MENGETAHUI CIRI CIRI INVESTASI BODONG / ILEGAL

Akhir akhir ini kita acapkali mendengar baik berdasarkan media televisi juga media online poly orang menjadi korban investasi bodong. Ratusan juta bahkan miliaran jumlah total uang yg dibawa kabur menurut investasi ilegal atau investasi bodong ini. Bahkan karena semakin maraknya investasi ilegal yg meresahkan serta merugikan rakyat ini, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengimbau kepada warga agar tidak mudah percaya dengan tawaran imbal output (return) tinggi dalam sebuah produk investasi. Masyarakat sanggup mengenali karakteristik-karakteristik investasi abal-abal agar terhindar berdasarkan kerugian.

Lalu apa sih investasi bodong itu ? Menurut para ahli investasi bodong adalah investasi yang nir kentara sumber dan pengelolaan dananya makanya diklaim dengan investasi abu abu atau bodong. Nah berikut merupakan beberapa tips mengetahui karakteristik karakteristik suatu badan keuangan, koperasi ataupun investasi ilegal atau bodong seperti dikutip dari situs Otoritas Jasa Keuangan atau OJK :
Mengetahui Investasi Bodong / Ilegal
 1   Investasi ilegal atau bodong seringkali memberikan iming-iming taraf imbal hasil yang sangat tinggi (high rate of return) buat menarik sebesar mungkin investor. Nah buat mengetahui tingkat imbal output anda bisa membandingkannya menggunakan bank legal atau badan usaha waktu ini. Mengetahui berapa tingkat bunga deposito bank umum ketika ini, lantaran saat masuk tawaran investasi yg menjanjikan taraf suku bunga yang jauh melebihi taraf suku bunga yang ketika ini diberlakukan pada bank generik maka sepatutnya anda harus berhati-hati dan waspada.
Ketika bunga deposito yg berlaku dikisaran angka 7,5%-8% per-tahun dan anda mendapat penawaran laba sampai 30%-40% per-tahun, maka investasi misalnya ini patut buat diwaspadai dan atau pribadi ditolak. Lihat tabel berikut:

 2   Investasi sah atau bodong tak jarang lebih menaruh janji atau agunan bahwa investasi nir memiliki risiko investasi (free risk).  Setiap orang yang melakukan usaha atau bisnis pada bidang-bidang eksklusif selalu mengharapkan akan adanya laba yg akan diperolehnya. Namun, ketika sebuah tawaran bisnis yg tiba kepada anda berani menjanjikan pasti bisa memberikan laba dari setiap sen yang anda setorkan merupakan sebuah tawaran usaha yg cenderung bodong, apalagi apabila janji pasti memperoleh laba yg akbar atau yg menggiurkan tanpa mengungkapkan kemungkinan kerugian yang bisa diterima (risk).
Ingat pada prinsipnya, setiap usaha atau bisnis apapun itu nir bisa 100% menjanjikan niscaya akan mendapatkan laba, terlebih-lebih bila usaha tadi masih baru dibangun serta seumur jagung. Ketika terdapat ajakan untuk joint atau berinvestasi dalam usaha eksklusif, sebaiknya agar ditelaah dan dipelajari lebih cermat lagi.
 3   Pemberian bonus dan cashback yg sangat akbar bagi konsumen yg bisa merekrut konsumen baru. Akhir-akhir ini sangat banyak tawaran usaha atau usaha yg seperti pengaplikasian multi level marketing atau model arisan berantai. Memang tidak semua bisnis contoh MLM yang buruk atau negatif, karena relatif banyak pula MLM yang sah dan perkembangan usahanya pula sangat baik. Tetapi tidak dapat dipungkuri, bahwa poly penipuan yang memakai turunan skema piramida dengan menyaru menjadi usaha contoh multi level marketing, sebagai akibatnya patut buat tetap diwaspadai termasuk pada usaha investasi bodong ini.
 4   Penyalahgunaan pemanfaatan testimoni berdasarkan para pemuka rakyat/agama atau pejabat publik buat memberi dampak penguatan (endorsement) dan kepercayaan . Banyak sekali investasi bodong yg memakai jasa tokoh warga , artis, ataupun orang orang "populer" buat memberikan testimoni palsu buat "mengkampanyekan investasi" dengan tujuan semakin lebih menaikkan agama rakyat buat bergabung.
 lima   Janji kemudahan buat menarik balik aset yang diinvestasikan dan jaminan keamanan aset yang diinvestasikan (easy, flexible and safe). Setiap badan usaha apapun itu akan selalu memiliki proses yang ketat serta jaminan keamanan aset yg kuat. Ketika anda menemukan proses investasi begitu sangat mudah buat menarik pulang aset yg diinvestasikan, anda harus mencurigai investasi jenis ini. Begitu pula kemudahan buat agunan pembelian kembali tanpa pengurangan nilai (buy back guarantee).

Comments