KODE IP TINGKAT PERLINDUNGAN KELISTRIKAN

Apa yg dimaksud menggunakan kode - IP dalam ilmu kelistrikan?
Kode IP (Ingress Protection)
Seperti yg kita ketahui beserta, listrik adalah suatu tenaga yg banyak kita pakai, baik dalam kehidupan sehari-hari maupun pada dunia industri.
Oleh karena itu, sebisa mungkin setiap peralatan listrik yg dipakai wajib memiliki proteksi atas keselamatan baik terhadap penggunanya maupun buat keselamatan alat listrik itu sendiri.
Setiap hal yang berhubungan dengan listrik, berdasarkan mulai cara pemasangan, bahan, fungsi pengaman, bentuk dan ukurannya, wajib dilindungi dari segala macam resiko bahaya terhadap keselamatan dan kerusakan.
Dalam sistem kelistrikan kita mengenal sebuah istilah yg diklaim dengan IP. Menjadi standarisasi mengenai Tingkat proteksi banyak sekali peralatan listrik yg kita gunakan.

Apa itu kode IP?

Apa yang dimaksud dengan kode IP dalam sistem kelistrikan?
IP adalah singkatan dari Ingress Protection atau International Protection.
IP merupakan suatu kode yang umumnya terdiri berdasarkan Kode IP diikuti menggunakan dua angka tertentu serta terkadang diikuti jua menggunakan satu atau 2 kode alfabet .
Kode IP ini memiliki arti yg berbeda-beda sesuai menggunakan kode yg tertulis buat memberitahuakn taraf perlindungan suatu indera listrik terhadap banyak sekali sumber bahaya.
Perlindungan yg diatur pada IP mencakup aneka macam kemungkinan potensi bahaya yang mungkin terjadi, misalnya :
Perlindungan alat listrik terhadap bahaya sentuhan langsung, proteksi terhadap masuknya benda ke dalam alat listrik misalnya Air, debu , serangga, serta berita tambahan lainnya yg berkaitan menggunakan proteksi listrik.
Kode IP sangat diperlukan buat menaruh keterangan tentang keselamatan serta seberapa besar tingkat proteksi yg dapat diberikan suatu alat listrik.
Selain itu, dengan mengetahui Kode IP, dapat menjadi panduan untuk memilih pemilihan alat listrik yang baik sinkron menggunakan kebutuhan serta keselamatan penggunanya.
Kode IP (Ingress Protection)
Sebagai model :
Jika kita ingin membeli suatu indera listrik seperti lampu penjelasan jalan yg pastinya pada pasang diluar ruangan (Out door), kita wajib menentukan lampu yang dilengkapi menggunakan penutup yang tahan terhadap siraman air hujan.
Perlindungan penutup lampu menurut siraman air hujan ini akan dituliskan dalam penutup lampu tadi menjadi simbol IP, dan biasanya IP yang baik untuk lampu out door adalah lampu dengan taraf proteksi minimal IP55.
Untuk mengetahui aneka macam tingkat perlindungan pada sistem kelistrikan, kita dapat melihat penjelasan tentang Arti berbagai kode IP dibawah ini:
Penjelasan Tingkat perlindungan kelistrikan berdasarkan Kode IP (ingress Protection) yg tertera:
Kode Utama digit pertama
Kode IP (Ingress Protection)
Pada setiap kode IP masih ada 2 digit kode angka, kode nomor yg pertama diklaim dengan kode primer digit pertama, kode ini memperlihatkan seberapa akbar tingkat proteksi suatu peralatan listrik terhadap gangguan masuknya benda padat kedalam indera listrik tadi.
Arti kode angka digit pertama dalam kode IP
  • Angka 0 mempunyai arti bahwa indera listrik tersebut Tidak memiliki proteksi terhadap kontak serta masuknya objek.
  • Angka 1 mempunyai arti bahwa indera listrik tadi memiliki Perlindungan dari benda menggunakan ukuran lebih akbar dari 50 mm, seperti tangan, akan tetapi nir ada proteksi terhadap hubungan langsung yg disengaja dengan bagian tubuh (contoh tanpa sengaja tersentuh sang tangan).
  • Angka 2 mempunyai arti bahwa alat listrik tersebut mempunyai Perlindungan menurut benda menggunakan ukuran lebih besar dari 12,5 mm, seperti jari atau benda semacam itu.
  • Angka 3 mempunyai arti bahwa alat listrik tadi mempunyai Perlindungan dari benda menggunakan ukuran lebih besar dari dua,lima mm, seperti indera-alat, kabel tebal, serta lainnya.
  • Angka 4 mempunyai arti bahwa indera listrik tersebut memiliki Perlindungan dari benda menggunakan ukuran lebih besar dari 1 mm, seperti sekrup, baut, kabel, dan lainnya.
  • Angka 5 memiliki arti bahwa alat listrik tersebut memiliki Perlindungan menurut masuknya debu serta proteksi lengkap terhadap kontak langsung. Pada tingkatan ini debu masih bisa dijinkan masuk tetapi dalam batas normal selama nir mengganggu pengoperasian alat-alat.
  • Angka 6 memiliki arti bahwa indera listrik tersebut mempunyai Perlindungan secara ketat menurut masuknya debu dan perlindungan lengkap terhadap hubungan langsung.

Kode utama Digit kedua
Kode IP (Ingress Protection)
Pada setiap kode IP terdapat 2 digit kode nomor , kode nomor yang kedua diklaim dengan kode utama digit ke 2, kode ini menunjukkan tingkat proteksi peralatan listrik terhadap masuknya air.
  • Angka 0 memiliki arti bahwa indera listrik tersebut tidak mempunyai perlindungan.
  • Angka 1 mempunyai arti bahwa alat listrik tadi mempunyai Perlindungan terhadap tetesan air yang jatuh eksklusif secara vertikal.
  • Angka 2 mempunyai arti bahwa alat listrik tadi memiliki Perlindungan terhadap tetesan air yg jatuh langsung dengan kemiringan 15°.
  • Angka 3 memiliki arti bahwa indera listrik tadi memiliki Perlindungan terhadap percikan air yg jatuh dengan kemiringan 60°.
  • Angka 4 mempunyai arti bahwa indera listrik tadi mempunyai Perlindungan terhadap percikan air yang tiba dari segala arah.
  • Angka 5 mempunyai arti bahwa indera listrik tadi memiliki Perlindungan terhadap semprotan air yang datang menurut segala arah, contohnya semprotan air menurut pipa air atau keran.
  • Angka 6 mempunyai arti bahwa alat listrik tersebut memiliki Perlindungan terhadap semprotan air bertekanan yg datang dari segala arah, contohnya semprotan air berdasarkan water jet.
  • Angka 7 mempunyai arti bahwa indera listrik tersebut mempunyai Perlindungan dampak perendaman dalam air dalam kedalaman air antara 15 centimeter sampai dengan 1 m.
  • Angka 8 memiliki arti bahwa indera listrik tadi mempunyai Perlindungan dampak perendaman pada air yg bertekanan serta dilakukan dalam jangka saat eksklusif ataupun terus-menerus. Biasanya, ini berarti bahwa alat ini tertutup rapat. Tetapi, pada beberapa jenis peralatan, itu bisa berarti bahwa air mampu masuk tetapi hanya dalam sedemikian rupa sehingga nir menimbulkan pengaruh yg berbahaya.

Kode Tambahan berupa kode huruf
Kode IP (Ingress Protection)
Selain dua digit kode angka yang terdapat dalam setia kode IP, terkadang masih ada jua suatu kode tambahan berupa satu atau 2 kode huruf, yang berada dalam Digit ketiga kode IP tersebut.
Kode alfabet digit ketiga ini merupakan kode tambahan pertama berupa notasi huruf yg memperlihatkan perlindungan bagian-bagian berbahaya dari akses manusia.
  • A - Tangan
  • B - Jari
  • C - indera-alat
  • D - kabel

Kode huruf yg berada pada Digit keempat pada kode IP, adalah kode tambahan kedua yg juga berupa notasi alfabet buat memberikan liputan tambahan pada pengguna yang terkait dengan perlindungan peralatan tersebut.
  • H - perangkat tegangan tinggi.
  • M - perangkat berkecimpung (selama uji air).
  • S - perangkat membisu (selama uji air).
  • W- syarat cuaca

Kode IK
Kode IP (Ingress Protection)
Selain empat digit yang masih ada dalam kode IP, terdapat kode tambahan buat memilih ketahanan perlatan listrik terhadap impak mekanis yg diklaim dengan kode IK.
Kode IK, merupakan kode angka tambahan yg dipakai buat memilih ketahanan peralatan buat impak mekanis.
Dampak mekanis ini diidentifikasi dengan energi yang diperlukan buat memenuhi syarat tingkat ketahanan yg dipengaruhi, yg diukur dalam joule (J), berdasarkan pada EN 50102 - VDE 0470 Part 100 serta EN 62262 dan sudah menggantikan baku kode IP buat ketahanan alat-alat yg dinotasikan menggunakan nomor 0 s/d 9.
Kita dapat mengetahui penjelasan tentang Kode IK pada tabel di bawah ini:

Sebagai model :
Dalam mengetahui tingkat perlindungan suatu alat-alat listrik terhadap keselamatan menggunakan membaca KODE IP yang tertera pada alat listrik tadi, yaitu :
Jika kita melihat sebuah elektronik motor atau motor listrik, pada name plate tertera kode IP 55.
Kita bisa melihat berdasarkan liputan mengenai arti kode IP diatas, bahwa Kode IP 55 ini memiliki arti :
Kode angka pertama adalah 5
Ini berarti bahwa elektromotor atau motor listrik tadi memiliki Perlindungan menurut masuknya debu serta perlindungan lengkap terhadap kontak eksklusif. Pada tingkatan ini debu masih bisa dijinkan masuk namun dalam batas normal selama nir mengganggu pengoperasian peralatan
Kode nomor ke 2 adalah 5
Ini berarti bahwa elektromotor atau motor listrik tersebut mempunyai Perlindungan terhadap semprotan air yg datang berdasarkan segala arah, contohnya semprotan air dari pipa air atau keran. Memiliki arti bahwa indera listrik tadi mempunyai Perlindungan terhadap semprotan air yg tiba dari segala arah, misalnya semprotan air dari pipa air atau keran.
Dengan kata lain sebuah elektro motor atau motor listrik yang mempunyai kode IP 55, memiliki proteksi dari masuknya debu dan tahan terhadap semprotan air yg datang menurut segala arah.
Setelah kita mengetahui arti kode IP suatu peralatan listrik, tentunya hal ini sangat memudahkan kita buat menentukan peralatan listrik yg sinkron menggunakan kebutuhan kita.
Demikianlah Artikel tentang penerangan Kode Ingress Protection (IP) pada ilmu kelistrikan.
Semoga bermanfaat !
CARA FLEXI
dikutip dari banyak sekali asal

Comments