CONTOH SOAL HAL YANG DAPAT DITELADANI DAN KEISTIMEWAAN TOKOH DALAM UN 2018

Contoh soal berikut diambil dari naskah soal Ujian Nasional berbasis kertas serta pensil yang dilaksanakan dalam 23 April 2018. Seperti tahun-tahun sebelumnya, soal mengenai biografi tokoh yg berisi keistimewaan serta hal yang dapat diteladani selalu muncul. 

Berikut ini balik dibahas soal biografi tokoh yg timbul dalam Ujian Nasional (UN) buat tingkat Sekolah Menengah pertama/MTs.

Soal Pertama

Bacalah teks berikut!
Habiburrahman El Shirazy merupakan sosok fenomenal dalam global sastra negeri ini. Beberapa karyanya, antara lain Ayat-ayat Cinta dan Ketika Cinta Bertasbih, berhasil mendapat sambutan luar biasa menurut pembaca novel tanah air. Bahkan, karya-karyanya telah dibuat dalam bentuk film dan sinetron.

Menurut Kang Abik, demikian panggilan akrab para penggemar kepadanya, beliau dapat menciptakan beberapa novel pada satu ketika, "Ibarat makan" ucapnya, "bosan bila harus makan satu menu terus pada beberapa hari." Strategi selangseling dalam menulis novel islaminya ia jalani untuk menghindari kejenuhan.

Pria yg lahir pada Semarang, 30 September 1976 ini, mengaku nir kesulitan membuat novel dalam waktu bersamaan kaena beliau menulis sesuatu yg diketahui dan dekat menggunakan kehidupan.

Keistimewaan tokoh pada teks tadi adalah.....

a. Mendapat sambutan gembira dari pembaca novel
b. Gemar membaca serta menulis semenjak belia.
c. Bisa menulis beberapa novel pada satu waktu
d. Bisa menerjemahkan kitab berdasarkan bahasa Arab

Jawaban: C
Pembahasan: Keistimewaan merupakan sesuatu yang spesial , yg hanya bisa dilakukan sang penulis yg sedang dibahas. Penulis lain biasanya punya satu goresan pena yang wajib diselesaikan, ad interim Kang Abik sanggup memproses lebih menurut satu judul novel buat ditulis. Ini merupakan sebuah keistimewaan. 

Jawaban yang paling memungkinkan adalah jawaban A, tapi itu pilihan yg galat lantaran yang disambut gembira oleh pembaca novel bukan hanya penulis Ayat-ayat Cinta saja, akan tetapi jua penulis lain semisal Andrea Hirata, penulis Laskar Pelangi. Sementara itu, jawaban B dan D nir ada dalam bacaan.

Soal Kedua

Bacalah teks berikut!
Prof. Dr. Raden Mas Padmosantjojo adalah pakar bedah syaraf kelahiran Kediri, 26 Februari 1938. Ia menjadi terkenal dan menggegerkan pada dunia kedokteran dalam 1987 sebab berhasil memisahkan pasangan kembar siam Yuliana-Yuliani yg keduanya hanya memiliki satu pembuluh darah (sinus sagitalis) di otak. Pembuluh darah yang tipis itu dibelah 2 buat keduanya. Sekarang, Yuliana-Yuliani pun hayati sehat. Atas keberhasilan tersebut, dr. Padmo merendah dan mengungkapkan "Kematian insan sepenuhnya pada tangan Tuhan."

Hal yang patut diteladani dalam diri tokoh tersebut adalah....

a. Menggegerkan dunia kedokteran
b. Melakukan operasi pasangan kembar 
c. Permanen rendah hati dan tidak sombong.
d. Selalu mengedepankan kerja pada tim

Jawaban: C

Pembahasan: yang ditanyakan merupakan hal yang bisa diteladani, yaitu hal yg dapat dicontoh. Maka, sifat yang dapat diconoth merupakan jawaban C. Sifat rendah hati, nir arogan. Sifat ini bisa ditiru oleh seluruh orang apapun profesinya. Jawaban A dan B hanya sanggup ditiru oleh dokter sesuai bidangnya. Sementara jawaban D tidak terdapat pada teks bacaannya.

Soal Ketiga

Bacalah teks berikut!
Nama Nh. Dini adalah singkatan menurut Nurhayati Srihardini. Nh. Dini dilahirkan dalam lepas 29 Februari 1936 pada Semarang. Ayahnya, Salyowijoyo, seseorang pegawai perusahaan kertea barah. Ibunya bernama Kusaminah. Bakat menulis Dini tampak semenjak berusia sembilan tahun. Dini bercita-cita menjadi dokter fauna. Namun, dia nir dapat mewujudkan cita-citanya itu lantaran orang tuanya tidak bisa membiayainya. Ia hanya bisa mencapai pendidikan hingga sekolah menengah atas jurusan sastra. Dini menambah pengetahuan di bidang lain, yaitu menari Jawa dan memainkan gamelan. Meskipun demikian, dia lebih berkonsentrasi pada kegiatan menulis. Hasil karyanya yg berupa puisi serta cerpen dimuat pada majalah Budaya serta Gadjah Mada pada Yogyakarta (1952). Pada tahun 1955, dia memenangkan sayembara penulisan naskah sandiwara radio dalam Festival Sandiwara Radio di seluruh Jawa Tengah.

Keistimewaan tokoh pada teks tadi adalah....
a. Anak seorang pegawai perusahaan kertea barah serta mak tempat tinggal tangga.
b. Dini bercita-cita sebagai dokter hewan ternama semenjak mini .
c. Dini mempunyai talenta menulis semenjak berusia sembilan tahun.
d. Dini memenangkan sayembara penulisan naskah sandiwara radio se-Jawa Tengah

Jawaban: C

Pembahasan: Yang ditanyakan merupakan keistimewaan yg dimiliki sang Nh. Dini. Berarti nir bisa dilakukan sang orang lain. Jawaban yg paling sempurna adalah C. Bakat menulis sejak usia 9 tahun mungkin sanggup saja dimiliki oleh orang lain, tapi belum tentu pula terdapat. Selain itu, talenta merupakan keistimewaan. 

Mungkin, terdapat yang berpendapat bahwa jawaban yg tepat merupakan D, namun pemenang sayembara penulisan naskah bisa jadi jua pernah diraih sang orang lain, sebelum atau sesudah Nh. Dini.

Soal Keempat

Bacalah teks berikut!
Adam Malik Batubara lahir pada Pematangsiantar, Sumatera Utara, 22 Juli 1917. Semenjak kecil ia getol menonton film koboi, membaca, serta fotografi. Beliau pernah menjadi Menteri Perdagangan, Menteri Luar Negeri, lalu Ketua DPR, hingga puncak karirnya sebagai Wakil Presiden Indonesia ke-tiga. Adam Malik menempuh pendidikan dasarnya pada Hallandsch-Inlandsche School Pematangsiantar. Ia melanjutkan ke Sekolah Agama Parabek Bukittinggi, namun hanya satu setengah tahun saja karena kemudian pergi kampung dan membantu orang tua berdagang. Di sela-sela kesibukan barunya itu, ia poly membaca berbagai buku yang memperkaya pengetahuan serta wawasannya. Pada usia 20 tahun, dia bersama Soemanang, Sipahutar, Armijn Pane, Abdul Hkim, serta Pandu Kartawiguna memelopori berdirinya Kantor Berita Antara dalam tahun 1937.

Hal yang patut diteladani menurut tokoh pada teks tadi merupakan....

a. Sebagai Menteri Perdagangan, Menteri Luar Negeri, serta DPR
b. Poly membaca kitab yg memperkaya pengetahuan serta wawasannya
c. Pelopor berdirinya Kantor Berita Antara dalam tahun 1937
d. Gemar menonton film koboi, membaca, dan fotografi

Jawaban: B

Pembahasan: Hal yang dapat diteladani merupakan hal yang bisa ditiru dari tokoh, ditiru sang semua orang. Tentu yg harus ditiru adalah hal positif. Dalam biografi Adam Malik ini, yang patut buat ditiru atau diteladani berdasarkan tokoh merupakan poly membaca kitab . Ada 2 jawaban yg mungkin buat ditiru, yaitu yang B serta D. Aka tetapi lantaran yang harus diteladani adalah hal yang paling poly positifnya, maka jawaban yang paling tepat merupakan B.

Soal Kelima

Bacalah teks berikut!
Mohammad Hatta, mantan wapres Republik Indonesia ini lahir di Bukittinggi, 12 Agustus 1902. Ayahnya, Haji Mohammad Djamil, meninggalkannya waktu masih berusia delapan bulan. Mohammad Hatta juga dikenal menjadi tokoh Proklamator Republik Indonesia. Beliau sangat bersahaja serta sederhana dalam hidupnya sampai akhir hayatnya. Sejak duduk pada MULO di Kota Padang, beliau telah tertarik dalam konvoi-pergerakan memperjuangkan kemerdekaan Indonesia. Mohammad Hatta, masuk ke perkumpulan Jong Sumatrenan Bond.

Hal yang patut diteladani menurut tokoh pada teks tadi merupakan....
a. Menjadi tokoh Proklamator Republik Indonesia
b. Masuk ke serikat Jong Sumatrenan Bond
c. Bersahaja serta sangat sederhana dalam hidupnya
d. Tertarik menggunakan konvoi  memerdekakan Republik Indonesia

Jawaban: C

Pembahasan: Hal yg jelasa dapat kita ikuti merupakan hayati bersahaja. Untuk sebagai proklamator RI, hanya ada dua orang yang mampu, yaitu Soekarno dan Hatta. Untuk ikut Jong Sumatrenan Bond sudah nir mungkin. Dan gerakan memerdekakan Republik Indonesia sudah nir dibutuhkan lagi karena Indonesia sudah merdeka. 

Comments