MEMBUAT BINGKAI HALAMAN DI MICROSOFT WORDS 2007

Bingkai atau border merupakan batas tepi halaman yg dapat berupa garis, titik, atau adonan gambar benda dekoratif. Bingkai biasa digunakan di halaman depan ( cover ) sebuah dokumen baik itu berupa makalah, skripsi, proposal, agenda dll. Bingkai juga seringkali dipakai buat menambah keindahan sebuah goresan pena misalnya puisi, slogan serta  pamflet. 

Bagi yang telah terbiasa menggunakan MS words 2007 tentu membuat bingkai bukan sesuatu hal yg sulit. Ada poly pilihan model border pada MS Words 2007. Bagi yang belum begitu faham cara menciptakan border / bingkai, ikuti langkah-langkahnya di bawah ini.

Inilah langkahnya:

1. Masuk Ke MS words. Buka laman yg ingin memakai bingkai atau sanggup langsung saja praktik pada laman MS word yang sedang terbuka.

2. Klik pilihan menu `Page Lay Out` kemudian klik `laman borders`. Akan keluar kotak obrolan misalnya gambar di bawah.

3.ada 2 pilihan dalam menciptakan bingkai atau border. Pada pilihan menu `Style`( gambar 3 no 1) kita mampu memilih beberapa variasi garis buat dijadikan borders. Kita tinggal mengscrol ke atas atau ke bawah buat memilihnya lalu klik dalam tipe borders yang dipilih . Bila ingin membuat borders yg lebih bervariasi pilih pilihan menu`Art` (gambar 3 no dua). Klik panah mini yang terdapat di sebelah kanan tulisan `none, maka akan keluar beberapa pilihan tipe borders. Scroll ke bawah untuk melihat pilihan di sebelah bawah. Kalau telah menemui borders yang sinkron, klik dalam contoh yg dipilih. Di sebelah kanan (preview) akan ditampilkan model borders pilihan kita.

4. Setelah kita menentukan tipe borders, kini kita lanjutkan dengan mengisi menu` Apply to`. Klik tanda panah yang terdapat di sebelah kanan goresan pena `whole document`. Disana Ada beberapa pilihan. Whole document artinya seluruh dokumen menggunakan borders. This section - first halaman only adalah hanya laman pertama yg memakai borders. This section-all except firs page artinya seluruh laman memakai borders kecuali halaman pertama. Klik pada pilihan yg diinginkan.
5. Selanjutnya klik menu `Options`. Pada menu `Measure form` masih ada 2 pilihan. Ada `text` serta `Edge to laman`. Pilih sinkron keperluan. Bila menginginkan borders sinkron margin halaman pilih `text`.
5. Bila telah terselesaikan klik ok . Lihat hasilnya dan apabila borders yg ditampilkan belum memuaskan ulangi lagi langkah-langkah di atas serta pilih tipe borders yang sinkron.


Comments