MEMBUAT BULETIN SEKOLAH ATAU NEWS LETTER DENGAN MS PUBLISHER

Anda ingin menciptakan buletin atau majalah sekolah akan tetapi kesulitan dalam membuat desainnya? Tak perlu galau atau risau. Ada banyak aplikasi pada internet yg bisa digunakan agar asa anda tercapai. Bahkan tanpa menggunakan mendownload, secara default/standar jika anda memakai pelaksanaan keluaran Microsoft, yaitu Microsoft Office, maka di dalamnya sudah terdapat pelaksanaan yang bernama Microsoft Office Publisher.

Microsoft Office Publisher (MS Publisher) merupakan pelaksanaan perkantoran yg dikeluarkan oleh Microsoft Corporation yang bermarkas sentra pada Amerika perkumpulan yg juga merupakan pemilik sistem operasi Microsoft Windows yang sangat terkenal. MS Publisher mempunyai fungsi untuk menciptakan brosur, kartu usaha,label, newsletter (surat keterangan), kalender dan poly fungsi lainnya.

Salah satu yg akan di bahas pada sini merupakan membuat newsletter atau buletin sekolah menggunakan memakai MS Publisher. Cukup gampang caranya, yang terpenting ada kemauan buat belajar serta persiapkan materi-materi/berita yg akan dimasukan ke dalam newsletter yg akan dibuat. Untuk lebih lengkapnya, marilah kita ikuti bersama-sama langkah-langkah membuat newsletter pada bawah ini:
  1. Buka aplikasi MS publisher menggunakan cara mengklik ikon pada desktop jikalau terdapat atau klik star, klik all acara dan cari folder Microsoft Office.  Klik folder tadi dan jika telah terbuka, klik Microsoft Office Publisher. Karena kebetulan penulis menggunakan Windows 2007 maka tampilannya seperti pada bawah ini ini. Apabila anda memakai Windows 10 langkahnya adalah klik star, klik all apps cari misrosoft office di sebelah bawah dan bila telah ketemu klik panah di sebelah kanan tulisan microsoft office serta klik Microsoft Publisher.
  2. Inilah tampilan Microsoft publisher 2007. Ada poly pilihan desain menggunakan fungsi yang tidak sinkron di MS Publisher. Lantaran kita akan membuat news letter, maka klik gambar folder yg ada goresan pena newsletter di bawahnya. 
  3. Adabanyak pilihan desain buat newsletter yang akan kita buat. Ada News Designs, ada Classic Designs serta Blank Sizes. Silahkan pilih galat satu yg paling cocok dari anda. Misalnya kita akan memilih keliru satu desain dari kelompok Classic Designs yaitu Accent Box. Klik duakali dalam gambar desain yg dipilih.
  4. Maka akan ada gambar desain yang dipilih. Aturan penampilannya 100 % atau lebih agar gampang kita mengerjakannya. Cara mengaturnya dengan menglik pilihan menu di menu bar sebelah atas.  
  5. Sekarang saatnya kita mengerjakan newsletter /buletin yg akan kita buat. Caranya cukup mudah, tinggal membarui goresan pena yang ada dengan goresan pena yang kita kehendaki. Misalnya goresan pena Newsletter title ganti dengan nama buletin yang kita inginkan. Caranya tinggal klik kursor/pointer di atas kata/kalimat yang akan diganti.
  6. Begitu jua dengan bagian-bagian lainnya. Tinggal ganti judul serta isi berita dengan warta atau liputan yg kita inginkan.
  7. Kolom-kolom desainnya pun bisa kita atur ulang (dipindahkan atau diperkecil/diperbesar). Tinggal klik kolom yang tersebut dan silahkan perbesar atau perkecil sinkron impian menggunakan cara membawa pointer ke lingkaran-bulat mini yang ada pada sekeliling kotak. Jika pointer itu dilekatkan ke bundar tersebut akan ada gambar panah di ujung-ujungnya. Tinggal seret kursor menggunakan menekan tombol mouse/laptop sebelah kanan. Seret ke arah yang dikehendaki. Untuk menghapus kolom yg tidak diperlukan, tinggal klik kolom yg ingin pada hapus kemudian bawa kursor/pointer ke pinggirankolom tersebut sebagai akibatnya timbul pertanda + yang ujung-ujungnya ada panahnya, lalu klik kanan dan pilih delete object.
  8. Bila halaman pertama sudah terselesaikan dikerjakan, maka kita masuk ke laman selanjutnya. Caranya menggunakan mengklik nomor laman yang ingin kita buka. Cara pengerjaannya sama saja menggunakan page pertama.
  9. Untuk memasukan gambar, klik insert, klik picture serta akan keluar beberapa pilihan buat memasukan gambar. Jika gambar telah terdapat di laptop/komputer, klik from arsip.  Akan keluar jendela eksplorer serta kita tinggal mencari lokasi gambar yg kita simpan. Jika sudah ketemu, klik kotak insert yg posisinya ada pada sebelah bawah. Gambar akan masuk ke Newsletter kita. Apabila gambar terlalu akbar atau kecil atur gambar sesuai kolom yang tersedia. Jika gambar belum tepat diposisinya tinggal seret gambar ke posisi yang sesuai.
  10. Untuk mengubah latarbelakang newsletter, klik pilihan menu format klik background. Di sebelah kiri terdapat beberapa pilihan rona buat newsletter kita. Klik pada kolom rona yg cocok.
  11. Untuk mewarnai kolom judul atau kolom isi kabar, klik pada garis kolom yang ingin kita ubah warnanya. Kemudian klik pilihan menu fill color dan pilih warna yg sesuai. Jika sudah menerima rona yang sinkron klik pada kolom rona tersebut serta kolom akan berubah warna sesuai pilihan kita.
  12. Bila pekerjaan telah selesai, klik simpan serta namai pekerjaan kita dengan jelas agar tidak susah mencarinya.
  13. Demikianlah cara menciptakan newsletter menggunakan memanfaatkan fasilitas pada Microsoft Publisher 2007. Sebenarnya masih poly lagi pilihan menu atau fasilitas pada Publisher yg bisa memperindah newsletter kita. Jadi bagi yg ingin, silahkan mencoba sendiri menu-pilihan menu yg belum dijelaskan di atas.

Comments