ISTILAHISTILAH DALAM TASK MANAGER

Task Manager adalah pelaksanaan bawaan yang sudah ada di Windows dalam waktu pertama kali diinstall. Aplikasi ini kebanyakan digunakan buat mengakhiri proses yang berjalan (karena not responding) atau hanya sekedar mengawasi proses yg sedang berjalan. Namun bukan hanya itu kegunaan task manager, masih banyak lagi yg mampu kita lakukan seperti melihat penggunaan CPU, network, service, RAM, dan masih banyak lagi.

Jika komputer sedang macet lantaran terdapat suatu proses yg not responding, agan bisa eksklusif memanfaatkan Task Manager menggunakan menekan tombol CTRL + SHIFT + ESC serta End Task proses yg sedang not responding tersebut, kemudian personal komputer akan berjalan normal pulang. Ini merupakan galat satu model dari penggunaan task manager, namun coba sekali-kali lihat tab lain seperti tab performance, RAM, service, serta lebih kurang Anda akan gundah lantaran banyak istilah-kata aneh.
Di sini saya akan mengungkapkan beberapa istilah-istilah aneh yg ada pada task manager tadi, terutama dalam task manger milik Windows 8. Berikut ini merupakan istilah-istilah dalam task manager.
Pada bagian CPU

Pertama, kita akan membahas tentang istilah-istilah yg terdapat pada pada bagian CPU terlebih dahulu. Berikut merupakan penjelasannya.
Utilization - Utilization sanggup kita temukan pada tab performance, lalu ke CPU. Jika CPU utilization semakin tinggi, maka grafiknya pun ikut meningkat. Sebenarnya apa sih Utilization itu?, apabila utilization diartikan ke bahasa Indonesia maka akan berarti penggunaan, pemanfaatan. Jadi utilization itu membuktikan seberapa akbar penggunaan CPU, dan dalam umumnya utilization akan semakin tinggi jika personal komputer sedang dipakai buat pekerjaan berat misalnya 3D design, game berat, serta yang lainnya.
Speed - Menampilkan kecepatan CPU dalam waktu ini. Jika power settings diganti menjadi High Performance maka speed akan meningkat maksimum mendekati nomor Maximum speed, bila power settings diganti sebagai Battery Saver maka speed akan menurun buat berhemat penggunaan baterai.
Processes - Menampilkan jumlah semua proses yang sedang berjalan.
Threads - Threads mampu diibaratkan seperti acara kecil pada pada satu acara yang bekerja secara bersamaan. Beda thread maka beda jua pekerjaannya. Misalnya dalam browser, satu thread akan menangani sistem UI, thread lain menangani koneksi, thread lainnya menangani html, dan lain-lain.
Handles - Handles pada umumnya merupakan sumber daya milik sistem yg dipakai oleh acara. Ketika acara ingin mengakses asal daya sistem, seperti arsip atau koneksi jaringan, program tadi akan meminta asal daya tersebut pada OS. OS akan menyediakan kendali (handle) pada resources tadi.
Up time - Menunjukan lamanya komputer dinyalakan sejak komputer tersebut direstart.
Pada bagian memory

Bagian CPU sudah kita bahas, selanjutnya adalah bagian Memory. Memory pada sini bukan hanya RAM saja, tetapi juga mencakup memory yang lain misalnya impian memory. Berikut merupakan penjelasannya.
In use - Menampilkan jumlah RAM yang sedang digunakan sang proses, driver, dan sistem operasi.
Available - Menampilkan jumlah RAM yg bisa pada isi oleh data.
Commited - Menampilkan jumlah virtual memory yang sedang dipakai.
Cached - Jumlah menurut standby serta modified.
Paged pool - Memori yang dialokasikan pada kernel mode buat komponen yg terdapat pada dalam kernel mode, driver, serta lain-lain, pula bisa dipindahkan ke commited memory apabila RAM fisik sedang penuh.
Non-paged pool - Memori yg dialokasikan dalam kernel mode buat komponen yang ada pada pada kernel mode, driver, dan lain-lain. Bedanya dengan paged pool, memory ini tidak mampu dipindahkan ke dalam commited memory, sebagai akibatnya akan selalu berjalan di RAM fisik.
Modified - Jika Anda tidak melihat tulisan modified pada gambar yg aku berikan itu masuk akal karena goresan pena tersebut akan timbul apabila kita menaruh kursor di bagian Memory composition. Modified adalah memory yg isinya harus dipindahkan ke disk sebelum bisa dipakai buat tujuan lain.
Standby - Memory yang berisi data cache serta kode yg sedang nir digunakan.
Pada bagian disk

Disk yg dimaksud disini bukan hanya harddisk, namun juga SSD. Di task manager, pilihan menu disk ini bermanfaat buat memonitor penggunaan disk serta melihat performa disk.
Active time - Merupakan persentase ketika yang dihabiskan dalam waktu harddisk read atau write ke disk fisik seperti harddisk, flashdisk, dll.
Average response time - Waktu respons rata-homogen yg dilakukan oleh harddisk. Pada biasanya average response time ini akan semakin tinggi jika active time ikut meningkat.
Read speed - Read speed yg dilakukan oleh disk.
Write speed - Write speed yg dilakukan oleh disk.
Apa itu read serta write pada disk?

Jika Anda belum mengerti read dan write, read adalah situasi dimana harddisk sedang membaca data pada disk, contohnya adalah dalam waktu loading game, sedangkan write merupakan situasi dimana harddisk sedang menulis data pada disk, contohnya merupakan mengcopy file ke disk.

Pada bagian jaringan (Wi-Fi, Ethernet)

Akhirnya sudah sampai ke bagian jaringan. Di bagian jaringan ini mencakup Wi-Fi, Bluetooth, Ethernet, serta lain-lain. Berikut merupakan istilah pada task manager serta penjelasannya.
Send - Menampilkan kecepatan data yg dikirim ke luar personal komputer , lebih simpelnya lagi merupakan upload speed.
Receive - Menampilkan kecepatan data yang diterima dari luar personal komputer ke pada komputer, lebih simpelnya lagi merupakan download speed.
Istilah lainnya
Bukan hanya di tab performance, di bagian lain juga terdapat istilah yg mungkin belum Anda ketahui seperti di bawah ini.
PID - Merupakan singkatan menurut Process ID, menampilkan id proses menggunakan angka yang unik. Setiap proses mempunyai PID yang berbeda-beda.
End task - Digunakan untuk menghentikan suatu proses yang sedang berjalan.
End process tree - Hampir mirip menggunakan end task, tetapi perbedaanya merupakan end process tree akan menghentikan seluruh proses yg berkaitan dengan proses yg di-end process tree tersebut.
Create dump arsip - Biasa dipakai sang programmer buat mengetahui dan memperbaiki bug dalam aplikasi tadi. Jika suatu proses terhenti tiba-tiba, maka Windows akan menanyakan buat mengirim dump arsip ke developer aplikasi tadi, jika kita mengklik OK, maka proses yang terhenti dengan tiba-tiba tadi akan dibuat dump filenya dan dikirim ke developer aplikasi tadi buat diperbaiki masalahnya.
Set priority - Dipakai buat mengatur prioritas suatu proses.
Set affinity - Pilihan ini jarang digunakan serta biasanya buat developer dalam mendebug aplikasinya. Set affinity bermanfaat buat memaksa program supaya berjalan menggunakan processor core yang dipilih saja.
Analyze wait chain - Ini merupakan tool spesifik buat menangani proses yang not responding. Ini akan membantu dalam menemukan proses yang menyebabkan proses tersebut sebagai hang atau not responding.
Debug - Biasanya dipakai sang developer dan dipakai buat mendebug atau mengatasi bug suatu aplikasi.
Sekarang Anda sudah mengerti tentang istilah-istilah pada task manager, sebenarnya masih banyak istilah lain namun hanya ini yg bisa aku tulis waktu ini. Semoga artikel ini bermanfaat.

Comments