EKSPOSE SEKOLAH MODEL SPMI

Salah satu rencana yg harus dilaksanakan dalam program Sekolah Model SPMI yang diselengggarakan oleh LPMP adalah ekspose kegiatan sekolah contoh pada tingkat kabupaten serta propinsi. Kegiatan ekspose dilaksanakan di akhir acara sekolah contoh, disaat semua siklus SPMI sudah dilaksanakan sang sekolah yang ditunjuk buat menjadi Sekolah Model SPMI. 

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, istilah `ekspose` mengandung arti pernyataan (pengungkapan, penyingkapan) secara formal tentang suatu fenomena. Dalam hubungannya menggunakan sekolah contoh, ekspose sekolah contoh dapat didefinisikan sebagai bentuk pengungkapan  kegiatan yang telah dilaksanakan oleh sekolah contoh SPMI pada bentuk pameran. Hal yg diperlihatkan dalam pameran /ekspose SPMI adalah segala dokumen output aktivitas SPMI pada sekolah yg berupa dokumen tertulis serta foto/video kegiatan SPMI. Tujuan ekspose merupakan pertanda atau mengungkapkan kegiatan SPMI di sekolah contoh kepada fihak yang berkepentingan (Pemerintah, Dinas Pendidikan, sekolah juga masyarakat) dan selanjutnya dibutuhkan fihak-fihak yg berkepentingan dapat mendorong diterapkannya SPMI di semua satuan pendidikan di wilayahnya.

Sebelum pelaksanaan ekspose, LPMP selaku penanggungjawab program sekolah  akan melaksanakan workshop persiapan ekspose bagi semua sekolah yg ditunjuk sebagai sekolah contoh. Peserta yag ikut sebesar dua orang berdasarkan setiap sekolah contoh. Materi yang diajarkan diantaranya : pembuatan profil sekolah, pembuatan video tayangan, pembuatan bosur, pamplet, news letter, dll. 

Agar aplikasi sekolah contoh berjalan menggunakan lancar dan tujuan ekspose bisa tercapai, diharapkan persiapan yang baik. Persiapan berupa bahan yang akan ditampilkan dan persiapan lain misalnya petugas penunggu stan, porto, dlll. Bahan-bahan yg harus dipersiapkan diantaranya:

  1. Dokumentasi kegiatan SPMI yang disimpan dalam ordner. Diperlukan sekurangnya 5 ordner yang dipergunakan buat menyimpan dokumen daur SPMI yaitu : 1) Pemetaan Mutu, 2) Perencanaan Pemenuhan mutu, 3) Pelaksanaan Pemenuhan Mutu, 4) Audit Mutu/Monev, 5) strategi peningkatan mutu sekolah
  2. Profil Sekolah yg didalamnya berisi informasi mengenai kondisi sekolah serta narasi pelaksanaan SPMI di sekolah
  3. Newsletter yg berisikan berita tentang aktivitas pelaksanaan kegiatan SPMI pada sekolah model
  4. Pamplet, banner yg berisi kabar mengenai kegiatan SPMI pada sekolah
  5. Bahan tayang video tentang SPMI, serta lain-lain.

Comments