MENGGANTI KATA ATAU FRASA DI MS WORD DENGAN FUNGSI REPLACE

Ketika kita mengedit sebuah dokumen, contohnya proposal, makalah, karya ilmiah dll, kadangkala kita perlu buat mengubah sebuah kata atau frasa yg berada di dokumen dengan istilah atau frasa lain yang lebih sinkron. Kalau cuma membarui satu istilah/frasa tidak kasus, tinggal hapus kata yang ingin diganti dan tulis balik dengan istilah yang sesuai. Bagaimana kalau kata /Frasa yang diganti puluhan atau ratusan? Serta istilah atau frasa yg ingin diganti itu sama. Untuk hal tadi maka gunakanlah fungsi replace. 

Lihatlah dokumen di atas. Misalnya kita ingin membarui frasa Dusun Selacai menggunakan Dusun Selaawi. Kita tak perlu membarui satu persatu Dusun Selacai dengan Dusun Selaawi, tinggal gunakan fungsi replace.

Bagaimana cara menggunakan fungsi replace tesebut? Cukup mudah. Apabila anda belum paham caranya, perhatikan baik-baik langkah-langkah penggunaaan fungsi replace di bawah ini dengan akurat.

1. Bukalah dokumen yg akan diedit
2. Klik `replace` yang posisinya berada pada sudut kiri atas.

3. Kemudian akan muncul kotak dialog seperti gambar pada bawah. Pada dalam kolom find what isikan menggunakan kata yang ingin diganti. Sebagai contoh misal kita masukan frasa `Dusun Selacai`. Dan pada kolom replace with isikan dengan kata atau frasa yg kita inginkan, misal `Dusun Selaawi`. Selanjutnya klik Replace All. 


4. Selanjutnya akan muncul tampilan misalnya di bawah. Klik ok maka penggantian istilah atau frasa selesai, 
Catatan : Perhatikan penulisan istilah yg ingin diganti, ejaannya harus persis. Misal pada dokumen tertulis `Dusun Selacai` maka dalam kotak obrolan find what penulisannya juga wajib `Dusun Selacai` jangan `dusun selacai`. Bila penulisan tidak sinkron perubahan kata atau frasa akan gagal.


Comments