CONTOH PUISI DENGAN ALITERASI DAN ASONANSI

Asonansi merupakan perulangan suara vokal yang berulang-ulang dalam satu baris kalimat. Asonansi umumnya dipakai pada puisi. Contoh aliterasi: aku akan bawakan awan. 

Dalam larik pada atas, terdapat penggunaan bunyi a yang berulang-ulang. Masing-masing awal istilah serta pertengahan kata.
Aliterasi adalah perulangan suara konsonan yg berulang-ulang dalam satu baris kalimat. Seperti halnya asonansi, aliterasi juga kerap ada pada larik baris puisi.
Salah satu puisi terkenal yg mengandung aliterasi adalah karya Chairil Anwar yang berjudul Cintaku Jauh di Pulau. Baris yang mengandung aliterasi pada puisi tadi berbunyi: gadis manis iseng sendiri. 

Dalam baris tadi ada penggunaan huruf s yg berulang-ulang. Yaitu pada kata gadis, anggun, iseng, dan sendiri. Keempatnya ada dalam satu baris puisi.
Berikut ini adalah contoh puisi yang mengandung aliterasi dan asonanasi
Segerakan Semangat
(Karyamun)
Pagi menjulang awan menggantung
Siap sedia segerakan semangat
Berseri menjalani ini hari
Bersama kicau burung
Bersama alunan daun
Bersama dengungan kumbang dalam daun
Juga bersama hentakan nyaring knalpot butut
dan asap yang mengepul
Aku memahami masa depan lebih gemilang
bersama orang yg selalu riang
Puisi pada atas mengandung aliterasi yaitu pada baris kedua bait pertama. Baris: sepa sedia segerakan semangat mengandung huruf s pada masing-masing istilah yang dipakai. Jadi bisa dikatakan mengandung aliterasi /s/.
Sementara asonansi masih ada pada baris pertama bait kedua yaitu baris: berseri menjalani ini hari. Masing-masing kata dalam baris tersebut mengandung huruf i, maka diklaim menggunakan asonansi /i/.
Tulisan ini sudah direvisi serta diupdate dari saran berdasarkan Antonius Donny melalui komentar.
Demikian model puisi yang mengandung aliterasi dan asonansi. Baca dan download jua contoh puisi yg lainnya melalaui label Contoh Puisi

Comments