DAFTAR KATA TIDAK BAKU PENGARUH BAHASA BELANDA KATA BAKU LEGALISASI BUKAN LEGALISIR

Sebenarnya, buat mencari kata standar dan tidak baku kita sanggup menggunakan kamus. Khususnya kamusr resmi yg diterbitkan sang lembaga resmi yang berwenang untuk 'ngurus' Bahasa Indonesia yaitu Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa (Biasa diklaim Pusat Bahasa). Kamus resmi tersebut merupakan Kamus Besar Bahasa Indonesia yg kini sudah masuk edisi kelima.
Yang pernah aku baca serta saya miliki kamus cetak adalah yang keempat, Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Keempat Pusat Bahasa yg terbit pada 2008. Nah, waktu kita mencari sebuah kata pada kamus tersebut kok masih dirujuk (disuruh melihat istilah yang lain) maka kata yang sedang kita cari tersebut adalah kata yang tidak standar.
Penggunaan Kamus Besar Bahasa Indonesia menurut pusat bahasa, tidak hanya yg versi cetak. Juga sanggup dilakukan di moda daring serta moda aplikasi yang telah diterbitkan sang Pusat Bahasa. Logika penggunaan buat memilih sebuah istilah itu baku atau nir, sanggup dilakukan menggunakan cara yg sama.
Dalam postingan sebelumnya yang berjudul Penggunaan Kata Baku dan Tidak Baku pada Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas 7, sudah disebutkan keliru satu kata yang tidak standar merupakan kata akomodir. Kata akomodir tidak standar lantaran tidak sinkron dengan proses pembentukan istilah pada bahasa Indonesia yang sudah dibakukan oleh Pusat Bahasa.
Dalam proses pembentukan kata bahasa Indoensia, nir terdapat akhiran -ir. Yang ada adalah akhiran ---isasi atau -asi. Maka menurut itu, kata akomodir tidak baku. Yang baku adalah akomodasi. Meskipun penggunaannya dalam warga (khususnya pada ragam percakapan serta mulut) masih banyak digunakan.
Imbuhan akhir -ir ini poly dipakai dalam kata-kata yang dari berdasarkan Belanda. Memang kaidah pada bahasa Belanda begitu. Indonesia, sebagai negara yg pernah dijajah oleh Belanda, niscaya masih menyisahkan kata-kata bahasa Belanda. Maka, tak sporadis masih dijumpai kata-istilah tidak standar yang dipengaruhi sang kata-kata Belanda.
Berikut ini merupakan daftar istilah baku dan istilah nir baku yang ditimbulkan sang imbas imbuhan serta pembentukan istilah berdasarkan Bahasa Belanda.
Kata Baku: Legalisasi; Kata Tidak Baku: Legalisir
legalisir dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, tidak dijelaskan. Hanya dirujuk ke istilah legalisasi. Sementara istilah legalisasi arti intinya adalah pengesahan dari undang-undang atau aturan. Jadi, sama adalah menggunakan dilegalkan. 

Misalnya, kita memfotokopi ijazah. Agar salinan output fotokopi tadi dianggap sah serta sinkron menggunakan aslinya, kita perlu melakukan legalisasi melalui pihak yg berwenang. Bisa Kepala Sekolah, atau Dinas Pendidikan.
Jadi, yg sahih merupakan Fotokopi ijazah yg dilegalisasi bukan Fotokopi Ijazah yang dilegalisir *

Kata Baku: Organisasi; Kata Tidak Baku: Organisir

Kata organisir adalah kata yg seringkali dipakai oleh penutur bahasa Indonesia. Maksud yang diinginkan adalah mengorganisasikan atau menggerakkan. Penggunaan istilah ini contohnya terdapat dalam kalimat:
Dia dengan semangat yg membara mengorganisir temannya buat melakukan demonstrasi.

Dalam contoh kalimat pada atas, penggunaan kata mengorganisir tidak standar. Karena istilah organisir dalam bahasa Indonesia nir ditemukan pada Kamus Besar Bahasa Indonesia. Kalau istilah organisasi ada. Berarti ini merupakan istilah baku.
Kata Baku: Akomodasi; Kata Tidak Baku: Akomodir

Penjelasan mengenai kata Akomodasi dan Akomodir sudah relatif lengkap dalam artikel tentang istilah baku serta tidak baku. Intinya, yang standar adalah istilah akomodasi.

Tapi, tidak semua kata pada bahasa Indonesia yang ditentukan sang pembentukan istilah Belanda dianggap tidak standar. Misalnya ada kata desertir. Ini adalah contoh kata baku yang diserap berdasarkan istilah deserteur yang ialah orang (prajurit) yang meninggalkan tugas tanpa biar alias susah dikendalikan.
Semoga penjelasan istilah baku serta tidak standar ini bisa memberikan kesadaran bagi proses pembentukan sebuah istilah mengapa dianggap tidak standar. Salam pustamun!

Comments