IDENTIFIKASI KEBUTUHAN DIKLAT DI BBPISEMARANG

Suatu organisasi/institusi hanya bisa berkembangdan hidup terus,bilamana organisasi tersebut selalu tanggap terhadap perubahanlingkungan teknologi dan ilmu pengetahuan. 

Tantangan dan kesempatan bagi suatuorganisasi baik menurut dalam juga menurut luar begitu rumit, karenanya organisasiharus selalu menyesuaikan tenaga kerjanya, dengan membekali energi kerjanyadengan banyak sekali pengetahuan dan ketrampilan melalui program pengembangan sumberdaya insan (SDM). 


BBPI,Semarang Mengadakan pelatihanIdentifikasi Kebutuhan Diklat.kegiatan ini diikuti sang pegawai BBPI,Semarangdan Nara Sumber Dari Badan Kepegawaian Nasional ( BKN ).

Menurut Harun Arsyad Salah satuNara asal Mengatakan Bahwa analisa Kebutuhan Tentang DIKLAT merupakan Hak PNSyang tertuang pada UU NO 5 Tahun 2014 Tentang ASN ( Aparatur SipilNegara ).


Pengembangan SDM dilakukan supaya bisa memberikan hasil yang sesuai dengantujuan dan sasaran organisasi, menggunakan standar kinerja yang telah ditetapkan(Kompetensi). Kompetensi menyangkut kewenangan setiap individu buat melakukantugas atau mengambil keputusan sesuai menggunakan perannya pada organisasi yangrelevan dengan keahlian, pengetahuan dan kemampuan yang dimiliki. 

Kompetensiyang dimiliki karyawan secara individual harus sanggup mendukung pelaksanaanstrategi organisasi serta mampu mendukung setiap perubahan yg dilakukanmanajemen. 

Dengan kata lain kompentensi yang dimiliki paling individu dapatmendukung sistem kerja menurut tim.pengembangan SDM adalah usaha -usahauntuk menaikkan kemampuan para karyawan/pegawai buat menangani beranekatugas dan buat mempertinggi kapabilitas pada luar kapabilitas yang dibutuhkanoleh pekerjaan waktu ini.pengembangan SDM menguntungkan organisasi dan individu.para karyawan/pegawai dan pimpinan yg mempunyai pengalaman serta kemampuan yangsesuai bisa menaikkan daya saing organisasional dan kemampuan untuk menyesuaikandiri menggunakan lingkungan yg berubah.

Sesungguhnya tujuan latihan atau tujuanpengembangan pegawai yg efektif, adalah buat memperoleh tiga hal yaitu :
1) menambah pengetahuan
2) menambah ketrampilan
3)merubah sikap


Semoga Untuk kedepan kebutuhan DIKLAT untukpegawai BBPI,Semarang dapat direalisasikan.apalagi dalam saat dekat banyakpara Pegawai BBPI,Semarangyang memasukimasa purna tugas.sebelum para pegawai memasuki masa Purna Tugas Transferteknologi dirasa sangat perlu.

Comments