LAKUKAN 7 HAL INI UNTUK MEMBUAT IPHONE KAMU JAUH LEBIH AMAN

Ketika kita berbicara tentang keamanan iPhone, kita tidak menyampaikan hal yang sama misalnya keamanan pada personal komputer desktop atau laptop. Tentu, seluruh orang ingin menjaga keamanan data mereka berdasarkan orang-orang yg tidak mereka inginkan buat mengaksesnya, namun kasus keamanan personal komputer seperti software anti virus nir sahih-benar sebagai kasus bagi pemilik iPhone dan iPod touch.
Mungkin kekhawatiran yg paling mendesak saat datang ke keamanan iPhone tidak pada hal elektronika, tapi fisik: pencurian. Perangkat Apple adalah target yang menarik bagi pencuri dan paling sering dicuri.
Meskipun pencurian merupakan perhatian primer, bukan berarti itu satu-satunya aspek keamanan iPhone yang wajib engkau pedulikan. Berikut merupakan beberapa tips yg harus diikuti setiap pengguna iPhone serta iPod touch:

Mencegah Pencurian

Dengan pencurian sebagai ancaman keamanan terbesar bagi pengguna iPhone, kamu perlu mengambil langkah buat menjaga agar iPhone permanen kondusif serta memastikannya tetap berada di tangan engkau . Coba kiat anti-pencurian ini:
  • Lakukan hal yang telah kentara: Jaga iPhone engkau permanen dekat menggunakan engkau , jangan meninggalkannya tanpa pengawasan.
  • Waspadai Lingkungan engkau : Jangan terlalu penekanan ke layar iPhone kamu waktu berada di loka umum, lantaran ini sanggup mengakibatkan engkau mangsa yg empuk buat pencuri. Waspada serta sadar akan lingkungan engkau , dan siapa yg ada di kurang lebih engkau , waktu engkau sedang menggunakan iPhone.

Mengatur Passcode

Jika iPhone engkau dicuri, sebaiknya kamu memastikan bahwa si pencuri tidak bisa mengakses data kamu. Salah satu cara terbaik serta termudah merupakan fitur built-in Passcode iPhone engkau . Pelajari lebih lanjut tentang passcode, termasuk cara mengaturnya dan apa yang mampu dikontrolnya. Kamu dapat mengatur passcode selesainya dicuri memakai Find My iPhone (lebih menurut itu pada satu menit), akan tetapi lebih baik buat menerapkan kebiasaan keamanan yg baik sebelumnya.

Gunakan Touch ID

Jika perangkat engkau memakai pemindai sidik jari Apple Touch ID (misalnya dalam goresan pena ini, itu berarti seri iPhone 8, seri 7, seri 6 dan iPhone 6S, SE, serta 5S, dan kedua seri iPad Pro, iPad Air dua dan iPad mini 3 dan 4 ), kamu wajib menggunakannya. Hal yang sama jua berlaku buat Face ID dalam iPhone X. Setelah memindai sidik jari engkau serta wajah kamu buat membuka kunci perangkat engkau keamanan jauh lebih bertenaga daripada passcode empat digit yang sanggup saja engkau lupa atau yang sanggup ditebak sang personal komputer menggunakan cukup saat.

Aktifkan Find My iPhone

Jika iPhone kamu nir dicuri, Find My iPhone mungkin cara kamu mendapatkannya kembali. Fitur gratis iCloud ini menggunakan GPS built-in ponsel buat menentukan lokasinya pada peta sebagai akibatnya kamu (atau, jauh lebih aman serta lebih baik, polisi) dapat melacaknya ke lokasi saat ini. Ini merupakan indera yg hebat untuk menemukan perangkat yg hilang pula. Inilah yang perlu engkau ketahui saat menemukan Find My iPhone:

Kontrol Pengaturan Privasi Kamu

Mengontrol keamanan data pribadi engkau sama pentingnya menggunakan keamanan fisik perangkat kamu. Hari-hari ini, ada banyak sekali ancaman ke data kamu daripada sebelumnya, termasuk menurut aplikasi yg terpasang pada ponsel engkau . Untungnya, iOS memiliki kontrol privasi yg kuat dan terintegrasi.

Apakah iPhone Perlu Software Antivirus?

Software antivirus merupakan bagian inti dari cara kita mengamankan PC desktop dan laptop, namun kita sporadis sekali mendengar iPhone yang terkena virus. Tapi, apakah itu berarti aman buat tidak memakai antivirus di iPhone? Jawabannya, ketika ini, adalah engkau tidak membutuhkannya.

Jangan Jailbreak Ponsel Kamu

Banyak orang menganjurkan jailbreak ponsel engkau karena memungkinkan kamu buat menyesuaikan smartphone engkau dengan cara yg nir disetujui oleh Apple dan menginstal pelaksanaan yang telah ditolak buat dimasukkan ke App Store resmi. Tapi jika engkau ingin iPhone kamu seaman mungkin, jauhi jailbreak.
Apple sudah merancang iOS — sistem operasi yg berjalan di iPhone — dengan keamanan, jadi iPhone tidak terkena virus, malware, atau ancaman keamanan berbasis aplikasi lainnya yg umum terjadi dalam PC dan ponsel Android.
Kecuali untuk ponsel jailbreak. Satu-satunya virus yang menyerang iPhone sudah menargetkan perangkat jailbreak, contohnya. Jadi, iming-iming jailbreak mungkin kuat, akan tetapi jika keamanannya menjadi terbuka, jangan lakukan itu.

Encrypt Backup

Jika engkau menyinkronkan iPhone dengan komputer engkau , data menurut ponsel kamu juga tersimpan pada desktop atau laptop engkau . Itu berarti data tadi berpotensi diakses sang orang yang mampu masuk ke komputer engkau . Amankan data itu menggunakan mengenkripsi backup tadi. Ini mencegah seorang yg tidak mengetahui password engkau buat menerima akses ke data engkau dengan menggunakan personal komputer engkau .
Lakukan ini di iTunes waktu engkau menyinkronkan iPhone atau iPod touch kamu.
Pada halaman utama sync, pada bagian Options pada bawah gambar perangkat engkau , kamu akan melihat kotak buat pada centang yang diklaim Encrypt iPhone backup atau Encrypt iPod backup.
Centang kotak itu serta atur password buat backup. Sekarang, bila engkau ingin mengembalikan menurut backup itu, kamu wajib mengetahui password-nya. Apabila tidak, nir akan hingga pada data itu.

Opsional: Aplikasi Keamanan

Tidak banyak pelaksanaan yg akan meningkatkan keamanan iPod touch atau iPhone kamu sekarang — meski itu mungkin akan berubah di masa mendatang.
Seiring keamanan iPhone sebagai perkara yg lebih akbar, akhir-akhir ini kita tak jarang melihat hal-hal seperti klien VPN untuk iPhone atau iPod touch. Jika kamu melihat mereka, bersikaplah skeptis. Desain Apple buat iOS sangat berbeda menurut, katakanlah, Microsoft buat Windows dan ini jauh lebih kondusif. Keamanan tidak mungkin menjadi perkara akbar pada iOS misalnya pada OS lainnya. Karena itu, engkau bisa selalu belajar lebih poly mengenai melindungi privasi digital kamu serta mencegah pada mata-matai pemerintah — nir ada salahnya mengetahui sebanyak yang kamu sanggup.
Penting jua buat dicatat bahwa beberapa alat yg tersedia di App Store yg sepertinya melakukan fungsi keamanan tugas berat — misalnya sidik jari atau pemindaian mata — tidak benar-sahih melakukan tes tersebut. Sebagai gantinya, mereka memakai protokol keamanan lain yang mereka sembunyikan menggunakan tampil melakukan pemindaian tersebut. Sebelum membeli aplikasi keamanan di App Store, pastikan kamu membaca menggunakan kentara deskripsi tentang aplikasi tersebut.

Comments