DISKUSI CANTRANG OLEH PERIKANAN UGM

DISKUSI CANTRANG OLEH PERIKANAN UGM - Diskusi Cantrang Departemen Perikanan UGM pada Tanggal 22 Januari 2018. Permasalahan akan cantrang telah membuat publik mulai bertanya tanya apa itu sebenarnya cantrang. Bahkan catrang Sampai masuk ke areal politik serta saat ini akedimisi akedimisi tak tinggal membisu menggunakan perseteruan yang terdapat.

Salah satu yang gencar dalam menanggapi permasalahan cantrang adalah Pengamat CARA FLEXI, Ir. Sukardi MP,  Dia menyampaikan bahwa peraturan menteri KKP mengenai pelarangan cantrang dilakukan buat upaya perlindungan. 

Namun, menggunakan diperbolehkannya cantrang ini akan mengakibatkan upaya konservasi sulit dilakukan apalagi buat perairan bagian utara Jawa. “Di Pantura,  indera tangkap nelayan adalah cantrang,” ucapnya.

DISKUSI CANTRANG OLEH PERIKANAN UGM

Dengan adanya polemik polemik tersebut maka UGM sebagai galat satu universitas ternama mengawali diskusi cantrang buat memberikan rekomendasi kepada pemerintah demi kemajuan pada sektor CARA FLEXI

Catatan hasil diskusi

1. Penangkapan ikan dengan memakai cantrang sudah lama dilakukan oleh nelayan mulai lebih kurang tahun 1970an, khususnya pada Pantai Utara Jawa.

2. Apabila mengacu pada standar cantrang yang tertuang pada SNI serta FAO serta mengacu pada jalur yg telah ditetapkan, maka tidak ada perkara dalam penggunaan indera tangkap cantrang, lantaran masuk pada kategoi ramah lingkungan.

3. Perkembangan teknologi telah mendorong terjadinya modifikasi khususnya dalam penggunaan energi mesin sebagai pengganti tenaga manusia dalam penarikan (hauling), panjang tali salembar, bukaan lisan cantrang dan ukuran jaring pada kantong, dan lemahnya penegakan aturan mengakibatkan indera tangkap cantrang sebagai kurang ramah lingkungan 

4. Secara nasional, persentase jumlah penggunaan indera tangkap cantrang nisbi kecil dibandingkan dengan alat tangkap yang lain, namun demikian di Pantai Utara Jawa persentasenya akbar, 

sehingga memberikan donasi produksi ikan yg besar . Hasil tangkapan cantrang baik ikan sasaran atau bukan target, sudah menaruh manfaat yang besar bagi nelayan sendiri, industri pengolahan, baik industri kecil juga industri akbar.

5. Alat tangkap cantrang telah sebagai alat tangkap primer khususnya bagi nelayan di Pantai Utara Jawa,  yg melibatkan banyak pihak dan memiliki multiplier effect  yang cukup luas, mulai berdasarkan penyerapan tenaga kerja yg cukup besar (nelayan, buruh pelabuhan, tukang angkut ) yg terlibat menurut hulu hingga ke pengolah dan pengguna akhir. 

Pelarangan cantrang, yg pada awalnya bertujuan untuk kelestarian sumbrdaya ikan, namun telah menaruh pengaruh negatif terhadap perekonomian serta keresahan sosial yang relatif luas.

Rekomendasi

1. Peninjauan pulang terhadap pelarangan cantrang yg didasarkan atas kajian ilmiah secara mendalam serta komprehensif terhadap aspek teknis, aspek lingkungan, dan aspek sosial ekonomi. 

Kajian komprehensif terkait imbas kebijakan perikanan terhadap pelaku usaha, pada sisi hulu, tengah serta hilir perlu dilakukan segera untuk solusi terbaik atas permasalahan sistem bisnis perikanan

2. Perlu dilakukan pengaturan kembali penggunaan indera tangkap cantrang, yg menyangkut standardisasi, spesifikasi alat, jalur penangkapan dan regulasi operasionalnya. Pelarangan penggunaan cantrang secara total belum menjadi pilihan terbaik buat waktu ini.


Untuk Lebih Lengkap Tentang Beberapa alat Tangkap Ikan yang di Gunakan nelayan Bisa di baca juga



Comments