai akibatnya aliran listrik akan melewati keliru satu komponen terlebih dahulu sebelum dialirkan dalam komponen selanjutnya.
Rangkaian Paralel merupakan Susunan beberapa komponen yg dihubungkan satu menggunakan lainnya secara sejajar, sebagai akibatnya seluruh komponen akan menerima aliran listrik yg sama.
Begitu juga dengan Resistor, Total Nilai Hambatan beberapa Resistor yang dihubungkan secara Seri akan lebih besar , dibanding jika beberapa Resistor yg sama dihubungkan secara Paralel, Benarkah demikian?
Untuk lebih tahu bagaimana cara menghitung total kendala beberapa Resistor yang dihubungkan secara Rangkaian Seri, Paralel serta Seri Paralel (Campuran), ini dia Rumus dan contoh perhitungannya.

Menghitung Total Hambatan Rangkaian Seri, Paralel dan Campuran


Menghitung Total Hambatan (Rt) Rangkaian Seri

Contoh Perhitungan:
Sebanyak 4 butir Resistor dihubungkan secara Seri, dan masing-masing Resistor memiliki nilai kendala yang bhineka, yaitu:
  • R1 = 4 Ohm
  • R2 = 16 Ohm
  • R3 = 32 Ohm
  • R4 = 64 Ohm

Pertanyaannya: Berapa Ohm Total Hambatan (Rt) menurut beberapa penahan yg terhubung secara seri tersebut?
Rumus Total Hambatan (Rt) Rangkaian Seri:
Rt = R1 + R2 + R3 +..............dst
Rt = R1 + R2 + R3 + R4
Rt = 4 ohm + 16 ohm + 32 ohm + 64 ohm
Rt = 116 ohm
Jadi Nilai Hambatan menurut 4 buah Resistor yang terhubung secara seri diatas, merupakan 116 Ohm, jika kita ingin menggantikan keempat Resistor tadi dengan hanya 1 buah Resistor bisa memakai 1 butir Resistor 116 Ohm, lantaran nilainya sama (Ekuivalen).
Lalu, berapa Total hambatan keempat Resistor tersebut apabila dihubungkan secara Paralel pada satu rangkaian?
Menghitung Total Hambatan (Rt) Rangkaian Paralel

Contoh perhitungan:
Sebanyak 4 butir Resistor dihubungkan secara Paralel dalam satu rangkaian, dan masing-masing Resistor memiliki nilai kendala yang bhineka, yaitu:
  • R1 = 4 Ohm
  • R2 = 16 Ohm
  • R3 = 32 Ohm
  • R4 = 64 Ohm

Pertanyaannya: Berapa Ohm Total Hambatan (Rt) berdasarkan beberapa hambatan yang terhubung secara Paralel tadi?
Rumus Total Hambatan (Rt) Rangkaian Paralel:

Jadi Nilai Hambatan dari 4 butir Resistor yg terhubung secara Paralel diatas, merupakan 2,782 Ohm, apabila kita ingin menggantikan keempat Resistor tersebut menggunakan hanya 1 butir Resistor bisa memakai Resistor 2,782 Ohm, lantaran nilainya sama (Ekuivalen).
Lalu, berapa Total hambatan keempat Resistor tersebut apabila dua buah Resistor dihubungkan secara paralel dan 2 buah Resistor lainnya dihubungkan secara seri pada satu rangkaian?
Menghitung Total Hambatan (Rt) Rangkaian Campuran (Seri Paralel)

Contoh perhitungan:
Terdapat 4 Buah Resistor yang dihubungkan secara Campuran (Seri Paralel), 2 buah Resistor yakni R1p serta R2p dihubungkan secara Paralel serta dua buah resistor lainnya yakni R1s serta R2s dihubungkan secara Seri dalam satu rangkaian, dan masing-masing Resistor memiliki nilai kendala yang bhineka, yaitu:
  • R1p = 4 Ohm
  • R2p = 16 Ohm
  • R1s = 32 Ohm
  • R2s = 64 Ohm

Pertanyaannya: Berapa Ohm Total Hambatan (Rt) dari beberapa hambatan yg terhubung secara Campuran (Seri Paralel) tadi?
Rumus Total Hambatan (Rt) Rangkaian Campuran (Seri Paralel):

Jadi Nilai Hambatan dari 4 butir Resistor yg terhubung secara Seri dan Paralel, (2 butir Resistor yakni R1p serta R2p dihubungkan secara Paralel serta dua buah resistor lainnya yakni R1s serta R2s dihubungkan secara Seri) dalam satu rangkaian diatas, merupakan 99,dua Ohm, apabila kita ingin menggantikan keempat Resistor tersebut menggunakan hanya 1 butir Resistor bisa memakai Resistor 99,dua Ohm, lantaran nilainya sama (Ekuivalen).
  • R1p (Resistor yg terhubung Paralel)
  • R1s (Resistor yg terhubung Seri)

Demikianlah,Rumus serta model perhitungan Nilai Hambatan Total Beberapa Resistor yg terhubung pada satua Rangkaian Seri, Paralel maupun Campuran.
Semoga bermanfaat!
CARA FLEXI

Comments