KE DIPISAH DAN KE DISAMBUNG

Ke Dipisah serta Ke- Disambung

 

Apa bedanya ke yg dipisah dan ke yg disambung?

Penulisan huruf dalam bahasa Indonesia acap kali ambigu,mana yang dipisah serta mana yg disambung. Apalagi jika tulisannya mirip danterlanjur lebih sering mengucapakannya dari dalam menulisnya. Salah satu yangmembingungkan merupakan penulisan kata ke.

Bagi pembelajar, guru, serta yang sedang mendalami bahasaIndonesia, penulisan ke yang dipisahdan digabung tidak mungkin menciptakan gundah. Tetapi bagi kebanyakan orang, iniadalah masalah akbar. Kata yang seharusnya dipisah, seringkali ditulis disambung.


Kesalahan-kesalahan penulisan ini seakan-akan dibenarkanoleh goresan pena lain yg sama-sama galat. Hal ini lantaran semakin banyaknnyasaluran komunikasi, khususnya media sosial.

Dalam medsos, seluruh orang berhak menulis. Tanpa editorbahasa. Tanpa terdapat yg menyeleksi serta memperbaiki apabila ada goresan pena yang keliru.tuisan yang galat pula dibaca sang orang lain, pengguna media umum acap kalitidak mendapatkan contoh yang benar. Jadilah kesalahan-kesalahan tadi getoktular serta saling memengaruhi.

Ke yg dipisah merupakan istilah ke yang sebagai preposisi. Sementara ke yang digabung merupakan keyang mejadi imbuhan.

Ke sebagai katadepan menampakan tempat yang masih belum ditempati, yaitu tempat yang masihakan dituju.



Misalnya pada kalimat:

Saya akan ke Jember

Ke dalam kalimatdi atas adalah kata depan sebagai akibatnya penulisannya wajib dipisah dengan kata Jember.

Ciri preposisi ke adalahdiikuti dengan kata benda atau nomina. Dalam kalimat di atas, Jember adalahkata benda yaitu nama Kabupaten di  JawaTimur.

Begitu jua menggunakan nomina selain loka, misalnya ke yang diikuti dengan kata benda.

Contoh pada kalimat:

File itu dipindah keKomputer


Kata ke padakalimat di atas diikuti menggunakan istilah komputernama benda. Karena ke jugamerupakan preposisi. Jadi wajib dipisah.

Kata depan ke yang diikuti istilah benda tak berbentuk jua harusdipisah.

Misalnya pada kalimat:

Dari pagi ke pagi lagi pada masih berusaha menyelesaikan tugasitu.

Kata pagi dalamkalimat di atas merupakan istilah benda abstrak. Kata benda abstrak merupakan katabenda yang tidak memiliki surat keterangan kentara. Yaitu pagi. Ke sebagai preposisi pada kalimat pada atas jua harusdipisah.

Kata depan ke yangdiikuti istilah ganti tempat jua harus dipisah.

Contoh pada kalimat:

Dia sudah ke sana kemari untuk mencarimu.


Dalam kalimat di atas, kata ke yang mengikuti istilah tunjuk sanadan mari juga harus dipisah.

Contoh yang lain merupakan: kesitu, ke sini, ke kiri, ke depan, ke samping, ke belakang, ke atas, ke bawah,ke pada juga harus dipisah.

Sementara, ke yangpenulisannya disambung, adalah ke yangmerupakan imbuhan, bukankata. Jadi,menulisnya diberi indikasi hubung: ke-.

Ke- sebagaiimbuhan atau awalan tidak diikuti dengan istilah benda, melainkan istilah kerja.selain itu, imbuhan atau awalan ke-  tidak bisa berdiri sendiri. Biasanyadiikuti menggunakan akhiran. Misalnya: ke--an.


Contoh penulisan ke- yang harus digabung terdapt padakalimat-kalimat berikut ini:

Ketika membutuhkanbantuan, kebetulan temannya datang.


Pada kalimat pada atas, masih ada imbuhan ke- -an pada kata kebetulan. Penulisanke- harus disambung dengan istilah betul sehingga tidak perlu spasi ataujarak.

Dia selalu membalaskebaikan orang lain.


Pada kalimat di atas masih ada awalan ke- -an pada kata kebaikan. Katadasarnya merupakan baik.

Berbeda dengan ke sebagaikata depan yg menampakan loka atau tujuan yg tidak bisa mengubah makna,ke- sebagai imbuhan bisa mengubahmakna. Misalnya kata kebaikan, kata baik sebagai kata dasarnya merupakansifat. Sementara sesudah mendapat imbuhan ke--an menjadi kebaikan katatersebut berubah menjadi nomina atau istilah benda abstrak, yang bermakna hal baik.

Ada juga imbuhan ke- yangberdiri sendiri. Yang terdapat dalam istilah sapta.

Contoh kalimat:

Dia anak kesatu darilima bersaudara.

Kata kesatu dalamkalimat pada atas wajib ditulis kontiniu, tanpa jarak spasi ke satu* (ini taksa alias salah ). Kata kesatu wajib digabung. Imbuhan ke- pada model kalimat di atas memilikimakna urutan. Jadi, maknanya merupakan anak urutan satu atau pertama.

Penulisan ke sebagaikata depan serta kata imbuhan memang sulit dipahami, terlebih bila telah terbiasasalah menulis. Memang, keliru menulis tidak membuat pemahaman terhadap informasiyang disampaikan sebagai salah . Tidak mungkin jua dieksekusi hanya lantaran salahmenulis spasi. Tetapi alangkah baiknya bila bisa menulis dengan sahih antara kesebagai preposisi dan ke sebagai imbuhan atau awalan.

Mari tunjukkan bahwa, bahasa Indonesia adalah bahasa yangbesar, serta orang Indonesia merupakan orang yg menghargai bahasanya sendiridengan cara senantiasa menulis dengan kaidah yang sudah disesuaikan.

Jangan lupa baca serta unduh penerangan tentang kata yg laindalam label arti kata.

Comments