DEFINISI LISTRIK DAN SIAPA PENEMU LISTRIK PERTAMA KALI

Apa yg dimaksud dengan listrik serta siapa yg menemukan listrik pertama kali di dunia?
Energi Listrik dalam masa sekarang ini adalah suatu tenaga yg sangat penting, bahkan bisa dikatakan Energi Listrik sudah menguasai seluruh aspek kehidupan manusia.
Mengenal besarnya manfaat menurut Energi Listrik
Dari mulai bangun pagi sampai tidur pada malam hari, bahkan ketika tertidur pun kita membutuhkan energi listrik.
Energi listrik kita gunakan buat Lampu penjelasan, pendingin ruangan, pemanas, Lemari es, Menyalakan Televisi, radio, Ponsel, setrika, mengolah serta aneka macam alat-alat listrik lainnya.
Baik itu tenaga listrik Arus bolak – pulang atau AC (Alternating Current) maupun listrik arus searah atau DC (Direct Current).
  • Listrik AC (Alternating Current)
Energi listrik yang biasa kita pakai di perumahan , perkantoran , Perusahaan adalah listrik arus bolak-pulang atau listrik AC (Alternating Curent), baik itu yg disediakan oleh perusahaan listrik negara (PLN) maupun yang dihasilkan dari pembangkit listrik atau generator perseorangan / Perusahaan.
  • Listrik DC (Direct Current)
Listrik arus searah atau Listrik DC (Direct Current) merupakan listrik yang kita gunakan menurut sebuah Batere, Power supply DC, Adaptor, dan lainnya.
Bayangkan , jika satu hari saja global ini tanpa tenaga listrik, apa yg akan terjadi?
Tanpa tenaga listrik, segala sistem komunikasi di global akan lumpuh, suasana akan menjadi hening, ruang–ruang perkantoran akan menjadi panas, Takkan terdapat yang betah tidur pada sebuah kamar Hotel yang panas, persediaan makanan sebagai rusak atau basi meski pada dalam lemari es, seluruh media liputan elektro seperti televisi, radio, internet tak bisa mengudara. Pada malam hari global akan sebagai sangat gelap. Sistem pertahanan, pemerintahan, usaha, usaha , pabrik , akan lumpuh dan terhenti, Begitu besarnya dampak Energi listrik sudah menguasai semua sudut penjuru dunia.

Lalu apa sebenarnya yg dimaksud dengan Listrik?

Definisi Listrik:

Definisi Listrik berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)
Listrik merupakan Suatu energi atau daya yg muncul menurut proses terjadinya suatu goresan atau lantaran sebab lain misalnya proses kimia.
Dari hal diatas bisa disimpulkan bahwa listrik adalah suatu tenaga yang dihasilkan dari 2 jenis proses, pertama listrik yang didapatkan dari pergesekan 2 benda atau lebih, dan yang kedua karena adanya proses kimia yang menghasilkan listrik.
Definisi listrik dalam ilmu fisika
Listrik dalam ilmu Fisika terbagi sebagai 2 jenis, yaitu :
  • Listrik Statis
Listrik Statis merupakan suatu energi yang terkandung dalam suatu benda, Listrik Statis terbentuk dari beberapa atom yang bermuatan Positif (Proton) serta muatan Negatif (Elektron) yang lalu membentuk Listrik.
  • Listrik Dinamis
Listrik Dinamis merupakan Energi listrik yang bisa bergerak, listrik dinamis memakai media misalnya batere dan dihubungkan pada rangkaian elektro, baik itu secara rangkaian paralel juga rangkaian seri.
Siapa orang yg pertama kali menemukan Listrik?
Penemu Listrik.
Jika kita berbicara tentang siapa penemu Listrik, mungkin tidak dapat dijawab secara pasti.
Hal ini disebakan karena definisi Listrik yang sangat luas, misalnya halnya Petir yang pula mempunyai energi listrik,
Lalu siapa yang menemukan Listrik yg terdapat pada sambaran Petir?
Namun bila kita berbicara mengenai tenaga listrik yg waktu ini poly kita pakai, yaitu tenaga listrik arus bolak-balik atau listrik AC (Alternating Current) yang pada umumnya dihasilkan dari sebuah pembangkit listrik atau Generator listrik.
Hal ini tidak tanggal menurut prinsip Gaya mobilitas listrik serta induksi magnetik, lantaran sebuah generator pembangkit listrik mempunyai prinsip kerja secara dasar yaitu memakai prinsip induksi magnetik serta gaya gerak listrik buat membentuk tenaga listrik Arus bolak-balik atau Listrik AC (Alternating Current).
Jika kita berbicara mengenai listrik yg didapatkan berdasarkan sebuah indera pembangkit listrik atau generator, maka Penemu listrik pertama kali adalah Michael Faraday.
Michael Faraday dalam tahun 1831 - 1832 berhasil menemukan bahwa medan magnet dapat diubah sebagai arus listrik.
Michael Faraday

Michael Faraday merupakan seseorang Ilmuwan berkebangsaan Inggris, dia lahir dalam 22 September 1791 pada Newington Butts, Inggris, serta tewas pada Pengadilan Hampton, Middlesex, Inggris, 25 Agustus 1867 pada umur 75 tahun.
Michael Faraday dijuluki menjadi “Bapak Listrik”, karena penemuannya mengenai listrik yang didapatkan berdasarkan gelombang elektromagnetis, dan Listik inilah yang saat ini poly kita gunakan.
Berawal dari penemuan seorang ilmuwan berkebangsaan Denmark bernama Hans Christian Oersted yg pertanda bahwa Listrik dapat membuat Medan Magnet.
Melalui percobaan sebuah Kawat logam yang dililit suatu penghantar dan dialiri listrik yang bersumber menurut batere, kemudian di sekitar dawai / logam yg berarus listrik tadi masih ada medan magnet .
Lalu Michael Faraday mempunyai pemikiran bahwa jika energi listrik dari sebuah batere dapat diubah menjadi medan magnet, maka kebalikannya Medan magnet juga dapat diubah menjadi tenaga listrik.
Melalui aneka macam percobaan, menggunakan menggunakan Medan magnet tetap, dan sebuah Kumparan penghantar yg kedua ujung kumparan tadi dihubungkan dalam sebuah alat ukur listrik (Galvanometer). Kemudian jika magnet digerakkan menjauhi serta mendekati kumparan, menimbulkan pergerakan pada jarum ukur Galvanometer.
Pergerakan jarum dalam alat ukur tersebut mengambarkan bahwa konvoi medan magnet di dalam suatu kumparan bisa membuat arus listrik.
Hal inilah yang kemudian disebut menggunakan gaya gerak listrik (GGL).
Listrik arus bolak-balik atau Listrik AC dihasilkan berdasarkan sebuah penghantar yang berkiprah memotong suatu medan magnet.
Sekitar tahun 1831 - 1832, Michael Faraday berhasil menemukan sebuah inovasi terbesar pada global, yaitu Listrik. Melalui penemuannya yang mengungkap bahwa Listrik bisa dihasilkan berdasarkan gerakan suatu penghantar melintasi atau memotong medan magnet.
Dan melalui penemuan Michael Faraday inilah, lalu dikembangkan sebagai penemuan pembangkit listrik atau Generator listrik yg waktu ini poly kita pakai.
Demikianlah sedikit penjelasan tentang apa itu listrik serta siapa penemu listrik pertama kali.
Semoga Artikel tentang Listrik ini dapat menaruh tambahan pengetahuan serta fakta yg bermanfaat bagi kita seluruh !
CARA FLEXI
Dikutip dari berbagai sumber

Comments