KUNCI SUKSES CARA MEMPERBAIKI GANGGUAN KERUSAKAN PADA KULKAS 2 PINTU

LANGKAH PENTING
PERBAIKI GANGGUAN KERUSAKAN KULKAS 2 DUA PINTU NOFROST


Langkah pertama dalam perbaiki kulkas dua pintu

Dalam memperbaiki kerusakan kulkas 2 pintu nofrost, sobat harus mengetahui keluhan apa yg terjadi dalam kulkas tersebut


  • Tidak dingin....?
  • Kurang dingin.....?
  • Apa lantaran tidak mampu beku.....?
Atau lantaran kulkas bagian bawah tidak dingin sedangkan permukaan ( freezer ) normal

Pada kesempatan kali ini saya akan membahas misteri dalam memperbaiki kerusakan dalam kulkas dua pintu secara cepat serta kentara.

Untuk type Modul PCB, lihat disini....
CARA MENDETEKSI KERUSAKAN PADA THERMISTOR KULKAS
loh pungkasnya rahasia kenapa pada beritahu ya....? 😃😃😃

Tapi sobat niscaya pingin juga memahami rahasia itu kan.....
Hal yang selalu nir diperhatikan dalam memperbaiki kerusakan dalam kulkas 2 2 pintu adalah :
  • Lupa tidak memperhatikan kerapatan karet pintu. Karet pintu tidak kedap mengakibatkan sistem pendinginan kurang aporisma karena udara dingin selalu keluar, di samping itu kerja mesin compressor jadi semakin berat.
  • Memeriksa jalur pembuangan air berdasarkan evaporator menuju wadah air yg terletak didekat mesin compressor. Jalur pembuangan air buntu menyebabkan air dari pencairan bunga es pada evaporator tergenang serta heater masuk ke genangan air, hal ini mengakibatkan heater tidak sanggup memanaskan es yg berada di evaporator serta akibatnya ada penumpukan bunga es di evaporator.

CARA PERBAIKI KULKAS 2 PINTU TIDAK DINGIN SAMA SEKALI

1. Cek kabel kulkas sebelum hukuman kerusakan, apakah kabel pada keadaan baik yaitu tidak tanggal atau nir putus.

2. Cek arus listrik dari stop hubungan, apakah listrik baik-baik saja, cek voltase listrik apa tidak terjadi drop atau mungkin pulsa listrik habis 😃😃😃😫

Bila ternyata karena kerusakan terdapat dalam listrik sobat, coba dibenerin dulu sebelum melakukan langkah selanjutnya.

3. Hidupkan kulkas kemudian cek dalam Compresor kulkas, apakah compresor bekerja atau tidak. Bila compresor nir bekerja silahkan cari letak timer kulkas putar sedikit pada timer kulkas arah berlawanan jarum jam.
Bila mesin compressor tidak hayati namun panas serta terdapat suara suara klik dari Overload kemungkinan kerusakan pada PTC Relay ( cek ), serta jika masih baik kemungkinan terakhir karena mesin compressor macet, cara memperbaikinya lihat dalam posting
CARA AMAN MEMPERBAIKI COMPRESSOR MACET / PANAS

Letak timer kulkas dua pintu berada pada sebelah belakang kulkas, tepatnya pada pojok kulkas sebelah kiri compressor, tapi terdapat yg terletak di dalam lemari kulkas pintu bawah.

Bila timer setelah pada putar sedikit lalu compresor bersama motor kipas blower hayati, kemungkinan kerusakan ada di FUSE,HEATER atau TIMER DEFROST.

4. Cek fuse serta heater menggunakan membuka kover penutup blower kipas dan evaporator yg terletak pada pada pintu kulkas sebelah atas.
Bila anda mengecek menggunakan multimeter ada tinggal cek satu persatu FUSE dan HEATER.

Bagaimana cara cek fuse dan heater tanpa memakai indera multimeter....?

Itu hal yang cukup mudah, sobat tinggal menggabungkan kedua kabel THERMO DEFROS / BIMETAL lalu putar timer menuju ke proses defros ( pencairan bunga es ) jika fuse serta heater pada keadaan baik, maka heater akan panas, tapi apabila heater tidak panas kemungkinan rusak. Ganti fuse dan heater.

Gambar thermo defrost, gabungkan kabel bekas rabat kabelnya yang pada rangkaian kulkas.

Sampai sini sobat niscaya telah tahu, penyebab kulkas dua pintu tidak bisa dingin. 
Bila HEATER serta FUSE pada keadaan baik, kemungkinan kerusakan disebabkan lantaran timer defrost rusak.

Bila pada evaporator nir ada bunga es kemungkinan terjadi penumpukan oli di evaporator, kebocoran gas freon atau kebuntuan pada filter / pipa kapiler, untuk mengetahui cara perbaiki kulkas buntu atau bocor silahkan sobat kunjungi postingan
CARA PERBAIKI KEBOCORAN GAS BUNTU GANTI COMPRESSOR KULKAS FREEZER
Sedangkan buat cara memperbaiki kebocoran gas freon kulkas 1 satu pintu
CARA MEMPERBAIKI KEBOCORAN GAS FREON ( REFRIGRANT ) KULKAS FREEZER


CARA PERBAIKI KULKAS 2 PINTU KURANG DINGIN TIDAK SAMPAI BEKU

Perbaiki kulkas dua pintu yang kurang dingin ada poly sebabnya
penyebab pertama merupakan oli dari mesin compresor naik ke pada evaporator
Penyebab kedua karena tekanan compresi  dalam compresor sudah berkurang
penyebab ketiga lantaran karet pintu telah nir rapat
Penyebab keempat lantaran terjadi kebuntuan saluran air buang dalam proses pencairan bunga es
Dan penyebab lainnya adalah penumpukan bunga es pada evaporator
Untuk memastikan penyebab kerusakan kulkas 2 pintu yg kurang dingin, saya akan bahas tentang cara mencari kerusakan dalam kulkas dua pintu.

Silahkan sobat simak baik-baik, apabila kurang jelas sobat pembaca ataupun yang mencari solusi kerusakan pada kulkas 2 pintu sanggup bertanya dalam kolom komentar dibawah postingan ini.


CARA MEMPERBAIKI KULKAS 2 PINTU YANG ATAS DINGIN BEKU NORMAL DAN YANG BAWAH TIDAK DINGIN
Untuk kerusakan pintu bawah ( chiller ) tidak dingin pada kulkas 2 pintu sedangkan ruang pintu atas ( freezer normal ada 2 penyebab primer, yaitu :
  1. Pintu nir tertutup kedap, hal ini ditimbulkan lantaran karet pintu telah mengeras, sobek, magnet lemah atau setelan engsel pintu bergeser.
  2. Pengatur thermostat buka tutup jalur udara rusak atau tertutup es. Ganti baru apabila thermostat rusak, bila tertutup es kemungkinan jalur air buang dalam ketika pencairan bunga es buntu serta melewati jalur peredaran udara ke pintu bawah.



CARA MENCARI KERUSAKAN PADA KULKAS dua PINTU YANG KURANG DINGIN DENGAN CEPAT

Memperbaiki kerusakan pada kulkas 2 pintu diperlukan ketelitian dalam pengecekan serta jeli dalam menebak setiap kerusakan, lantaran bisa jadi kerusakan yg sama akan tetapi komponen yg rusak bisa berbeda-beda. Alhasil jika tebakan salah sanggup mengakibatkan kita bisa membeli komponen yang galat dan akhirnya biaya perbaikan bertambah banyak.


Untuk pertama kali pengecekan, kita harus memahami apasih keluhannya.....
Untuk pengecekan kulkas 2 pintu yang kurang dingin / dingin tapi nir mampu buat buat es, maka yg wajib anda cek adalah evaporatornya terlebih dahulu, jika bunga es nir merata maka sanggup jadi kerusakan pada sistem refrigrant, baik bocor halus, oli naik ke evaporator, penyempitan jalur refrigrant (buntu) atau karena tekanan kompresi pada mesin compresor sudah berkurang.

Bila kerusakan ini ditimbulkan lantaran bertumpuknya bunga es pada evaporator, maka mampu dipastikan kerusakan dalam sistem defros atau sistem pencairan bunga es.


"Kulkas 2 pintu kurang dingin dampak penumpukan bunga es pada evaporator dikarenakan sistem defros bermasalah."

Untuk memperbaiki kerusakan kulkas dua pintu kurang dingin lantaran penumpukan bunga es, merupakan menjadi berikut.

1. BUKA PENUTUP EVAPORATOR
Membuka penutup evaporator pada kulkas 2 pintu yg terjadi lantaran penumpukan bunga es agak membuat repot, buat itu sobat harus mencairkan bunga es terlebih dahulu dengan memakai hair dryer, jika nir terdapat hair dryer maka sanggup sobat buat memindahkan kulkas ke luar serta semprotkan air,menguyur dengan air hangat atau dinantikan sampai mencair sambil minum kopi serta gorengan yang sudah disiapkan tentunya 😃😃😃

2. MENGGABUNGKAN KEDUA KABEL PADA BIMETAL / DEFROS THERMO
Pertama kali langkah pemugaran waktu ada penumpukan bunga es merupakan menggabungkan kedua kabel bimetal / defros thermo buat mengetahui apakah heater (pemanas) dan Fuse (pengaman suhu panas) berfungsi menggunakan baik atau tidak misalnya pengecekan heater serta fuse diatas dan selanjutnya memutar timer ke setelan defros ( pencarian bunga es ).

potong serta gabungkan kabel buat yang menuju thermo defrost / bimetal

Contoh gambar heater kulkas

Tunggu sekitar dua mnt dan cek apakah heater panas atau nir, apabila panas berarti heater serta fuse dalam keadaan baik.

3. CEK PADA TIMER KULKAS
Pengecekan pada timer kulkas buat kerusakan kulkas yg kurang dingin sangat penting, karena fungsi timer adalah mengatur saat buat proses pendinginan dan proses defros (pencairan bunga es). Untuk proses pencairan bunga es terjadi setiap 7 jam sekali.
Bila ada kerusakan timer kulkas ketika pendinginan, maka proses pencairan bunga es nir bisa terjadi, sedangkan jika kerusakan timer kulkas dalam saat proses pencaira bunga es, maka kulkas tidak bisa melakukan proses pendinginan.


Cara pengecekan timer kulkas
Pengecekan timer kulkas dengan cepat mampu anda lakukan menggunakan cara memegang motor timer kulkas, jika terdapat getaran motor kemungkinan motor timer masih baik, tapi sobat harus melihat roda gigi buat perpindahan ketika defros dan waktu pendinginan apakah berputar atau nir dengan cara melihat di pinggir timer terdapat plastik transparan yang berfungsi buat melihat roda gigi.

Perhatikan gambar diatas, pada timer kulkas yang ada kotak kecil kaca transparan yang dilingkari merupakan tempat dimana berfungsi untuk melihat roda gigi


Untuk memastikan rusak atau tidaknya sebuah timer kulkas jika mendapatkan timer type timer defrost yang nir terdapat kaca transparan, silahkan putar setelan ke proses pencairan, dalam proses pencairan bunga es "compresor dan kipas blower keadaan mangkat ,

tunggu sekitar lebih kurang 30-45 mnt, jika timer berpindah sendirinya ke proses pendinginan "mesin compresor serta blower kipas hayati," maka timer kulkas dinyatakan baik.

4. CEK BIMETAL / DEFROS THERMO
Untuk mengetahui kerusakan dalam bimetal / defrost thermo wajib menggunakan multimeter, karena dalam saat suhu normal defrost thermo apabila diukur akan memutus serta bila suhu kurang dari 5° hingga 13° Celcius ( tergantung kepekaan thermo defrost ) akan terhubung, tapi sebaiknya untuk memilih kerusakan thermo defrost selesainya pengecekan komponen lainnya yg lebih mudah pengecekannya, karena nir perlu memakai es atau menaruh pada suhu dingin.

Demikian KUNCI SUKSES  CARA MEMPERBAIKI GANGGUAN KERUSAKAN PADA KULKAS dua PINTU, semoga postingan ini bisa membantu anda dalam mengatasi kasus kulkas 2 pintu.

Comments