MENGETAHUI PERBEDAAN PUKAT TARIK DAN HELA

Perbedaan Pukat Tarik Dan Pukat Tarik- Ada beberapa Jenis indera tangkap yang memakai Pukat dan kebanyakan pengoperasian Pukat tersebut memakai 2 metode yaitu Di tarik dan Dihela. Untuk Pukat tarik mempunyai Cara Pengoperasian sama yaitu Pukat di tarik. Baik itu di tarik manual juga pada tarik dengan alat penarik jaring.

Saat Ini eksistensi akan  Pukat hela serta Pukat tarik telah pada larang pengoperasiannya di semua perairan indonesia. Dan pelarangan tadi tertuang dalam Permen KP no 2 tahun 2015 mengenai pelarangan alat tangkap yg tidak ramah lingkungan.

Baca Juga ; Alat Tangkap Pancing Cumi


Jenis Pukat tarik (seine net) gerombolan indera penangkapan ikan berkantong (cod-end) tanpa indera pembuka verbal jaring, Dan Pembuka jaring tadi umumnya menggunaka Otteh Board, besi berpancang.

Perbedaan Pukat Tarik Dan Pukat Hela

Teknik pengoperasian Pukat tarik yaitu dengan cara melingkari grup (schooling) ikan serta menariknya ke kapal yang sedang berhenti/berlabuh jangkar atau ke darat/pantai melalui ke 2 bagian sayap serta tali selambar. (SNI 7277.6:2008). 
Pukat ditarik ke arah kapal yang sedang berhenti atau berlabuh jangkar atau ke darat/pantai melalui tali selambar pada ke 2 bagian sayapnya. Pengoperasiannya dilakukan pada permukaan, pertengahan juga dasar perairan . 

Ada beberapa Jenis indera tangkap Pukat Tarik antara lain :

- Pukat Pantai

Pukat tarik pantai dioperasikan di wilayah pantai untuk menangkap ikan pelagis & demersal yg hayati di wilayah pantai. 

- Lampara Dasar / Dogol

Dogol serta lampara dasar dioperasikan dalam dasar perairan umumnya menangkap ikan demersal. 

- Payang

Payang dioperasikan pada kolom perairan umumnya menangkap ikan pelagis.
Sedangkan Untuk Jenis indera tangkap Pukat Hela antara lain :

Pukat Hela merupakan gerombolan indera penangkapan ikan terbuat dari jaring berkantong yg dilengkapi menggunakan atau tanpa alat pembuka ekspresi jaring serta pengoperasiannya menggunakan cara dihela pada sisi atau pada belakang kapal yang sedang melaju (SNI 7277.5:2008).

- Trawl

Trawl di operasikan buat menangkap udang dan bisanya trwal pada lengkapi dengan indera bantu seperti winch serta rigs.

- Cantrang

Cantrang dioperasikan menggunakan indera bantu kapstan buat menarik tali selambar dan ketika ini cantrang tengah sebagai polemik pada PANTURA.

- ARAD

Arad sama menggunakan trawl disparitas nya hanya dalam ukuran kapal dan ukuran jaring. Sama sama memakai other board/ pembuka jaring. 

Gambar Pukat Untuk lebih mengetahui bentuk serta macamnya

Demikian sedikit informasinya tentang Perbedaan Pukat Tarik serta Pukat Hela. Semoha berita yang sedikit ini sanggup bermanfaat.

Baca Juga ; 


Bagan Rakit Yang terbuat Dari Dirigen Plastik

"" data-reactid=".C1" href="//www.facebook.com/groups/1543402409260720/?Fref=ts#" role="button" title="Menyukai ini">

Comments