DAFTAR KI KD KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR BAHASA INDONESIA SMP/MTS KELAS 7 VII
Apabila dalam Kurikulum 2006 (KTSP) dikenal istilah Standar Kompetensi (SK) dan Kompetensi Dasar (KD), maka pada Kurikulum 2013 (KTSP) kata yg digunakan adalah KI (Kompetensi Inti) serta KD (Kompetensi Dasar), alias KI serta KD.
Perbedaannya lagi adalah, bila dalam KTSP nomor KD seuai menggunakan urutan SK ad interim pada K13 angka KD ada 2 jenis, yaitu yg diawali menggunakan nomor 3, terdapat juga yang diawali menggunakan nomor 4. Jadi, terdapat KD 3.1 serta 4.1. Keduanya (KD tiga.1 dan 4.1) adalah satu kesatuan yg nir sanggup dipisahkan. Kepala 3 mengindikasikan bahwa inti pelajaran tadi adalah pengetahuan, sementara ketua 4 menandakan bahwa ini pelajaran tersebut terletak pada aspek keterampilan.
Untuk lebih jelasnnya silakan simak serta download daftar KI dan KD pelajaran Bahasa Indonesia buat SMP/MTs berikut ini.
KI KD yang masih ada pada sini merupakan KI serta KD mata pelajaran Bahasa Indonesia untuk kelas 7 Sekolah Menengah pertama/MTs
KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR BAHASA INDONESIASMP/MTs KELAS VII
Tujuan kurikulum mencakup empat kompetensi, yaitu (1)kompetensi sikap spiritual, (2) perilaku sosial, (3) pengetahuan, serta (4)keterampilan. Kompetensi tadi dicapai melalui proses pembelajaranintrakurikuler, kokurikuler, dan/atau ekstrakurikuler.
Rumusan Kompetensi Sikap Spiritual, yaitu “Menghargai danmenghayati ajaran agama yg dianutnya”. Adapun rumusan Kompetensi SikapSosial, yaitu “Menunjukkan konduite jujur, disiplin,tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, dan percaya diridalam berinteraksi secara efektif menggunakan lingkungan sosial serta alam dalamjangkauan pergaulan serta keberadaannya”. Kedua kompetensi tadi dicapaimelalui pembelajaran tidak eksklusif (indirect teaching), yaitu keteladanan,pembiasaan, dan budaya sekolah menggunakan memperhatikan karakteristik matapelajaran dan kebutuhan serta kondisi peserta didik.
Penumbuhan dan pengembangan kompetensi perilaku dilakukansepanjang proses pembelajaranberlangsung serta bisa digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkankarakter peserta didik lebih lanjut.
Kompetensi Pengetahuan dan Kompetensi Keterampilandirumuskan menjadi berikut.
3. Memahamipengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingintahunya mengenai ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dankejadian tampak mata
4. Mencoba, memasak, serta menyaji dalam ranahkonkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, serta membuat) dan ranahabstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, serta mengarang) sesuai denganyang dipelajari di sekolah serta asal lain yg sama pada sudut pandang/teori
KOMPETENSI DASAR
3.1 Mengidentifikasi keterangan dalam teks pelukisan mengenai objek (sekolah,loka wisata, loka bersejarah, serta atau suasana pentas seni daerah) yangdidengar dan dibaca
4.1 Menjelaskan isiteks pelukisan objek (tempat wisata,loka bersejarah, pentas seni wilayah, kain tradisional, dll) yang didengar dandibaca secara ekspresi, tulis, serta visual
3.dua Menelaahstruktur dan kebahasaan dari teksdeskripsi mengenai objek (sekolah, tempat wisata, loka bersejarah, dan⁄atausuasana pentas seni daerah) yang didengar serta dibaca
4.2 Menyajikandata, gagasan, kesan dalam bentuk teks pelukisan tentang objek (sekolah, tempatwisata, loka bersejarah, dan⁄atausuasana pentas seni daerah) secara tulisdan verbal menggunakan memperhatikan struktur, kebahasaan baik secara mulut maupuntulis
3.3 Mengidentifikasi unsur-unsur teksnarasi (cerita imajinasi) yang dibaca dan didengar
4.3 Menceritakankembali isi teks narasi (cerita khayalan) yang didengar dan dibaca secaralisan, tulis, dan visual
3.4 Menelaahstruktur dan kebahasaan teks narasi (cerita khayalan) yang dibaca serta didengar
4.4 Menyajikangagasan kreatif dalam bentuk cerita imajinasi secara lisan serta tulis denganmemperhatikan struktur, penggunaan bahasa, atau aspek verbal
3.5 Mengidentifikasi teks mekanisme mengenai cara melakukan sesuatu serta cara membuat (cara memainkan indera musik/tarian wilayah, caramembuat masakan spesial daerah, dll.) menurut aneka macam sumber yg dibaca dan didengar
4.lima Menyimpulkan isiteks prosedur tentang cara memainkan indera musik daerah, tarian wilayah, caramembuat cinderamata, serta/atau kulinerkhas daerah) yang dibaca dan didengar
3.6 Menelaahstruktur serta aspek kebahasaan teksprosedur mengenai cara melakukan sesuatu serta cara membuat (cara memainkan alatmusik/tarian wilayah, cara menciptakan kuliner khas daerah, dll.) menurut aneka macam sumber yg dibaca serta didengar
4.6 Menyajikan data rangkaian aktivitas ke pada bentuk teks mekanisme (mengenai caramemainkan indera musik daerah, tarian wilayah, cara membuat cinderamata, dll) denganmemperhatikan struktur, unsur kebahasaan, serta isi secara mulut dan tulis
3.7 Mengidentifikasi kabar menurut teks laporan hasil observasi berupa buku pengetahuan yg dibaca atau diperdengarkan
4.7 Menyimpulkanisi teks laporan hasil observasi berupa kitab pengetahuan yang dibaca dandidengar
3.8 Menelaah struktur, kebahasaan, dan isi teks laporanhasil observasi yang berupa buku pengetahuan yang dibaca ataudiperdengarkan
4.8 Menyajikan rangkuman teks laporan output observasi yangberupa kitab pengetahuan secara verbal dantulis dengan memperhatikan kaidah kebahasaan atau aspek verbal 3.9 Menemukan unsur-unsur menurut buku fiksi serta nonfiksi yg dibaca
4.9 Membuat petapikiran/sinopsis mengenai isi buku nonfiksi/buku fiksi yang dibaca
3.10 Menelaahhubungan unsur-unsur pada buku fiksidan nonfiksi
4.10 Menyajikantanggapan secaralisan, tulis, serta visualterhadap isi kitab fiksi/nonfiksi yangdibaca
3.11 Mengidentifikasi keterangan(informasi, keperluan, permintaan, serta/atau permohonan) berdasarkan surat langsung dansurat dinas yang dibaca dan didengar
4.11 Menyimpulkan isi(berita, keperluan, permintaan, dan/atau permohonan) surat langsung dan suratdinas yang dibaca atau diperdengarkan
3.12 Menelaahunsur-unsur dan kebahasaan dari surat eksklusif serta surat dinas yang dibaca dandidengar
4.12 Menulis surat(langsung serta dinas) buat kepentingan resmi dengan memperhatikan strukturteks, kebahasaan, dan isi
3.13 Mengidentifikasi liputan (pesan, rima, serta pilihan kata) daripuisi masyarakat (pantun, syair, dan bentukpuisi masyarakat setempat) yang dibaca serta didengar
4.13 Menyimpulkan isipuisi warga (pantun, syair, dan bentukpuisi warga setempat) yg disajikan pada bentuk tulis dan mulut
3.14 Menelaahstruktur dan kebahasaan puisi rakyat(pantun, syair, dan bentuk puisi rakyat setempat) yg dibaca serta didengar
4.14 Menelaah struktur dan kebahasaan puisi masyarakat (pantun, syair, dan bentuk puisi rakyatsetempat) yg dibaca serta didengar
3.15 Mengidentifikasi liputan mengenai fabel/legenda daerahsetempat yang dibaca dan didengar
4.15 Menceritakankembali isi cerita fabel/legenda daerah setempat yg dibaca/didengar
3.16 Menelaah struktur dan kebahasaan fabel/legenda daerahsetempat yg dibaca dan didengar
4.16 Memerankan isifabel/legenda wilayah setempat yangdibaca serta didengar
Berdasarkan daftar di atas, bisa diketahui bahwa dalam Pelajaran Bahasa Indonesia masih ada 16 KD.
Untuk mendownload (mengunduh), silakan masuk ke page UNDUH kemudian klik tombol 'Perangkat Pembelajaran'.
Untuk mendownload (mengunduh), silakan masuk ke page UNDUH kemudian klik tombol 'Perangkat Pembelajaran'.
Bagaimana dari Pembaca Pustamun, apakah kompetensi di atas bisa diajarkan serta diterapkan dalam pendidikan pada kelas?
Comments
Post a Comment