MEMBUAT PAHAT DARI KIKIR BEKAS DIY WOOD CHISEL HOMEMADE HOW TO MAKE WOOD CHISEL PAHAT KAYU

Hee.. Panjang amat tu judul ye?! Nggak papa lah biar bule jua ngelongok di yuk. Kalau ternyata isinya gunakan bahasa gue ya izin di translate sendiri. Oke.. Kali ini CARA FLEXI akan sharing mengenai cara menciptakan pahat dari kikir bekas. Ini DIY ya.. Jadi tips serta caranya tentu saja mengikuti aku .

Ide wood chisel homemade ini muncul ketika higienis- bersih gudang dan menemukan kikir besi bekas yg telah tidak tajam lagi. *Kok kikir besi? Bukankah kikir terbuat dari baja?* Iyaa.. Maksudnya kikir berdasarkan baja buat menghaluskan besi, gitu. Kan ada pula kikir baja buat menghaluskan kayu. Kalau ndak pernah lihat silakan ke toko bangunan terdekat di loka anda bilang "Beli kikir kayu Koh". Hallah jadi ngomongin kikir, kan bab-nya how to make wood chisel alias bagaimana cara menciptakan pahat kayu. Hadeuhh...

Berhubung saya ndak puas punya pahat boleh beli jadi, menurut toko bangunan,  sambil saya timang-timang, akhirnya ketemu juga cara menciptakan pahat kayu dari kikir bekas itu. Hilir pulang kampung keluar masuk maju mundur cari alat serta perlengkapan buat mengeksekusi kikir, akhirnya aku temukan juga. Alat dan perlengkapannya menjadi berikut:
  • Gerinda Tangan
  • Mata gerinda Tipis dan Tebal
  • Gerinda duduk (bila ada)
  • Bor Ukir (Bor biasa juga boleh) (Bor Gantung jua ndak papa)
  • Drum Sander (Yang kecil saja)
  • Gas Torch / Camping Gas
  • Tang Kombinasi / Tang Grip
  • Amplas Kasar dan Halus
  • Olie Bekas
Nah itu perlengkapannya, Jangan takut jikalau ndak lengkap. Nanti aku jelaskan. Oh iya lupa bro, kikir yang akan aku bikin jadi pahat kayu homemade ini adalah kikir datar ya. Bentuknya kayak gini ni, gb saya ambil menurut mbah google:


Nah sudah lihatkan bentuk serta wujud kikir yang akan kita eksekusi. Setahu aku bahan menurut kikir ini dari baja kualitas. Jadi kalau pada pake buat pahat tajamnya lumayan. Ndak jauh beda menggunakan baja per truk. Bener enggaknya silakan tanya sama mahasiswa serta profesor jurusan metalurgi. Dan jangan berdebat dengan saya soal logam. Bukan arogan, tapi sudah niscaya aku kalah apalagi yang ngajak debat mahasiswa metalurgi. Lha wong saya ndak sekolah di sono'e! Piye kon menang jal?

Yo wis ndak usah panjang kali tinggi. Pengen membuat pahat kayu bin wood chisel homemade aja kok sampe kemana-mana. Lanjut aja urutan kerjanya akan aku mulai menjadi berikut:


Seperti yang terlihat pada gambar pada atas, membuat pahat kayu aku mulai memotong dan membelah 1 buah kikir datar bekas. Hasil berdasarkan pekerjaan ini adalah 1 buah bakal pahat lebar 1" X 12cm, 1 buah bakal pahat kayu 3/4" X 14cm serta 1 butir bakal pahat 1/5cm X 8cm. Ukurannya ndak presisi karena pas nulis aku males bongkar-bongkar gudang lagi heee.. Alat yg saya pakai buat memotong dan membelah merupakan gerinda tangan dengan mata tipis. Sampeyan punya gerinda niscaya telah paham bentuk matanya kan. Ya udah lanjut.

Setelah kikir baja datar terpotong serta terbelah, hukuman buat membuat pahat kayu home made berikutnya yaitu membangun pangkal pahat buat gagang serta menghaluskan permukaaan kikir datar dari bekas-beas gerigi kikir serta bekas potongan tajam memakai gerinda tangan dengan mata tebal. Gambar berikut ini penampakan ketika saya menggerinda. *Yang foto siapa?*

(Yang foto demit)

Jangan lupa sisi kiri kanannya (sisi tebal) pula pada gerinda. Biar halus mulus kayak pahaa...... (sapi)
Nah, hasil menurut hukuman kikir datar biar nanti jadi pahat kayu tampak misalnya pada atas itu. Sampai pada sini how to make wood chisel telah mulai terlihat bentuknya. Cara berikutnya langsung scrool ke bawah...

Dengan melihat gambar bakal pahat kayu misalnya di atas pastinya telah dalam paham apa yang harus pada lakukan to? Wokeee... Berarti saya ndak usah capek-capek ngetik. Lanjutt..

Setelah permukaan dan sisi-sisi kikir 1/2 halus,(lho kok 1/2?) Ya iya, kan jika pake gerinda mata tebal bagian atas kikir masih dalam baret bila di raba. Nggak ashoy lahh.. Untuk mengatasi hal itu *chie bahasaaa... Euhh* langkah berikutnya merupakan menghaluskan permukaan bakal pahat kayu tadi menggunakan mata halus gerinda duduk. Nah tersebut di atas kan saya bilang "nanti saya jelaskan" maksudnya begini, bila sampeyan ga punya gerinda duduk, menghaluaskan bakal pahat kayu ini juga mampu memakai amplas atau batu gosokan penajam pisau.*Bahasa kampungku di sebut 'ungkal' mbroo.'

Setelah halus, bakal pahat kayu akan kita hukuman lagi memakai bor ukir seperti gambar di atas. *buat apa sih?* Intinya aku kurang puas dengan hasil kerja gerinda duduk, terutama bagian ujung tajamnya. Miring terus coy kayak yg bikin.

Kalau ndak punya bor ukir, pakai bor tangan biasa pula sanggup. Gunakan drum sander kecil supaya lebih gampang mengontrol bagian yang akan pada haluskan. *Drum Sander? Apa tu?* Itu tu buletan mata pada bagian ujung bor itu yg di sebut Drum Sander. Kan bentuknya seperti drum minyak gunanya buat menghaluskan. Bahannya amplas-amplas pula. *Mudeng ora son?*

Haluskan lagi bagian-bagian bakal pahat kayu tersebut yang menurut sampeyan kurang matching termasuk bagian ujung sampai sahih-sahih tajam. *see.. Tajamm.. Silet!*. Hasil yang aku bikin misalnya tampak pada gambar.

Nah saudara sekalian, selesainya kondisi kikir baja datar telah kinclong. Langkah selanjutnya buat membuat pahat kayu homemade adalah proses penyepuhan. *Apa itu penyepuhan ?* Emmm.. Bahasa indonesianya apa ya,. Aku sendiri juga bingung. Kata sifu saya yang tak lain bapak aku sendiri jikalau ndak di sepuh, baja atau besi sebagai muda serta gampang tumpul. Untuk mengatasi hal itu maka kikir baja harus pada sepuh dulu, selanjutnya cara menyepuh baja buat menciptakan pahat kayu silakan lanjutkan dalam artikel berikutnya di sini.


Comments