CONTOH SOAL MEMPERBAIKI TANDA BACA DAN KATA BAKU DALAM TRY OUT UN SMP BAHASA INDONESIA

Contoh Soal Memperbaiki Tanda Baca dan Kata Baku dalam Try Out UN Sekolah Menengah pertama Bahasa Indonesia


Berikut ini adalah deretan soal yg berkaitan dengan memperbaikitanda baca sekaligus memperbaiki kata baku serta nir baku. Diambil menurut soalUji Coba UN yg dilaksanakan pada Kabupaten Jember dalam April 2017

Soal Nomor 41

Cermatilah teks berikut!

Selama 3 hari tim medis serta rombongan Jawa Pos akanmembantu kurban banjir. Selain paketmakana dan perlengkapan spesifik perempuan , terdapat sumbangan obat-obatan. Sebab,berdasarkan pengalaman 3 tim sebelumny, kebanyakan pasen menderita deman, diari,gatal-gatal, batuk, pilek, serta kurang vitamin. Tiap hari, tim dokter menanganihingga 250 pasen dengan keluhantersebut.




Penggunaan kata-istilah bercetak miring pada teks tersebuttidak sempurna karena....

a. (1) kurban seharusnyakorban karena makna kurban dan korban berbeda yaitu kurban berarti fauna sembelihan untukpersembahan pada Than sedangkan korban bermakna negatif atau derita, (dua) diari seharusnya diare karena makna diari berarti catatan harian atau buku harian sedangkandiare bermakna nama atau jenis penyakit, serta (3) pasen seharusnya pasien karenapasen merupakan istilah tidak standar.

b. (1) kurban tetapditulis kurban karena makna kurbanadalah orang yang menderita, (2) diari tetapditulis diari lantaran kata diari seringdiucapkan warga sehari-hari, dan (3) pasentetap ditulis pasen lantaran katapasen merupakan istilah terkenal pada warga .

c. (1) kurban dan korban tidak tidak sama makna lantaran kurbandan korban saling menggantikan, (2) diaridan diare nir tidak selaras makna karenakedua istilah tersebut bersinonim, dan (3) pasendan pasien tidak tidak sinkron maknakearea keduanya saling menggantikan atau sinonim.

d. Kata kurban, diari,dan pasen tidak sempurna dalam tekstersebut lantaran istilah-istilah tersbut tiadk herbi gagasan pokok tekstersebut.

Jawababan: A


Pembasan

Sudah dijelaskan dalam jawaban A.

Soal Nomor 42

Bacalah teks berikut menggunakan cermat!

Dengan menyampingkan beberapakekurangan tadi, novel ini benarbenar kitab yg sangat dibutuhkanoleh remajanegeri ini Buku ii memberi motifasi, semangat,dan mimpi dalam anak-anak yg patah semangat supaya bersekolah dan melanjutkanke pendidikan yg lebih tinggi. Selain itu, buku ini pula mengajarkanketidakmungkinan yang bisa diwujudkan menggunakan kerja keras.

Penggunaan kaa bercetak miring dalam teks tersbut yg sesuaidengankaidah kebahasaan merupakan...
a. Mengenyampingan danmotivasi
b. Mengesampingkan serta motivasi
c. Mengsampingkan serta motipasi
d. Mengkesampingkan serta motivasi

Jawaban: B


Pembahsasan

Motivisi baku, motifasi nir standar. Jadi harus pakai hurufv. Sama halnya dengan motivator.

Menyampingkan: akar ucapnya adalah samping. Kata dasarnyaadalah dikesampingkan. Maka yang sahih merupakan mengesampingkan. Karena kesamping.Imbuhan mem- atau menN- jika melekat pada istilah dasar yangdiawali alfabet k. Imbuhan meN- menjadi meng- dan alfabet k di awalkata luluh atau lesap atau hilang. Sama dengan pada istilah dasar kesan yang berubah menjadi mengesankan.

Soal Nomor 43

Bacalah teks berikut menggunakan akurat!

Mempertahankan kesejukan bunga mawar, sangat mudahdilakukan. Anda relatif mengubah air serta memotong pangkal tangkai bunga, Andapun bisa menikmati keindaha mawar lebih usang.

Perbaiikan kesalahan penggunaan tanda baca dalam tekstersebut yg tepat adalah....

a. Pertanda koma (,) pada ke 2 kalimat tadi dihilangkandan mengganti tdanda titik (.) menggunakan tanda koma (,) dalam kalimat pertama.

b. Pertanda koma (,) pada kalimat pertama diganti degnan tandatitik dua (:) dan pada kalimat kedua dihilangkan.

c. Tanda titik (.) dalam kalimat pertama diganti tanda koma(,), sedangkan pada kalimat kedua pertanda koma (,) dihilangkan.

d. Tanda koma (,) pada kalimat pertama dihilangkan,sedangkan indikasi koma (,) dalam kalimat kedua diganti indikasi titik (.)

Jawaban: D


Pembahasan

Tanda koma dalam kalimat pertama nir diharapkan. Sementarapada kalimat ke 2, tanda titik harus dipakai buat menggantikan tanda komakarena kalimat tersebut merupakan satu kalimat yg utuh.

Soal Nomor 43

Perhatikan teks berikut ini menggunakan cermat!

Belajar adalah aktivitas murid yang pkok dan utama. Apausystem yang diterapkan oleh pemerintah, tugas utama anak didik asdalh tetap sama,yaitu belajar efektip. Kreatifitas siswa sangatn diperlukan buat menujusukses.

Perbaikan penulisan istilah yang bercetak miring agar menjadikalimat yang efektif adalah....

a. Sistim, efektif, serta kreatifitas
b. Sistem, epektif, dan kreatifitas
c. Sistem, efektif, dan kreativitas
d. Sistim, epektip, dan kreatifitas

Jawaban: C


Pembahasan

Penulisan sistem yangbaku adalalah seperti ini. Bukan system iniadalah bahasa Inggris. Bukan jua sistim,ini adalah cara bacanya. Untuk lebih mudah, misalnya pakai kata istilah yangidentik yaitu sistematis.
Kreatif yang baku memakai alfabet f. Sementarakreativitas, yang baku memakai alfabet v.

Soal Nomor 45

Bacalah teks berikut dngan cermat!

(1) Keluarga Sukartono membeli rumah baru. (2) Untukmelengkapi perabot tempat tinggal tangganya; Sukartono membeli perabot tempat tinggal tanggallemari tempa tidur kursi tamu meja makan serta lain lain. (tiga) Semua perabot itudibeli sang Sukartono dari output tabungannya. (4) Kualitas barang-barangnyasangat memuaskan famili Sukartono.

Penggunaan indikasi baca dalam kalimat (dua) yg tepat adalah....

a. Untuk melengkapi perabot tempat tinggal tangganya, Sukartonomembeli perabot tempat tinggal tangga-lemari-loka tidur-kursi tamu-meja makan-danlain-lain.

b. Untuk melengkapi perbot rumah tangganya, Sukartonomembeli perabot rumah tangga : lemari-tempat tidur-kursi tamu-meja makan-danlain-lain.

c. Untuk melengkapi perabot rumah tangganya, Sukartonomembeli perabot rumah tangga: lemari, loka tidur, kursi tamu, meja makan, danlain-lain.

d. Untuk melengkapi perabot tempat tinggal tangga; Sukartono membeliperabot rumah tangga : lemari, tempat, tidur, kursi tamu, meja makan, danlain-lain.

Jawaban: C


Pembahasan

Penggunaan indikasi koma digunakan buat memisah yg berbentukrincian.

Soal Nomor 46

Bacalah teks berikut menggunakan cermat!
Gerekan penolakan repisiUU KPK yg dilakukan warga makin massive.Bukan hanya mahasiswa dan pegiat antikorupsi berdasarkan lembaga swadayamasyarakat (LSM). Tetapi, pula melibatkan majemuk propesi dari artis hingga menggunakan pengajar besar .

Perbaikan kata bercetak miring pada teks tersebut merupakan....
a. Revisi, masif, dan provisi.
b. Rivisi, masip, serta profisi
c. Revisi, masif, dan profesi
d. Revisi, masif, serta provisi.

Jawaban: C


Pembahasan

Jawaban yg paling tepat merupakan profesi karena ada juga kalimat profesional.

Soal Nomor 47

Perhatikan teks berikut dengan cermat!

Film laskar pelangi yangdiadaptasi dari novel laris menggunakan judul sama melakukan shooting perdana di pulau Belitung.film ini diproduksi sang mira lesmana dandisutradai sang riri reza.


Perbaikan penulisan yg bercetak miring pada kalimat diatas adalah....

a. Laskar Pelangi, syuting, Pulau, Mira Lesmana serta RiriReza
b. Laskar Pelangi, shoting, Pulau, mira Lesmana dan Ririreza.
c. Laskar pelangi, syuting, Pulo, Mira lesmana serta RiriReza.
d. Laskar Pelangi, suting, Polo, Mira lesmana dan Riri Reza

Jawaban: A


Pembahasan

Penulisan Laskar Pelangi, Mira Lesmana, dan Riri Rezamasing-masing istilah wajib diawali menggunakan huruf kapital. Lantaran ketiga katatesebut adalah nama. Laskar Pelangi adala judu novel. Mira Lesaman serta RiriReza merupakan nama diri (orang).

Penulisan shooting yang sahih adalah syuting. Itu adalahproses pengindonesiaan istilah asing yang berarti proses pengambilan gambarbergerak (video).

Penulisan Pulau Belitung wajib diawali dengan alfabet besarmasing-masing kata. P akbar serta B besar . Karen Belitung adalah nama tempat.sementara pulau yang melekat padanama geografi wajib pula diawali dengan huruf besar .

Soal Nomor 48

Perhatikan teks berikut menggunakan akurat!

(1) Sudah poly telaah ilmiah yg membahas masalahteknologi. (2) Namun, masih jarang yg sudai mempelajari kasus yang mungkin timbulsebagai dampak dari teknologi itu. (tiga) Konflik yg ditimbulakan olehteknologi itu barang kali belum terhayati oleh insan. (4) Padahal manusialahyang membentuk, mengalami dan menerima akibat positif atau negatif teknologiitu.

Ketidaktepatan penggunaan pertanda baca dalam kalimat (4)karena....

a. Kalimat (4) adalah kalimat rincian tidak perlumenggunakan pertanda koma (,)
b. Kalimat (4) adalah kalimat rincian menggunkan tandatitik 2 (:) setelah istilah membentuk.
c. Kalimat (4) merupakan kalimat rincian menggunakan tandatitik koma (;)
d. Kalimat (4) adalah kalimat rincian dengan menggunakantanda koma (,) setelah kata mengalami.

Jawaban: D


Pembahasan

Pengguaan tanda koma harus digunakan pada rincian. Jadi yangbenar adalah: “Padahal manusialah yang membentuk, mengalami, dan menerimaakibat positif dan negatif teknologi itu.”

Soal Nomor 49

Bacalah teks berikut engan seksama!

Masyarakat merumuskan sejumlah kebiasaan sosial sebagai pedomanbertingkah laku . Bahkan, supaya semua rakyat mematuhi kebiasaan sosial, masyarakatjuga menyepakati sangsi bagi merka yg melanggar norma. Beberapa tindakanpelanggaran kebiasaan mengakibatkan hukum bersifat ringan bagi pelakunya.

Penggunaan istilah sangsi pada teks tadi galat karena....

a. Istilah tadi tidak sesuai dengan konteks teks.
b. Istilah tadi tidak sinkron degnan KBBI
c. Istilah tadi tidak standar.
d. Kata tersebut tidak memiliki makna ambigu.

Jawaban: C


Pembahasan

Kata sangsi penulisannyatidak baku. Kata yg baku merupakan sanksi yangberarti hukuman. Jadi, alasan yangpaling tepat adalah C.

Soal Nomor 51

Bacalah teks berikut menggunakan cermat!

(1) Pada 2017 pemerintah menaikkan: porto administrasikendaraan bermotor, tarif dasar listrik, dan bahan bakar minyak non subisidi(BBM nonsubsidi). (dua) Selain itu, bahan-bahan kebutuhan pokok warga ,khususnya cabai harganya melambung tinggi. (3) Barang serta jasa kebutuhan pokokmasyarakat tadi naik, daya beli warga sebagai menurun. (4) Akibatnya,situasi masyarakat, pemerintah, dan negara akan terganggu.

Penggunaan indikasi baca pada kalimat (1) tadi tidak tepatkarena ....

a. Kalimat tersebut merupakan pernyataan yang belum selsesaisehingga setelah istilah menaikkan teidak perlu diberi tanda baca titik 2 (:)serta indikasi koma (,) dipergunakan dalam rincian.
b. Kalimat tersebut merupakan kalimat princian. Seharusnyatanda koma (,) dihilangkan dalam rincian.
c. Kalimat tadi merupakan kalimat perincian. Oleh karenaitu, tanda titik dua (:) sehabis istilah mempertinggi diganti menggunakan pertanda titik koma(;).
d. Kalimat tadi seharusnya diberi pertanda titik 2 (:)sehabis kata menaikkan serta tanda koma (,) setelah kata rincian.

Jawaban:  A


Pembahasan

Sudah dijelaskan dalam jawaban A.

Comments