MEMAHAMI KEGUNAAN CLASS DIAGRAM


Kali ini saya akan membahas tentang group diagram, dalam ketika aku kuliah semester 5 aku diajarkan mengenai group diagram, diagram ini mirip menggunakan ER-Diagram seperti pada perancangan databasenya tetapi hanya saja bedanya ER-Diagram tidak masih ada metode atau operasi eksklusif serta hanya atribut.
Class diagram adalah salah satu bentuk contoh dari UML yang telah saya jelaskan dalam artikel "Mengenal serta Mengerti UML" terdapat juga beberapa contoh lainnya selain class diagram, bagi anda yang mungkin kurang tahu tentang UML atau berasal mula dari contoh group diagram anda bisa membaca artikel tadi lebih dahulu.

Apa itu Class Diagram ?

Class diagram adalah model tidak aktif yang menggambarkan struktur dari suatu sistem menggunakan memberitahuakn sistem kelas , atribut , operasi (atau metode), serta hubungan antara objek-objek.

Dalam menciptakan group diagram anda mampu menggunakan software Sybase atau software lain yg mungkin tersedia buat menciptakan diagram kelas. Untuk macam-macam software pada pembuatan UML saya biasanya memakai Sybase Power Designer serta Microsoft Visio.
Class diagram adalah gambaran dari struktur sistem yang terdapat sistem kelas, atribut, metode serta hubungan antar objek.
Class diagram memiliki atribut serta operation (metoda) dapat memiliki salah satu sifat berikut :
  1. Private - Hanya bisa dipanggil menurut pada kelas itu sendiri.  methode/atribut diawali “-“.
  2. Protected - Hanya bisa dipanggil sang class yang bersangkutan serta  group turunannya. Methode diawali dengan indikasi “#”.
  3. Public - Dapat dipanggil  menurut semua objek. Methode/atribut diawali tanda “+”
Didalam hubungan antar kelas terdapat beberapa istilah seperti ; asosiasi, agregasi, komposisi, serta inheritance serta generalization yg bermanfaat buat pengembangan dalam pembuatan group diagram.

Relasi  Generalisasi  dipakai dalam hubungan antara kelas induk dengan kelas turunan ( inherited) .
Relasi agregasi digunakan saat satu kelas dibuat (terdiri dari ) berdasarkan kelas kelas lain.

Relationship Multiplicity (Kardinalitas)

Mutiplicity atau multiplisitas memperlihatkan jumlah suatu objek yg bisa berhubungan dengan objek lain.

Inheritance adalah hubungan hirarkis antar class. Class dapat diturunkan dari class lain serta mewarisi semua atribut serta metoda class asalnya serta menambahkan fungsionalitas baru, sehingga ia disebut anak dari class yang diwarisinya. Kebalikan dari pewarisan adalah generalisasi.

Contoh Class Diagram

Contoh class diagram dibawah ini adalah mengenai sistem perpustakaan, terdapat beberapa database serta metode pada kartu anggota, calon anggota, pustakawan, formulir pendaftaran serta kepala perpus. Database yang dimaksud adalah atribut seperti ; nama, alamat, nrp, noag, alamat serta sebagainya sedangkan Metode adalah cetak kartu():void, memulai proses():void serta sebagainya.

Semoga artikel kali ini mengenai class diagram atau diagram kelas dapat menambah wawasan anda serta sekaligus berguna untuk aktivitas anda. Sekian serta Terima Kasih !

Comments