MACAM MACAM SENDOK SEMEN YANG DI GUNAKAN OLEH TUKANG BATU

Salam jumpa menggunakan Dion molto, *wis gitu aja*
Kali ini saya akan sharing tentang tools bidang pertukangan khususnya tukang batu yaitu tentang macam-macam sendok semen. Arrtikelnya cemen banget ya? Masa' sendok semen saja di masukin dalam blog. Hehe… Nggak apa-apa, sebab begini, nir semua orang mengenal sendok semen bro, terlebih bagi orang yg kehidupannya jauh berdasarkan global teknik bidang pertukangan.

Dalam dunia tukang batu, ada banyak sekali macam indera yg pada gunakan. Memang judul dan namanya sama ‘sendok semen’ tetapi dari bentuk serta kegunaannya sendok semen memiliki fungsi yg tidak selaras.

Jika di perhatikan, waktu melakukan pekerjaan, para tukang batu nir hanya membawa 1 buah sendok semen. Minimal dia akan membawa dua butir sendok semen menggunakan bentuk dan berukuran yg berbeda. Bukan tanpa alasan atau lebay, lantaran memang sebagai seorang tukang batu profesional, kelengkapan indera sangat penting buat kesempurnaan kualitas output karya.

Berikut ini macam – macam sendok semen yg di gunakan oleh tukang batu menurut bentuk serta fungsinya:


Sendok semen misalnya gambar di atas merupakan bentuk sendok semen yg berfungsi buat mengambil adukan atau memindahkan adukan dari ember 1 ke ember lainnya.

Sendok semen yang bentuknya memanjang seperti gambar pada atas mempunyai fungsi buat mengaduk adukan semen pasir pada ember. Panjang kurang lebih 25 cm – 30 cm. Namun  bila lebar dari sendok semen tersebut berkisar 7cm, maka sendok semen tersebut jua di pakai buat merogoh adukan buat pasangan tembok menurut hebel atau batako.

Sedang sendok semen berbentuk mini serta lancip seperti misalnya gambar di atas berfungsi buat merapikan plesteran atau acian dalam sudut-sudut dinding.

Nah jikalau sendok semen seperti di atas, bentuknya seperti dengan Gb.tiga namun ujungnya tumpul. Ukurannya sedikit lebih lebar menurut Gb.tiga. Fungsinya adalah buat mengambil adukan dalam ketika menciptakan dinding menggunakan pasangan bata merah. Juga berfungsi buat ‘kamprot’ dinding sebelum di plester.

Kemudian macam sendok semen seperti gambar di atas. Fungsinya sama dengan sendok semen misalnya Gb. 4. Bisa jua pada gunakan buat pasang batako jika ingin pekerjaan ringan. Tangan nggak pegel maksudnya. Namun dari bentuknya sendok semen misalnya ini pada gunakan untuk bagian-bagian tembok bersudut.

Sampai di sini tentunya terdapat sedikit kesadaran mengapa para tukang batu selalu membawa beragam sendok semen dengan aneka macam berukuran.

Jika anda bukan seorang tukang batu tetapi minat dengan global semen, *barangkali ingin melakukan pemugaran kamar mandi sendiri gitu* Silakan menentukan sendok semen yg multi fungsi saja. Biar nggak repot. Lho? Yang multi fungsi yang mana. Dari sekian poly macam sendok semen, bagi saya sendok semen yang multi fungsi merupakan sendok semen dengan bentuk misalnya gambar angka 4 dan 5.

Tapi apabila anda ingin seperti professional, silakan cari semua bentuk macam sendok semen tersebut di atas. Sebab kelengkapan indera sangat berpengaruh terhadap hasil yg akan pada capai. Sebagai tambahan, mungkin tidak seluruh toko material menyediakan sendok semen misalnya yang aku jelaskan di atas. Lalu bagaimana apabila sendok semen yg di maksud tidak terdapat di toko? Praktis saja, beli sendok semen dengan bentuk misalnya Gb. 1 bawa ke tukang las, minta untuk memotong sendok semen tersebuat sinkron keinginan anda. Paling tambah uang rokok hehehehehe…

Note:
Mungkin terdapat yg bertanya-tanya lantaran tadi saya sempet bilang ‘kamprot’. Apa itu kamprot? Saya sendiri belum tau apa istilah bahasa teknik metode ini, akan tetapi yang kentara para tukang batu sudah familiar menggunakan istilah ‘kamprot.

Kamprot merupakan metode melapisi dinding menggunakan adukan semen pasir seidkit encer menggunakan cara melemparkan adukan ke permukaan dinding dengan sendok semen. Gunanya metode ini di lakukan adalah supaya bagian atas dinding sebagai kasar serta nir licin sebagai akibatnya nanti dalam waktu pada plester, adukan pletesan bisa mengikat kuat dengan dinding bata (hebel batako sama saja).

Nah sekian saja artikel tentang macam-macam sendok semen yg di gunakan sang tukang batu yg saya ketahui. Sekian dan terimakasih telah mampir,…

Salam,

Comments