DEWI YUNANI ATHENA DEWI KEBIJAKSANAAN PEPERANGAN DAN KERAJINAN TANGAN

Dalam mitologi Yunani, Athena merupakan dewikebijaksanaan, peperangan, dan kerajinan tangan. Dia menduduki peringkatsebagai anak favorit Zeus serta galat satu ilahi 12 dewa paling bertenaga. MeskipunAthena disembah pada poly kota, orang Atena menganggapnya menjadi pelindung khususmereka dan menamai kota mereka sesudah beliau. Banyak penguasa mencarikebijaksanaannya baik pada pemerintahan maupun militer. Orang Romawi memanggilnyaMinerva.
Seperti Artemis (Diana), dewi perburuan,Athena adalah dewi perawan. Tidak seperti Artemis, dia tidak menolak pria.athena mengambil bagian aktif dalam kehidupan poly pahlawan serta menikmatikeberanian mereka pada pertempuran. Situs wikipedia : //id.wikipedia.org/wiki/Athena_(mitologi)
KehidupanAthena

Athena merupakan putri Zeus dan Titan Metis,yg dikenal karena pengetahuan dan kebijaksanaannya. Metis sudah berusaha menghindarikemajuan Zeus menggunakan mengganti dirinya menjadi binatang yg berbeda, namuntaktiknya gagal, dan beliau hamil. Zeus belajar menurut nubuat bahwa Metismengharapkan seseorang gadis. Nubuat pula meramalkan bahwa bila Metis serta Zeusmemiliki anak pria, anak pria itu akan menggulingkan ayahnya saat diadewasa, seperti Zeus telah menggulingkan ayahnya. Untuk melindungi dirinya darikemungkinan ini, Zeus menelan Metis selesainya beliau mengubah dirinya menjadi seekorlalat. Beberapa asal berkata bahwa Zeus melakukan ini terutama karena diaingin memiliki semua kebijaksanaannya.
Waktu berlalu dan suatu hari Zeus mengalamisakit kepala yg mengerikan. Dia menangis kesakitan, menyampaikan bahwa diamerasa seolah-olah seorang pejuang menusuknya berdasarkan pada dengan tombak.hephaestus (Vulcan), ilahi pengerjaan logam, akhirnya mengerti apa yg salahdan membelah kepala Zeus terbuka dengan kapak. Athena melompat keluar,benar-sahih dewasa serta mengenakan baju besi. Dengan seluruh ini, beliau merupakan anakperempuan yang patuh. Zeus cenderung memanjakan Athena, yang dalam ketika membuatdewa-yang kuasa lain cemburu dan murka .
Sang dewi aktif pada kehidupan banyakpejuang, raja, dan pahlawan. Dia memberi Bellerophon kekang ajaib yg memungkinkannyamenaiki Pegasus (kuda bersayap). Dia memperlihatkan penghasil kapal Argus bagaimanamembangun kapal ajaib buat Jason dan lalu melindungi kapal dalamperjalanannya. Dia membantu Perseus membunuh monster Medusa. Dia mendukungHercules melalui 12 pekerja tadi.
Athena jua berperan dalam Perang Troya. Diaadalah satu berdasarkan tiga dewi yg ikut pada kontes kecantikan yang menyebabkanperang. Selama permasalahan, beliau bertempur di sisi orang-orang Yunani, mengilhamiOdiseus dengan gagasan mengenai kuda kayu, dan lalu membantunya balik kerumah.
Sebagai dewi kerajinan tangan, Athenamenciptakan banyak barang berguna, seperti roda potter, vas bunga, tali kekangkuda, kereta, dan kapal. Dia adalah pelindung arsitek serta pematung serta penemuangka serta matematika, yang tentu saja menghipnotis poly aspek peradaban.athena menaruh minat khusus dalam pekerjaan pertanian, memberi petani penggaruk,bajak, serta kuk serta mengajari mereka cara menggunakan sapi buat memasak ladangmereka. Selain itu, beliau membantu perempuan menggunakan membangun pemintalan danpertenunan.
Athena bahkan mencoba indera musiknya. Diamenciptakan seruling itu untuk meniru ratapan Gorgons waktu Medusa terbunuh.namun, waktu dewi melihat pantulannya memainkan indera musik baru ini denganpipinya yg terengah-engah, beliau merasa jijik dengan penampilannya. Diamelemparkan seruling itu serta mengutuk orang pertama yg mengambilnya. Marsyussatyr melakukannya serta mengalami konsekuensinya saat beliau menantang Apollo untukmengikuti kontes musik. Beberapa asal mengatakan bahwa Athena membuangseruling itu lantaran yang kuasa lainnya menertawakannya lantaran terlihat sangatkonyol.
Meskipun demikian, dalam kebijaksanaannya,Athena pada umumnya merupakan seorang dewi yg baik hati. Dia mempromosikanpemerintahan yg baik, menjaga kesejahteraan raja-raja yg meminta bimbingandan nasihat pejabat pemerintah. Athena merupakan dewi keadilan yg digerakkanoleh belas kasihan. Karyanya membuat Athena diadili oleh dewan juri.
Seperti tuhan-yang kuasa lainnya, Athena tidakmenoleransi kurangnya rasa hormat. Dia mengarahkan Arachne ke keuntungan-laba setelahArachne membual bahwa beliau mampu berputar lebih terampil daripada Athena. Diajuga membutakan Tiresias waktu dia kebetulan berada pada sungai loka dia mandidan melihatnya telanjang. Karena kesalahannya adalah kebetulan, dia melunakkanhukumannya dengan memberinya karunia nubuat.
Artikel Selanjutnya : PlatoN dan Paramita Buddha


Comments