JIKA NAMAMU LALA ATAU LILI INI ARTINYA DALAM BAHASA INDONESIA

Arti nama Lala,Lalah, lila, serta Lili dalam Bahasa Indonesia


Kredo ‘Apalaharti sebuah nama’ sudah terkenal diseluruh dunia. Sering didengar sang kebanyakan orang.menjadi jurus jitu untuk menghindari pertanyaan: Boleh memahami siapan namanya?Menurut orang yag tidak dikenal. Juga menjadi jawaban bagi yang tidak inginmemberi memahami namanya kepada seseorang dengan aneka macam alasan.

Arti nama memangtidak otomatis berhubungan dengan orangnya. Mawar tetaplah merah meskipunnamanya bukan mawar. Mungkin seperti itu. Tetapi dewasa ini, bahkan semenjak dulukala, orang nir asal-asalan memberikan nama anak-anaknya. Pemberian namaseorang anak pasti berkaitan menggunakan 3 hal yaitu keturunan (nasab), pertanda,dan harapan.


Jika namamuadalah lala atau dipanggil lala maka terdapat dua arti yg ada dalambahasa Indonesia. Bisa dipandang pada Kamus Besar Bahasa Indonesia Pusat Bahasaedisi Keempat. Pada kamus terbitan tahun 2008, istilah lala ada padahalaman 775. Lala yg pertama merupakan nomina (istilah benda) yangberarti siput. Sementara kata lala yang ke 2 adalah verba(kata kerja) yang diteruskan pada istilah melala yang berarti berenangmenelentang. Pemilik nama lala seharusnya tidak mau jua dipanggil lalahatau namanya ditulis lalah karena makna istilah lalah dalamKamus Besar Bahasa Indonesia masih dalam istilah yg sama, ialah adalah sukamakan sebaranng makanan alias rakus.

Jika lala adalahbinatang atau hewan lebih tepatnya siput, maka lili berari tumbuhanlebih tepatnya bunga. Mungkin lebih baik seseorang anak diberi nama lili daripadanama lala. Kata lili dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia halaman827 dijelaskan menjadi nomina atau kata benda yang berarti tanamanhias yang asal dari cina atau jepang, bunganya berbentuk corong putih ataubergaris-garis merah tua, dikembangbiakkan melalui umbinya. Nama lilidiambil berdasarkan nama latinnya yaitu lilium longiflorum.

Jika ada orangbernama lila maka ada 3 kemungkinan makna. Yang pertama maknya adalahmeriam mini terbuat berdasarkan tembaga atau gangsa (perunggu). Makna yangkedua dari lila adalah rela. Kedua makna tadi pada KBBIdilabeli ark singkatan menurut arkais menandakan bahwa ke 2 katayang berarti tersebut suda jarang sekali digunakan bahkan cenderung punah.sementara makna yg ketiga, lila merupakan nomina (kata benda) yangberarti ungu belia.

Nama lala enakdidengar pada indera pendengaran. Nama lili selain lezat didengar pula bermakna latif,yaitu bunga. Sementara nama lila selain jua dipakai menjadi nama grupband, jua terasa lezat diucapkan serta didengar. Tetapi jangan lantas memberinama anak menggunakan nama lali. Kata lali dalam bahasa Indonesiabermakna lupa. Mungkin lezat didengar nama lali untuk seoranganak, namun sanggup jadi itu menjadi doa. Tentu orang tua nir ingin anaknyamenjadi pelupa atau pikun. Cukup ikan Dory saja yang pelupa (pada film FindingNemo serta film Finding Dory). Selain kredo apalah arti sebuah nama dalammasyarkaat juga sebagai doa.

Pemberian namaberkaitan menggunakan keturunan atau nasab selalu digunakan sang Suku Bangsa Batak.istilah lainny adalah marga. Ada marga Nasution, Silalahi, Pamuncak, danseterusnya. Sebagian warga Jawa pula memiliki ‘marga’. Biasanya keturunanorang-orang priyayi serta bangsawan. Dewasa ini, hampir semua orang tuamemberikan namanya di bagian akhir nama anaknya. Baik bangsawan atau tidak,bahkan orang-orang kecil kebanyakan pula melakukan hal itu. Hal itu dilakukanuntuk menampakan bahwa anak tersebut merupakan keturunan orang yangbersangkutan.

Ada lagipemberian nama yg unik yg diberikan sang seseorang tokoh. Yaitu KH. MustofaBisri. Seorang ulama berdasarkan Rembang Jawa Tengah yg akrab disapa Gus Mus. Kiaiyang menolak diangkat sebagai Rois Syuriah PBNU buat yg ke 2 kalinya inimerupakan anak dari Kiai Bisri Mustofa, pengarang kitab Al-Ibriz. Gus Mus punyaanak namanya Bisri Mustofa, sama menggunakan bapak Gus Mus. Gus Mus juga punya cucuyang namanya sama menggunakan nama dirinya. Bahkan ada kisah menarik yangdiungkapkan Gus Mus pada sebuah program bincang-bincang di televisi. Diamengisahkan saat dirinya dan keluarga berkunjung ke Amerika Serikat, sempattertahan lama di imigrasi bandar udara karena disangka main-main dengan paspor.namanya Mustofa Bisri, tiggal di Jalan Kiai Bisri Mustofa. Paspor anaknya BisriMustofa, sedangkan cucunya bernama Mustofa Bisri. Semuanya tinggal pada JalanBisri Mustofa.

Pemberian namajuga terdapat kalanya berkaitan dengan pertanda. Misalnya menunjukkan anak tersebutlahir di hari tertentu. Ada kisah dari seseorang dosen di Universitas Jember yangmenceritakan bahwa nama anaknya merupakan Rika. Nama rika  memberitahuakn anaknya tadi lahir pada HariKamis. Ada jua orang yg namanya merupakan Vivin Mige, nama Mige merupakanakronim menurut Minggu Wage berarti lahir dalam hari minggu pasaran wage(penanggalan jawa). Bahkan terdapat orang yang namanya terdiri dari 3 kata yangsemuanya merupakan akronim. Namanya adalah Senki Desta Galuh. Akronim dari SeninKliwon Desember Tiga Puluh. Berarti anak tadi lahir pada tanggal 30Desember dalam hari Senin Kliwon.

Ada pulapemberian nama merupakan pertanda berdasarkan sesuatu yg pernah dilakukan sang orangtuanya, galat satunya merupakan nama anak mantan presiden Republik Indonesiakedua. Hutomo Mandala Putra alias Tomy Soeharto. Nama Mandala disematkan karenasaat hamil oleh jabang bayi, Soeharto sedang melakukan operasi Mandala pada bumiPapua.

Ada juga yangmeberikan nama pada anaknya menggunakan harapan anaknya sinkron dengan nama yangdisematkan dalam dirinya. Pemberian nama ini sanggup menggunakan bahasa daerah,bahasa asing, ataupun bahasa Indonesia. Untuk masyarakat muslim, kebanyakannama yang dipakai berbahasa arab (sesuai bahasa Alquran) serta apabila laki-lakidiberi tambahan di depan Muhammad atau Ahmad. Sementara jikaperempuan diawali dengan nama Siti.

Bagi masyarakatJawa umumnya juga begitu. Ada nama Untung, Bejo, serta sebagainya. Tentu orangtuanya berharap oleh anak sanggup selalu menerima laba . Untuk nama bejo samaartinya dengan mujur alias selalu beruntung. Di seluruh global semuanya sepertiitu. Maka dari itu di dunia ada nama Bill Gates yang sanggup diterjemahkan JembatanUang pula terdapat Steve Jobs yang berarti banyak pekerjaan yg akhirnyabanyak penghasilan.

Ada juga CondolizaRice, wanita mantan menteri luar negeri Amerika yg pula berarti beras.Jadi sama saja nama menteri luar negeri berkulit hitam Amerika tersebutdengan orang Indonesia, khusunya jawa: Supantun. Sama-sama berarti beras.kebetulan di Amerika bahasa yg digunakan merupakan bahasa Inggris, maka untukmenyebut beras digunakan istilah rice. Sementara orang jawa menggunakannama supantun yang berasal berdasarkan akar istilah su dan pantun. Suberarti baik, dan pantun dalam bahasa Jawa adalah bahasa kromo darikata pari yang berarti padi. Jadi supantun berarti padi yg baik,maka sama menggunakan rice.


Comments