JENISJENIS VIRUS KOMPUTER

Sudah poly personal komputer milik orang yg terkena virus terutama yang bukan personal komputer personal (milik kita sendiri) misalnya warnet. Beberapa warnet telah ada yang mengantisipasi pengunjungnya akan memasukkan virus ke personal komputer itu dengan cara menginstall deepfreeze pada masing-masing komputernya. Tetapi poly pula warnet yg komputernya rusak karena terkena virus sebagai akibatnya harus install ulang berulang kali.

Masuknya virus personal komputer umumnya dilakukan oleh pemakai personal komputer tersebut. Cara pemasukkannya pun bhineka umumnya dikarenakan flashdisk yg sudah terjangkit virus dicolokkan ke personal komputer lain sehingga banyak personal komputer yg terkena virus. Tetapi ada pula orang yg sengaja menanam virus personal komputer tadi buat menghambat personal komputer yg terdapat di situ.
Pada artikel kali ini saya akan memberi sedikit ilmu pada anda tentang jenis-jenis virus personal komputer dan pengertiannya kepada anda. Mari kita simak yang di bawah ini.
Worm
Worm umumnya dapat menggandakkan dirinya sebagai poly seperti kebanyakan virus-virus personal komputer yg lainnya. Tidak misalnya kebanyakan jenis-jenis virus yang harus berada dalam sebuah file namun worm bisa membuatkan dirinya melalui jaringan LAN, internet, maupun WiFi. Efek dari worm akan membuat jaringan menjadi semakin terasa lambat serta peningkatan bandwith yang dikarenakan oleh worm. Worm pula bisa menghapus arsip, mengirim email, dan memasang sebuah backdoor.
Rootkit
Rootkit merupakan virus komputer yg sangat sulit buat dihapus juga bisa dideteksi. Itu dikarenakan rootkit bekerja menyerupai sistem personal komputer yang bekerja misalnya umumnya, para antivirus pun poly yg kesusahan buat mendeteksi rootkit lantaran menyerupai sistem komputer yang biasa saja. Rootkit ini akan menyembunyikan dirinya menurut antivirus maupun administrator(pengguna). Rootkit dapat menyelinap ke bagian OS serta akan mendapatkan hak administrator bila telah usang terjangkit.
Saat rootkit telah memperoleh hak administrator, umumnya beliau akan membarui beberapa arsip OS yg diinstall waktu ini serta beberapa aplikasi lainnya. Rootkit jua mampu dengan mudahnya menonaktifkan antivirus apabila telah memperoleh hak administrator. Cara mengatasinya yaitu dengan menginstall ulang OS.
Spyware
Spyware umumnya berbentuk aplikasi/acara yang diinstall ke pada personal komputer menggunakan biar administrator ataupun menyelinap membisu-membisu. Spyware bertujuan mengumpulkan kabar pribadi anda serta mampu mencuri password yang akan dikirim melalui remote machine pada sebuah pembuatnya.
Trojan (Trojan Horse)
Trojan horse umumnya tidak menggandakan dirinya namun menginstall ke personal komputer pengguna menggunakan cara berpura-pura sebagai pelaksanaan yang terpercaya sebagai akibatnya pengguna tidak akan curiga menggunakan pelaksanaan tersebut. Nama trojan horse asal menurut mitologi yunani yang pada waktu perang troya prajurit yunani bersembunyi di dalam kuda troya yang ditujukan sebagai darma kepada poseidon, namun para petinggi troya berkata bahwa kuda troya tersebut dianggap nir berbahaya dan diizinkan masuk ke benteng troya, tetapi ternyata kuda troya itu berisi prajurit yunani yang menyerang benteng troya tersebut.
Komputer yg telah terinfeksi trojan akan memungkinkan orang mengendalikan komputer anda melalui remote berdasarkan jeda jauh. Salah satu yg akan dimanfaatkan orang yg mengendalikan trojan tadi merupakan akan membuat komputer yg terinfeksi sebagai bagian dari botnet. Botnet adalah sekelompok personal komputer yg terkoneksi dengan internet dan umumnya akan mengirim spam ke internet, ataupun menyerang sebuah website menggunakan agresi DDoS.
Malware
Malware umumnya berbentuk aplikasi yg berbahaya dan akan mengancam sistem komputer dengan tujuan buat mengumpulkan data-data termasuk password, dan jua akan Mengganggu sistem personal komputer anda secara penuh.
Adware
Adware merupakan virus yang akan menampilkan iklan ke komputer anda secara rancu. Virus adware akan menampilkan iklan terus-menerus secara poly agar pemilik iklan tadi menerima banyak uang. Adware umumnya berbentuk perluasan toolbar dalam browser serta pula sanggup berbentuk sebuah aplikasi/program.
Rogue
Rogue sebenarnya sejenis menggunakan rootkit, namun bedanya rogue berbentuk pelaksanaan yang mirip misalnya antivirus. Antivirus tadi akan menampilkan aktivitas yang mirip misalnya antivirus umumnya misalnya umumnya serta akan memberikan peringatan palsu tentang adanya virus. Tujuan virus rogue ini merupakan supaya pengguna membeli antivirusnya dan penghasil virus rogue akan menerima uang, Rogue pula bisa membuka celah keamanan supaya virus-virus bisa masuk menggunakan leluasa karena rogue mendapatkan hak administrator dari pengguna.
Metamorphic virus
Virus jenis ini juga sulit dideteksi lantaran selalu mengganti pengkodean pada dirinya sebagai akibatnya membuatnya sulit buat dideteksi oleh antivirus.
Backdoor
Backdoor sanggup diartikan menjadi pintu belakang, merupakan pintu bagi para hacker buat mengendalikan komputer tadi serta dapat mengakses arsip-file penting di dalam komputer yang dikendalikan melalui remote. Backdoor umumnya ditanam oleh acara virus ataupun worm. Backdoor juga mendapatkan hak akses administrator sehingga akan memudahkan peretas memasukki personal komputer yang sudah ditanami backdoor. Jenis virus ini pula sulit dideteksi.
Untuk itu anda wajib hati-hati dalam browsing pada internet karena terkadang link download jua berisi virus, buat itu anda harus memasang antivirus pada personal komputer anda supaya tidak terjangkit virus.

Comments