MENAMBAHKAN APLIKASI KE MENU PINTAS KLIK KANAN DESKTOP


Jika Anda ingin akses yang sangat cepat buat meluncurkan aplikasi yang acapkali digunakan tanpa menempatkan ikon tambahan di desktop Anda, Anda bisa menambahkan pelaksanaan itu ke menu pintas klik kanan (konteks menu) desktop menggunakan hack registry sederhana. Begini cara melakukannya.
Kita mampu menambahkan sembarang pelaksanaan atau acara ke menu pintas (klik kanan) desktop, dalam tutorial kali ini aku mencoba menambahkan aplikasi notepad ke pada pilihan menu pintas. Oh ya, teknik ini sanggup digunakan pada Windows 7, 8, 10, atau Vista.

Menambahkan Aplikasi ke Menu pintas klik kanan Desktop

Hal pertama yg wajib dilakukan merupakan membuka regedit.exe melalui pencarian Start Menu, dan kemudian cari key berikut:
HKEY_CLASSES_ROOTDirectory Backgroundshell


Buat key baru dibawah shell dengan nama yang ingin Anda tampilkan di menu pintas klik kanan Desktop. Untuk contoh ini kita memakai Notepad. Caranya klik kanan mouse sempurna di key shell, pilih pilihan menu New dan kemudian pilih Key.

Beri nama key baru tersebut dengan nama notepad.

Di bawah key Notepad, Anda perlu membuat key lagi yang nantinya akan berisi perintah buat menjalankan aplikasi Notepad. Sebagaimana cara pada atas, klik kanan mouse sempurna di Notepad, pilih menu New serta lalu pilih Key.

Beri nama key baru tadi dengan nama command menggunakan hurus mini semua.

Untuk menyelesaikan langkah ini, Anda mengambil path (jalur) ke executable file (.exe) atau file pelaksanaan menurut Notepad. Di Microsoft Windows, executable file berdasarkan Notepad umumnya terletak pada folder atau direktori system32. Jika telah ketemu, tekan tombol Shift dan kemudian klik kanan pada executable arsip-nya (1), berdasarkan daftar pilihan menu pintas yang timbul, pilih Copy as path (dua) buat mendapatkan path ke executable arsip dari Notepat.

Kembali ke Registry Editor, klik pulang key command, pada area sebelah kanan, klik kanan mouse pada key (Default) dan pilih Modify. Setelah itu muncul kotak dialog Edit String, masukkan path yg sudah Anda salin sebelumnya ke kotak teks Value data dan lalu klik tombol OK.

Setelah selesai, tampilannya akan terlihat seperti ini: sesudah itu tutup jendela regestry editornya

Sekarang coba anda klik kanan dalam desktop, anda  akan melihat acara notepad berada pada pilihan menu.


Anda bisa menambahkan poly aplikasi ke pilihan menu konteks desktop sebesar yg anda mau, cukup ulangi langkah-langkahnya diatas dengan nama item pilihan menu baru.

Comments