KANDUNGAN GIZI JAMUR TIRAM

1.pendAHULUAN
            Jamurtiram (Pleurotus ostreatus) merupakan jamurpangan menurut kelompok Basidiomycotadan termasuk kelas Homobasidiomycetesdengan ciri-karakteristik umum tubuh butir berwarna putih sampai krem dan tudungnyaberbentuk 1/2 lingkaran mirip cangkang tiram denganbagian tengah relatif cekung. Jamur tiram masih satu kerabat menggunakan Pleurotuseryngii serta acapkali dikenal menggunakan sebutan King OysterMushroom.

            Tubuh buah jamurtiram mempunyai tangkai yg tumbuh menyamping (bahasaLatin: pleurotus) serta bentuknya seperti tiram (ostreatus)sebagai akibatnya fungi tiram memiliki nama binomial Pleurotus ostreatus. Bagiantudung menurut jamur tadi berubah warna dari hitam, abu-abu, coklat, hinggaputih, dengan permukaan yang hampir licin, diameter lima-20 cm yang bertepi tudungmulus sedikit berlekuk. Selain itu, jamur tiram juga memiliki sporaberbentuk batang ukuran 8-11×3-4μm dan miseliaberwarna putih yg mampu tumbuh dengan cepat.



2.kandUNGAN GIZI JAMUR TIRAM
            Berdasarkanpenelitian Sunan Pongsamart, Biochemistry,Faculty of Pharmaceutical Universitas Chulangkorn, fungi tiram mengandung protein,air, kalori, karbohidrat,serta sisanya berupa serat zat besi, kalsium,vitaminB1, vitamin B2, serta vitaminC.
            Jamur tiram (Pleurotusostreatus) merupakan bahan makanan bernutrisi dengan kandungan proteintinggi, kaya vitamindan mineral,rendah karbohidrat,lemakdan kalori.jamur ini memiliki kandungan nutrisi seperti vitamin, fosfor, besi, kalsium,karbohidrat, serta protein. Untuk kandungan proteinnya, lumayan cukup tinggi,yaitu sekitar 10,5-30,4%.
            Komposisi dankandungan nutrisi setiap 100 gr fungi tiram adalah 367 kalori, 10,5-30,4persen protein, 56,6 persen karbohidrat, 1,7-2,2 % lemak, 0.20 mg thiamin,4.7-4.9 mg riboflavin,77,dua mg niacin, dan314.0 mg kalsium.kalori yg dikandung jamur ini adalah 100 kj/100 gram dengan 72 % lemaktak jenuh.serat fungi sangat baik buat pencernaan. Kandunganseratnya mencapai 7,4- 24,6 % sebagai akibatnya cocok buat para pelaku diet.
            Kandungan gizijamur tiram menurut Direktorat Jenderal Hortikultura Departemen Pertanian.protein homogen-homogen 3.5 – 4 % dari berat basah. Berarti 2 kali lipat lebihtinggi dibandingkan asparagus dan kubis. Jika dihitung berat kering. Kandunganproteinnya 10,5-30,4%. Sedangkan beras hanya 7.3%, gandum13.dua%, kedelai39.1%, serta susu sapi 25.2%. Jamur tiram juga mengandung 9 macam asamamino yaitu lisin, metionin, triptofan, threonin, valin, leusin, isoleusin, histidin, serta fenilalanin.

            72% lemak dalamjamur tiram adalah asam lemak nir jenuh sehingga kondusif dikonsumsi baik yangmenderita kelebihan kolesterol (hiperkolesterol)maupun gangguan metabolisme lipid lainnya. 28% asam lemak jenuh serta adanyasemacam polisakarida kitindi pada jamur tiram diduga menyebabkan rasa lezat . Jamur tiram jua mengandung vitaminpenting, terutama vitamin B, C serta D. Vitamin B1 (tiamin),vitamin B2 (riboflavin),niasindan provitamin D2 (ergosterol), pada jamur tiramcukup tinggi. Mineral utama tertinggi adalah Kalium, Fosfor, Natrium,Kalsium,serta Magnesium.mineral utama tertinggi merupakan: Zn, Fe, Mn, Mo, Co, Pb. Konsentrasi K, P, Na,Ca dan Me mencapai 56-70% menurut total abu menggunakan kadar K mencapai 45%. Mineralmikroelemen yang bersifat logam pada jarum tiram kandungannya rendah, sehinggajamur ini kondusif dikonsumsi setiap hari.




3.manfAAT JAMUR TIRAM
            Jamur tiram jugamemiliki berbagai manfaat yaitu sebagai kuliner, menurunkan kolesterol,sebagai antibakterial serta antitumor, dan bisa membuat enzimhidrolisis dan enzim oksidasi. Selain itu, fungi tiram juga dapat bermanfaat dalammembunuh nematoda. Jamur tiram ini memiliki manfaat kesehatan diantaranya,bisa mengurangi kolesterol dan jantung lemahserta beberapa penyakit lainnya. Jamur ini jua dianggap memiliki khasiat obat untukberbagai penyakit misalnya penyakit lever, diabetes,anemia.selain itu fungi tiram jua bisa berguna sebagai antiviraldan antikankerserta menurunkan kadar kolesterol.
            Di samping itu,jamur tiram juga dipercaya bisa membantu penurunan berat badan karena berserattinggi dan membantu pencernaan. Jamur tiram ini mengandung senyawa pleuran yangberkhasiat sebagai antitumor, menurunkan kolesterol,dan bertindak sebagai antioksidan. Adanya polisakarida,khususnya Beta-D-glucans dalam fungi tiram memiliki pengaruh positif sebagaiantitumor, antikanker, antivirus (termasuk AIDS),melawan kolesterol, antijamur, antibakteri, serta dapat meningkatkan sistem imun.pada jamur tiram, produk ini disebut sebagai plovastinyang di pasaran dikenal sebagai suplemen penurun kolesterol (komponen aktifnyastatin yang baik buat menghambat metabolisme kolesterol pada dalam tubuhmanusia).
            Dilihat darikandungan gizi yang terdapat pada jamur tiram maka bahan ini termasuk amanuntuk dikonsumsi. Adanya serat yaitu lignoselulosa baik buat pencernaan. USDA(United States Department of Agriculture) yang melakukan penelitian pada tikus menerangkan bahwadengan anugerah menu jamur tiram selama 3 minggu akan menurunkan kadarkolesterol pada serum hingga40 % dibandingkan menggunakan tikus yang tidak diberi pakan yang mengandungjamur tiram. Sehingga mereka beropini bahwa fungi tiram bisa menurunkankadar kolesterol pada penderita hiperkolesterol. Di Jepang waktu ini sedangditeliti potensi jamur tiram menjadi bahan makanan yg dapat mencegahtimbulnya tumor.




4.ragaM OLAHAN JAMUR TIRAM
            Jamurtiram sekarang dikenal luas menjadi galat satu penganan yg seringkali dikonsumsi.rasanya yg enak membuatnya poly diburu oleh penikmat kuliner. Para vegans (sebutan buat vegetarian) sangatakrab dengan jamur putih ini. Tekstur serta cita rasanya yang mirip dengan dagingmembuat mereka menjadikannya sebagai bahan pangan wajib kaum vegans.
            Dalamperjalanannnya, makin beraneka ragam olahan jamur tiram, baik yang berbahandasar fungi tiram, atau dikombinasikan dengan bahan lain untuk diolah menjadimakanan yang siap disajikan. Selain itu, pengolahan jamur pula dilakukan untukmencegah terjadinya kerugian akibat overloadkapasitas produksi pada taraf petani pembudidaya jamur. Dengan adanyapengolahan, selain mencegah kerugian tersebut, maka nilai tambahnya dapatdinikamati sang petani atau si pengolah jamur.berikut ini akan dipaparkanbeberapa ragam olahan jamur tiram.



4.1.ragam olahan berbahan dasar fungi tiram
4.1.1.pembuatan Permen Jeli Jamur Tiram
Bahan:
1)Jamur Tiram 50 g
2)Gula pasir 100 g
3)Gelatin 20 g
4)Air 100 g
          Alat:
1)Panci
2)Kompor
3)Pengaduk
4)Loyang
5)Pisau
          Caramembuat:
1)Rebus fungi tiram hingga masakkemudian blender menggunakan air secukupnya
2)Masukkan gula dalam panci sebanyak100 gram (1 ons) dan tambahkan juz jamur (blenderan fungi sebesar 100 ml
3)Rebus dalampanci hingga mendidih danair mulai berkurang (relatif kental)
4)Tambahkan gelatin yang sudahdilarutkan dalam air
5)Aduk terus sampai kental (cairanjika diangkat dengan pengadung hanya menetes pelan
6)Angkat berdasarkan kompor setelah agakdingin tuangkan ke pada loyang
7)Biarkan selama semalam
8)Potong sesuai ukuran yangdikehendaki lalu lepaskan menurut loyang
9)apabila diinginkan permen dapatditaburi dengan gula halus
10)Permen siap dikemas.

4.1.dua.pembuatan Kerupuk Jamur Tiram
Bahan yg digunakan merupakan:
1)JamurTiram (1/dua kg),
2)Tepungtapioka (1/dua kg),
3)Telurbebek (2 butir),
4)Gulasecukupnya,
5)Garamsecukupnya,
6)Minyakgoreng secukupnya,
7)Air(100 cc),
Peralatan yang dipakai merupakan:
1)tali/benang,serta plastik/alumunium foil/daun
2)kompor, 
3)dandang,
4)baskomplastik,
5)talenan,
6)pisau,
7)cobek/penumbukdan sealer.



Proses Pembuatan:
            Tahapandalam pembuatan kerupuk Jamur adalah menjadi berikut:
1)Jamurdicuci hingga bersih
2)Kukusatau panaskan hingga matang
3)Haluskandengan gilingan daging atau ditumbuk
4)Campur tepung tapioka dengan airsedikit demi sedikit, lalu masukkan fungi yang telah dihaluskan, telurbebek, gula serta garam, mixer dan uleni sampai kalis
5)Bentuk adonan bundar memanjangseperti sosis dengan diameter + 5cm, serta panjang 15-20 cm lalu bungkusdengan plastik/ aluminium foil/ daun pisang dan ikat dengan tali/benang dikedua ujungnya
6)Kukus adonan hingga matang, angkatdan dinginkan
7)Iris tipis-tipis campuran yang telahmatang tersebut, kemudian keringkan dengan menggunakan matahari atau mesinpengering
8)Kerupuk siap dikemas, atau digorengdan tersaji.




4.1.3.pembuatan Jamur Crispy

          Bahan Membuat Jamur Crispy:

1)Jamur tiram 300gr
2)Minyak goreng untukmenggoreng secukupnya

          Bahan Pencelup / Pelapis:

1)1 sdm Tepung terigu
2)3 sendok makan Tepung beras
3)dua sendok makan tepung tapioka
4)1 sdt baking powder
5)1 sdt chicken powder(bisa memakai brand maggi, penyedap (boleh ditambahkan), maupun masako)
6)1 butir putih telurcampur menggunakan 1 sdm air, lalu kocok

          Cara Memasak Jamur Crispy:

1)Rebus fungi tiramdengan air, beri sedikit garam. Tunggu hingga mendidih serta jamur tiram layu.
2)Angkat, tiriskan,perasa sampai kandungan airnya tinggal sedikit dan tunggu hingga dingin
3)Setelah dingin,iris-iris memanjang/sesuai selera
4)CaraMembuat Pencelup/Pelapis; campur seluruh bahan kemarau, campurkan dan kocok rata
5)Masukkanjamur yang telah dipotong-pangkas ke dalam adonan pencelup / pelapis, aduksampai seluruh permukaan fungi tertutupi adonan pelapis.
6)Kemudianmasukkan fungi tadi ke pada putih telur sebentar saja, sampai semuapermukaan terkena putih telur.
7)Ambiljamur tersebut dan tambahkan lagi ke adonan pelapis sambil diremas-remas.
8)Gorengjamur hingga kering di wajan menggunakan minyak yang banyak (deep frying)
9)Angkatjamur selesainya berwarna agak coklat, tiriskan.

4.1.4.pembuatan Abon Jamur Tiram
Bahan:
1)Jamur tiram lima kg
2)Kelapa tua berukuran sedang 7 buah,parut, ambil santan kentalnya (perasan pertama)
3)Gula merah 200 gram
4)Bawang merah 200 gram
5)Bawang putih 100 gram
6)Cabai merah 50 gram
7)Merica, ketumbar, serta garamsecukupnya
8)Minyak goreng secukupnya
Alat:
1)Kompor
2)Panci email
3)Wajan penggorengan
4)Alat pengepres
5)Timabangan
6)Blender
7)Parutan, talenan, pisau, daun nyiru
8)Baskom, spatula pengaduk, garpu,sendok
9)Sealer plastic
          Caramembuat:
1)Rebusjamur tiram selama 10 menit
2)Dinginkandan suwir-suwir dengan garpu
3)Haluskanbahan-bahan bumbu, tumis hingga wangi, tambahkan fungi yang sudah disuwir tadidan masukkan santan kental sedikit demi sedikit
4)Adukpelan-pelan sampai semua bumbu mengering dan meresap ke dalam suwiran fungi,angkat dan dinginkan
5)Gorenghingga berwarna coklat keemasan, tiriskan
6)Perasminyak yang tersisa pada abon jamur menggunakan indera pengepres sampai tiada minyakgoreng yg menetes
7)Abonjamur tiram siap dikemas atau tersaji.
4.2.ragam Olahan Kombinasi Jamur Tiram
4.2.1.tumis Daging Jamur Putih
Bahan:
1)3 sdm minyak untukmenumis
2)2 siung bawang putih, iristipis
3)5 buah bawang merah, iris tipis
4)250 gramjamur tiram putih,pangkas  jadi 2
5)100 gr daging has sapi, iristipis panjang
6)1 sendok the tepung maizena
7)150 gr wortel, kupas,irisserong
8)100 mililiter air
9)dua batang daun bawang, pangkas 3cm
10)1 sendok makan saus tiram
11)2 sdt kecap asin
12)½ sdt lada
13)1 sendok teh garam
14)1 sdm maizena, cairkan dengan sedikit air
            Caramembuat:
1)Lumuri daging has sapi denganlada, garam, serta tepung maizena hingga rata
2)Panaskan minyak, tumis bawangmerah, serta bawang putih hingga harum. Lalu, masukkan daging has, masak hinggadaging berubah warna
3)Masukkan wortel, air, daunbawang, saus tiram, kecap asin, lada, serta garam, masak hingga wortel empuk
4)Masukkan fungi tiram, adukrata, kemudian tambahkan larutan maizena. Aduk rata

4.2.dua.Masakan Tumis Jamur

          Bahan-bahan:
1)BawangMerah
2)DaunSup/ Seledri
3)BawangDaun/ Bawang Prai
4)Garamdan penyedap (boleh dibubuhi)
5)MinyakGoreng
6)JamurTiram Putih
            Cara Memasak:
1)Bawangmerah, Daun sup serta bawang daun pada iris-iris
2)PanaskanMinyak Goreng
3)Masukan/ goreng bawang merah, daun sup dan bawang daun
4)CuciJamur dan Masukkan Jamur kedalam gorengan/ Tumis
5)MasukkanGaram dan penyedap (boleh dibubuhi)
6)Masukkanair panas secukupnya
7)Tungguhingga matang
8)TumisJamur siap dihidangkan
 

4.dua.3.Masakan Asam Pedas Jamur Tiram

          Bahan-bahan:
1)CabeMerah 0,5 ons
2)Bawangputih 2 siung
3)BawangMerah dua butir berukuran akbar
4)DaunKunyit 1/tiga helai
5)DaunSalam 1 helai
6)DaunLimau 1 helai berukuran besar
7)Asamkandis dua buah
8)Garamdan penyedap secukupnya
9)Jamurtiram segar ¼ kilo
         
          Cara mengolah:
1)Iris-irisJamur Tiram
2)CabeMerah serta bawang putih digiling halus
3)Bahan-bahanlainnya direbus bersamaan cabai merah sampai matang
4)CuciJamur Tiram dan tambahkan pada rebusan
5)Tunggujamur hingga matang
6)Asampedas jamur tiram siap dihidangkan.
 

4.2.4.Masakan Dadar Jamur Tiram

          Bahan-bahan:
1)jamurTiram Segar 1 ons
2)BawangPutih 1 siung
3)bawangMerah 3 buah ukuran besar
4)CabeMerah 4 buah
5)DaunSup/ Seledri 2 tangkai
6)garamdan penyedap (boleh ditambahkan) secukupnya
7)Telur3butir
8)Minyakgoreng



          Cara mengolah:
1)CuciJamur Tiram dan pada iris seukuran empu jari
2)CabeMerah, Bawang putih dan garam digiling halus bersamaan
3)Daunsup serta bawang merah pada giling halus
4)Semuabahan dikocok/ diaduk dengan telur
5)setelahkembang adonan tambahkan jamur tiram
6)BahanLangsung digoreng/didadar

4.dua.lima.Masakan Mie Jamur Tiram

          Bahan-bahan:
1)MinyakGoreng
2)Bawangmerah 1 buah besar
3)jamurTiram 0,5 ons
4)Daunsup/ sledri 1 tangkai
5)1buah tomat berukuran sedang
6)Garamdan penyedap (boleh ditambahkan) secukupnya
7)MieInstan 1 bungkus
8)Caberawit secukupnya



          Cara mengolah:
1)Cucijamur tiram dan pada iris-iris
2)Daunsup serta bawang merah pada iris-iris
3)Goreng/tumisirisan daun sup, bawang merah, tomat dan jamur
4)Setelahmatang diberi air secukupnya
5)tungguair mendidih masukkan mie instant serta bumbunya
6)tungguhingga matang dan iriskan cabe rawit
7)Miejamur siap dihidangkan

4.dua.6.Masakan Orak-Arik Jamur Tiram

   Bahan:
1). ½ kg Jamur tiram putih
2). 200 gr wortel
3). 2 Butir telur ayam
4). 10 gr bawang putih
5). 250 gram buncis
6). Garam, merica halus, gula pasir, serta penyedap                      rasa secukupnya
 
   Cara mengolah:
1). Jamur dicuci, kemudian pada iris-iris.
2). Wortel dikupas-kupas, dicuci serta di iris-iris kecil memanjang.
3). Buncis dicuci dan di iris-iris tipis
4). Wortel, fungi dan buncis dimasak beserta-              sama.
5). Campurkan telur, lalu diaduk sampai matang.
6).orak arik jamur tiram siap dihidangkan.
 

4.dua.7.Masakan Sop-Soun Jamur Tiram

   Bahan:
1). 200 gr jamur tiram putih
2). 1 Ons rebung
3). 2 Butir telur ayam
4). 4 siung bawang merah
5). 2 cabai merah akbar
6). ½ sdt paprika
7). 1 sdt sagu
8). 1 sendok teh asam cuka
9). 2 sendok makan minyak mentega
10). 1 kemasan penyedap (boleh dibubuhi)               kalduayam
11). Garam serta gula pasir secukupnya
  Cara mengolah:
1). Jamur tiram dicuci lalu di iris kecil-mini
2). Telur dikocok, campurkan garam, serta cuka.
3). Masukkan pada air kaldu ayam yg sudah               mendidih.
4). Diaduk supaya telurnya pecah, tambahkan cabai                     merah yang sudah pada iris-iris, rebung, dansop-un.
5). Campurkan sagu menjadi bahan pengental kuah                     masakan.
6). Sop-un Jamur tiram siap dihidangkan
 

4.2.8.Masakan Pepes Jamur Tiram

   Bahan:
1). ½ Kg fungi tiram putih
2). Dua-3 butir telur ayam
3). 2 ikat daun kemangi
4). 15 gram bawang putih, serta
5). Garam dan marica secukupnya
  



   Cara masak:
1). Bawang putih, merica, serta garam di tumbuk                         halus.
2). Jamur tiram di cuci, diiris tipis-tipis, kemudian                      dicampur kemangi, serta 3buah telur hingga rata.
3). Adonan dibungkus daun pisang.
4). Kemudian di kukus hingga matang.
5). Diangkat diatas api arang hingga daun pisang                       berwarna kegosongan, atau menyebabkan bau      sedap.



Comments