CIRICIRI TEKS PROSEDUR DARI ISI DAN CIRI BAHASANYA

Teks prosedur adalah teks yg berisi pemaparan buat melakukan sesuatu dan memiliki tujuan. Adapun tujuan-tujuan yg teradpat pada teks prosedur sinkron menggunakan isi teks. Berikut ini karakteristik-ciri teks mekanisme.
Teks Prosedur memiliki Tujuan

Secara garis akbar tujuan teks prosedur adalah buat menyebutkan kegiatan atau tindakan yg wajib dilakukan sang pembaca, yang dilakukan secara tepat, sedikit demi sedikit, akurat dan sistematis.
Adapun hasil akhir menurut tujuan teks mekanisme merupakan:
- Pembaca bisa membuat sesuatu menggunakan proses yang tepat;
- pembaca dapat melakukan suatu pekerjaan dengan sempurna;
- Pembaca dapat menggunakan alat dengan baik;
Contoh teks mekanisme yang mempunyai tujuan buat bisa menciptakan sesuatu terdapat dalam teks mekanisme yg berjudul Cara Membuat Obat tradisional Insomnia. Hasil akhir berdasarkan teks mekanisme tadi adalah pembaca punya sebuah produk obat yaitu obat tradisional untuk penyakit insomnia.
Contoh teks mekanisme yang mempunyai tujuan agar pembaca mampu mampu melakukan pekerjaan menggunakan sempurna masih ada apda teks yang berjudul Cara Melakukan Gerakan Tari Tor-Tor. Dalam teks mekanisme tersebut, dijelaskan tahapan serta jenis gerakan tari Tor Tor. Apabila sudah membaca semua bagian teks tadi lalu mempraktikkannya, maka pembaca mampu.

Comments