MENGENAL DAN MEMAHAMI KINERJA ACTIVITY DIAGRAM


Saya akan mengungkapkan keliru satu UML (Unified Modelling Language) mengenal bagaimana kinerja sebuah activity diagram, tentunya bagi anda yang masih awam saya akan jelaskan bagaimana activity diagram bekerja.
Bagi anda yg belum mengerti apa itu UML, mungkin di artikel aku "Mengenal serta Mengerti UML" bisa anda baca dengan baik serta bisa melanjutkan artikel tentang activity diagram atau diagram aktivitas.

Mengenal Activity Diagram

Activity Diagram berguna menggambarkan aktifitas yang terjadi dalam sistem. Jadi acitivity diagram berisi kegiatan dari kiprah sesuatu terhadap sistem, struktur activity diagram pula seperti misalnya flowchart jadi bagi anda yang sudah mengenal flowchart jadi mungkin akan relatif mengerti.
Activity Diagram acapkali digunakan pada pemodelan proses usaha, Aktivitas yang dimodelkan mampu berurutan serta secara bersamaan.
Illustrasi Acitivity Diagram : Jika anda pernah bermain sebuah drama, bayangkan anda merupakan salah satu aktor atau aktris  di drama tersebut. Drama yg anda mainkan merupakan menjadi cinderella tentunya terdapat kiprah masing masing aktor dan aktris, peran tadi merupakan kegiatan yg masuk kedalam activity diagram.

Fungsi Activity Diagram

  1. Menggambarkan  proses usaha dan urutan aktivitas pada sebuah proses.
  2. Memperlihatkan urutan aktifitas proses dalam sistem.
  3. Activity diagram dibuat dari sebuah atau beberapa use case pada use case diagram.

Contoh : Memahami Alur Activity Diagram

Berikut ini merupakan contoh perkara, pertama - tama pegawai mendapat pesanan, kemudian pegawai bisa eksklusif mengisi pesanan (fill order) dan mengirimkan tagihan (send invoice) saat pegawai mengisi pesanan, pelanggan bisa memilih prioritas pesanan. 

Jika iya maka akan masuk ke overnight delivery namun jika nir akan masuk ke regular delivery.setelah semua selesai maka pesanan akan ditutup serta pelanggan sanggup menunggu pesanannya(Close Order). Decision digunakan untuk aktifitas conditional misalnya ya atau tidak.



Ada suatu kondisi waktu sistem kinerja pelanggan dan koki berjalan bersamaan saat pelanggan melakukan pemesanan lalu pesanan pada berikan kepada koki, sistem yang berjalan bersamaan artinya koki memasak serta pelanggan menunggu pesanan atau diberikan boardgame agar mengisi saat luang buat menunggu.
Sistem bersamaan diawali oleh fork node dan waktu sudah tidak bersamaan maka diakhiri oleh jain node.

Mengatasi Halaman Tidak Cukup Dalam Activity Diagram

Jika didalam kertas atau halaman anda tidak cukup buat ditambahkan case lagi maka boleh ditambahkan konektor buat menghubungkan halaman sebelumnya dan selanjutnya. Jika laman pertama anda akhiri dengan konektor © maka page selanjutnya juga wajib diawali dengan konektor ©.
Baca Juga : Mengenal serta Mengerti UML (Unified Modeling Language)
Tentunya dengan konektor ini akan mempermudah kinerja anda tidak perlu pada tulis semuanya didalam 1 laman kertas jadi menciptakan halaman anda lebih baik dan sanggup dipandang. Anda bisa pula menciptakan dua konektor tetapi symbol / flownya wajib berbeda misalkan anda menggunakan konektor “c” serta flow yang tidak selaras dapat anda gunakan menggunakan konektor “a” kemudian awali atau dihubungkan menggunakan konektor yang sama dalam halaman berikutnya.
Semoga artikel saya mengenai activity diagram atau diagram aktivitas bisa anda mengerti menggunakan baik. Terima Kasih !

Comments