MENCOBA GANTI OLI MOTOR SENDIRI DI RUMAH


Bagi anda yg tidak mau ribet mengubah oli motor  pada bengkel resmi, karena biasanya dalam bulan puasa apalagi menjelang lebaran, antrian pada bengkel sangat banyak, sanggup melakukan penggantian  oli motor sendiri di tempat tinggal . Bagi yang terbiasa mengubah oli sendiri bukan sesuatu yg mudah, akan tetapi yg tidak terbiasa tentu menjadi sesuatu yang sulit.

Bagi yang belum mencoba serta mau mencoba sendiri ada baiknya buat membaca dulu tip pada bawah ini. Pembahasan ini dari pengalaman sendiri serta jua hasil googling pada internet tentang rapikan melakukan ganti oli sendiri di tempat tinggal ..

Pertama harus buka baut oli di bawah menggunakan kunci ring 14, Perlu diperhatikan jangan membuka baut bawah saat mesin masih panas, bila dipaksa waktu panas dikhawatirkan baut selek. Jadi tunggu dulu mesin hingga dingin dulu.
Perhatikan juga putaran ketika membuka baut pembuangan oli mesin. Kalau normalnya membuka baut itu ke arah kiri, maka membuka baut pembungan oli wajib ke arah kanan, lantaran posisi baut menghadap ke bawah.

Untuk mengurasnya pun tidak disarankan menggunakan penyemprot udara, misalnya kompressor. Soalnya kompressor itu mengandung air. Jadi sehabis baut dibuka, biarkan mesin beberapa ketika sampai tetesan terakhir. Guncang-guncang motor atau injak pedal kickstater beberapa kali menggunakan kondisi mesin mangkat . Biarkan sepuluh menit atau lebih buat selanjuttnya diisi kembali oli yg baru. ( Saya umumnya menguras oli dilakukan malam hari serta  didiamkan  sampai pagi, dan pagi-pagi baru diisi oli baru).

Memang, tanpa menggunakan kompressor, oli bekas tidak akan turun semuanya. Akan ada oli yang tersisa. Hal itu dipercaya wajar serta tidak akan menjadi kasus. Walaupun ada residu sedikit nir apa-apa. Lantaran memang tidak semuanya akan turun. Pasti ada residu-sisanya, masih nempel-nempel. Karena logam mesin tidak padat banget. Kadang ada di pori-porinya.

Comments