CONTOH SOAL TEKS SASTRA DAN NONSASTRA BESERTA KUNCI JAWABAN DAN PEMBAHASANNYA

Berikut inimerupakan Contoh Soal  Pilihan Ganda Teks Sastra danNon-Sastra yg masih ada dalam dalamSoal UN. Sekaligus ditulis Kunci Jawabandan Pembahasannya. Semoga bermanfaatdan mampu diunduh alias pada-download menggunakan gampang.

Soal Nomor 4

Bacalah teksberikut!
Jenderal Besar Soedirman,lahir pada Bodas Karangjati, Rembang, Purbalingga, 24 Januari 1916. Beliaumerupakan keliru seseorang tokoh pejuang kemerdekaan Indonesia.  Meski menderita sakit paru-paru yang parah,beliau tetap bergerilya melawan Belanda. Ia berlatar belakang seseorang pengajar HISMuhammadiyah di Cilacap serta ulet di kepanduan Hizbul Wathan. Ia berpangkat jenderal pada usia 31 tahun.

Keistimewaan tokoh tersebut adalah
a. Seorangguru HIS Muhammadiyah
b. MenjadiJenderal waktu usianya 31 tahun
c. Pejuang danpahlawan Muhammadiyah
d. Pemimpinperang gerilya melawan musuh


KUNCI JAWABAN: B

PEMBAHASAN:

Yangditanyakan pada soal pada atas adalah berkaitan menggunakan keistimewaan tokoh.jawaban A, C, dan D sama benarnya berdasarkan bacaan. Tetapi kurang sempurna jikadisebut istimewa. Merupakan hal yang tidak sanggup dimiliki atau sangatsulit dilakukan oleh orang lain. Perbedaan  Keistimewaan serta hal yang bisa diteladani menurut tokoh dapat dibaca di sini. Maka, hal yg tidak mungkin dilakukan oleh oranglain adalah menjadi Jenderal pada usia yang masih sangat belia, yaitu usia 31tahun.
SOAL NOMOR 6




Bacalah teksberikut!
Tim NasionalIndonesia U-19 dijadwalkan menggelar pemusatan latihan pada Eropa. Ternyata, adabeberapa pilihan menu wajib yang dibwa oleh Evan Dimas dan mitra-kawan ke salah satunegara benua biru tadi. Kecap jadi ‘barang’ yang wajib dibawa. Kecapsebagai penyedap makanan aman buat dikonsumsi Timnas U-19.

Pernyataanyang sinkron menggunakan teks tersebut merupakan...
a. JadwalPemusatan Latihan Timnas U-19 di Indonesia.
b. Persiapanyang dibawa Evan Dimas dan kawan-kawan.
c. Kecapadalah makanan selera seluruh Timnas U-19.
d. TimNasional Indonesia U-19 dijadwalkan latihan pada Eropa


KUNCI JAWABAN: D

PEMBAHASAN:

Jawaban nomorsatu salah lantaran latihan akan dilaksanakan di Eropa. Jawaban B galat karena yangdibahas dalam teks soal di atas berkaitan dengan jadwal latihan, serta menu yangdibawa bukan membahas persiapan yang dibawa oleh Evan Dimas. Pernyataan Kecapsebagai menu kesukaan pula tidak terdapat dalam teks bacaan soal lantaran hanyadisebutkan harus dibawa karena penyedap makanan yg kondusif.

SOAL NOMOR 8

Bacalah teksberikut!
Kebersihanlingkungan sekolah adalah hal yg tidak mampu dipisahkan berdasarkan kehidupansekolah. Dengan kebersihan lingkungan sekolah sebagai nyaman. Kenyamanan merekamenjadi faktor penunjang keberhasilanbelajar bagi anak didik. Dengan kenyamanan itu pula, para pengajar lancarmenjalankan tugasnya.
Kebersihanlingkungan sekolah jua mendukung kesehatanwarga sekolah. Dengan lingkugnan yg higienis, sekolah terbebas dariberbagai penyakit. Penyakit berat juga ringan tidak akan menyerang wargasekolah.

Ringkasan tekstersebut merupakan....
a. Kebersihanlingkungan sekolah menciptakan warga sekolah sebagai nyaman dan sehat.
b. Kebersihanlingkungan tidak terpisahkan menggunakan kesehatan masyarakat sekolah yang nyaman.
c. Kebersihanlingkungan sekolah mendukung keberhasilan kesehatan semua rakyat sekolah.
d. Kebersihanlingkungan sekolah akan sebagai penjamin kesehatan serta keberhasilan wargasekolah.


KUNCI JAWABAN: C

PEMBAHASAN:

Yangditanyakan dalam soal pada atas adalah ringkasan teks. Ringkasan teks harusmencakup inti seluruh bacaan. Teks di atas terdiri dari dua paragraf, makamasing-masing paragraf harus terwakili wangsit pokoknya. Ide utama paragraf pertamaadalah kaitan keberhasilan lingkungan sekolah dengan kesehatan rakyat sekolah.paragraf kedua membahas kaitan kebersihan sekolah dengan keberhasilan wargasekolah. Jadi, yang sangat mungkin adalah jawaban C, serta D. Jawaban C lebihtepat dari jawaban D lantaran pada jawaban C, kebersihan disebut menjadi pendukung, sinkron dengan teksnya.bukannya penjamin.

SOAL NOMOR 12

Bacalah teksberikut!
(1) Secaraumum, aku menjadi penanggap putusan bulat menggunakan alasan yang mengungkapkan bahwa game online memiliki efek negatif. (dua)Akan namun, alasan-alasan tadi perlu dikaji  secara akademis. (tiga) Banyak juga dampakpositif yang diterima oleh anak serta lingkungannya apabila mereka bermain game online secara proporsional danbertanggung jawab. (4) Untuk itu, para orang tua dalam menaruh arahan danbimbingan mengenai kewajiban belajar serta pencerahan pemenuhan hobi harusmempertimbangkan porsi masing-masing. (lima) Penggunaan internet secara sehatsangat krusial serta diharapkan. (6) Penyaluran hobi yang positif perlu terusdidukung.
Kalimat yangmenyatakan persetujuan masih ada padakalimat nomor ....
a. 1
b. 2
c. 3
d. 4


KUNCI JAWABAN: A

PEMBAHASAN:

Yang ditanyakandalam soal di atas merupakan letak persetujuan pada teks. Wujud persetujuan adanmengiyakan, nir menolak, dan bersepakat. Maka, pilihan jawaban yg palingmungkin adalah jawaban angka satu lantaran telah kentara dalam kalimat terdapatkata putusan bulat.


SOAL NOMOR 13

Bacalahkalimat berikut!
Gambar itu memakai warna dasar putih kebiru-biruan.

Makna kata dasar pada kalimat tersebut adalah....

a. Tanah dibagian bawah.
b. Latar yangmenjadi alas.
c. Bagian yangpaling bawah.
d. Landasan yangpaling utama.

KUNCI JAWABAN: B

PEMBAHASAN:

Kata dasar dalam KBBI memiliki sepuluh arti.masing-masing pilihan jawaban adalah makna dasarsesuai kamus. Akan namun tidak semuanya sinkron menggunakan konteks kalimatdalam soal pada atas. Pilihan A kentara salah lantaran disebutkan tanah ad interim dalam soal disebutkan warna. Pilihan B tepat karena warnaberkaitan menggunakan latar atau background dalam bahasa Inggris.  Jawaban C nir tepat lantaran istilah dasar yang bermakna bagian paling bawahberkaitan dengan tumpukan. Sementara jawaban D juga tidak sempurna lantaran istilah dasar yang berkaitan menggunakan maknatersebut berkaitan dangan ilmu  danhukum, contohnya dasar negara.


SOAL NOMOR 14

Perhatikandata buku berikut!
Judul kitab : Riwayat Sang Pemimpin
Pengarang : Ismail Pamungkas
Penerbit     : PT Remaja Rosda Karya Bandung
Keunggulan         : Penggunaan bahasa mudah dipahami
Kelemahan          : Banyak keliru pada penulisan kata

Paragraf yang sempurna dari data kitab tersebutadalah....
a. Isi bukuini bercerita tentang keadilan serta kebijaksanaan Sang Pemimpin sebagai raja.tulisannya cukup kentara serta dicetak menggunakan benar.
b. Bahasa yangdigunakan pada buku ini dapat dipahami dan komunikatif, tetapi pembacatertanggu lantaran banyak istilah yg tercetak keliru.
c. Selainmenarik, kelebihan buku ini pula dilengkapi menggunakan gambar yg mendukung isicerita sehigga mudah dimengerti. Walaupun demikian, buku ini harus dilengkapidengan kata-istilah standar.
d. Bukuberjudul Riwayat Sang Pemimpin karyaIsmail Pamungkas dengan penerbit PT Remaja Rosda Karya Bandung menggunakanbahasa yg gampang dipahami walaupun poly kesalahan penulisan kata.


KUNCI JAWABAN: D

PEMBAHASAN:

Sebuah resensibuku mengharuskan liputan yg lengkap sinkron dengan data buku. Jawaban yangpaling sinkron menggunakan data kitab terdapat pada pilihan D. Hal ini lantaran data yanglengkap dan pernyataan yang sesuai. Sementara pilihan jawaban yg lain tidaksesuai dan tidak selengkap jawaban D.

SOAL NOMOR 16

Bacalahkutipan cerita berikut!
“Maaf, Bu!”pintaku santun kepada Bu Laras “Saya mengantuk, Bu”.
“Tidakapa-apa, Sab. Silakan cuci muka kalau kau mengantuk, Sab!”
Serentak seisikelas menertawakanku serta membuatkau malu serta kesal pada diriku sendiri.leherku terasa sakit karena menunda tangis kekesalanku.
“Sudah-telah!Anak-anak mengantuk itu manusiawi. Suatu ketika kalian sanggup saja mengantuk.”Nasihat Bu Laras menggunakan lembut serta tenang.

Konflik kutipan novel tersebut adalah...
a. Permintaanmaaf Sab kepada Bu Laras.
b. Bu Larasmempersilakan Sab mencuci muka.
c. Sab kesalditertawakan seisi kelas.
d. Bu Larasmenghibur Sab yang kesal.


KUNCI JAWABAN: C

PEMBAHASAN:

Inti darikonflik merupakan konflik. Sebuah perkara belum tentu menjadi permasalah(konflik). Perseteruan yang ada dalam teks sastra di atas merupakan Sab yangkesal karena ditertawakan. Bahkan diceritakan bahwa Sab sampai merasakan sakitdi lehernya lantaran menunda kesal. Berarti itu adalah maslah yg pelik.


SOAL NOMOR 21

Bacalah tekscerita berikut!
Berbagai pikiranburuk menghantui kepala yg penat serta tubuh yang lelah. Kemanakah engkau gadiskecil? Mungkinkah anak gedongan itu sudah mangkat ? Parameter pencarian demikianluas. Flo bisa saja tidak menurunilereng menuju ke lembah melainkan naik terus ke zenit atau berjalan berputar-putarmengelilingi lereng, tersesat dalam fatamorgana sampai habis tenaganya.

Simpulan akibatdari pertarungan tadi merupakan...
a. Pencarianterhadap tokoh belum berhasil ditemukan.
b. Pencariantokoh dilakukan di lereng dan pada lembah.
c. Pencarianterhadap tokoh tidak boleh lantaran lelah.
d. Pencarianterhadap tokoh tidak boleh karena tokoh meninggal.

KUNCI JAWABAN: A

PEMBAHASAN:

Tokoh Flomasih belum ditemukan lantaran masih ada pertanyaan, kemanakah engka gadis kecil? Hal ini menandakan bahwa yang bersangkutan(tokoh Flo) masih dicari. Adapun berkaitan dengan latar loka, itu masih adadalam pikiran pengarang, masih bisa sajajadi masih belum pasti. Pernyataan pencarian dilarang juga tidak terdapatdalam teks sastra pada atas. Pilihan jawaban yang terakhir pula salah karenatidak terdapat pernyataan tokoh flo mati.


SOAL NOMOR 24

Bacalah teksberikut!
Tidak biasaaku berlibur menggunakan keluarga. Kepergian ini hanyalah lantaran anak yang hidup ditengah keramaian Jakarta, yang berangkat subuh dan pergi tengah malam darikantornya. Ada kejenuhan pada tugasnya yg rutin, membuat beliau mengambilkeputusan berlibur ke Bali bersama orang tua. Aku yang biasa masuk tempat kerja danpulang tempat kerja selama puluhan tahun, kerapkali lupa cuti lantaran tidak tahu apayang harus dilakukan ketika cuti. Dan sekarang, aku duduk pada tepi Laut Hindia,menyaksikan ombak  memukul-mukul pantai,senja turun ke tepi laut, surya memerah serta bundar , cahaya estetika Tuhansangat mengesankan ratusan orang menurut berbagai bangsa terpaku di atasbatu-batu.

Nilai moral yg terdapat pada teks tersebut merupakan....
a. Bekerjalahdengan giat untuk mengejar kerier
b. Dalambekerja jangan melupakan orang tua
c. Perlu adawaktu buat beristirahat
d. Berliburdiperlukan setiap saat


KUNCI JAWABAN: C

PEMBAHASAN:

Nilai moraldalam sebuah teks sastra bisa diketahui melalui pembacaan secara menyeluruh.juga wajib disesuaikan menggunakan teks yang dibaca. Dalam teks sastra di atasdiceritakan bahwa tokoh saya adalah pekerja keras yg sampai lupa cuti. Dibagian akhir teks, disebutkan bahwa tokoh saya sedang menikmati pemandanganciptaan Tuhan. Jadi, yang paling tepat adalah C. Jawaban A tidak sesuai karenatidak membahas dengan kesuksesan karier. Sementara dalam teks sastra juga tidakmembahas interaksi dengan orang tua. Jawaban D jua bukan sebuah nilai moralkarena sangat nir  mungkin untukberlibur setiap saat.

SOAL NOMOR 25

Bacalah teksberikut!
TEKS 1
“Chendy,Chendy, Chendy, bangun, Nak!” Teriak Ibu Sulyem, Ibunda Chendy menurut luar kamar.ketika nir terdapat jawaban Ibu Sulyem masuk dan menggoyangkan badan Chendy. IbuSulyem tekeju. “Hah! Badanmu panas sekali. Cepat bangun, kita eksklusif kedokter saja.” Seisi tempat tinggal sebagai hboh. Ayah, Mahendra, Kakak Chendy, dan Dickisupir keluara Chendy ikut panik.

TEKS 2
Gunung Marbelasudah lama tidak menerangkan aktivitasnya. Gunug in dijadikan objek wisata olehmassyarakat sekitarnya. Selain pemandangannya indah pada Gunugn Marbela jugatumbuh bunga langka yg hanya tumbuh di Gunung Marbela. Tidak mengherankansaat liburan, poly wisatawan yg berkunjung ke sana.

Perbedaan polapengembangan ke 2 teks di atas adalah....

TEKS 1
TEKS 2
A
Dimulai menggunakan lokasi
Dimulai dengan aksi
B
Dimulai dengan aksi
Dimulai menggunakan lokasi
C
Dimulai menggunakan garis akbar masalah
Dimulai dngan aksi
D
Dimulai menggunakan lokasi
Dimulai menggunakan garis akbar masalah

KUNCI JAWABAN: D

PEMBAHASAN:

Untukmengerjakan tipe soal pembandingan dua teks seperti ini, maka yg harusdilakukan merupakan mempelajari satu teks terlebih dahulu. Misalnya, teks 1 yangdiamati. Dibandingkan dengan pilihan jawabannya. Maka dapat diketahui bahwapilihan jawaban yang paling memungkinkan merupakan dimulai dengan lokasi. Lantaran bagian awal cerita menjelaskan bahwa,Ibunda Chendy berdasarkan luar kamar jadilokasinya ada pada luar kamar. Pilihanjawaban yang mungkin adalah A serta D. Sementara teks yang ke 2 yg paling pasadalah D karena kalimat pertama adalah pandangan baru pokok keseluruhan teks.

Semoga Contoh Soal dan Pembahasannya ini berguna untuk menambah refernsi teks sastradan teks non sastra untuk persiapan UjianNasional. Silahkan diunduh alias di-download buat latihan soal. 

Comments