CIRI CIRI IKAN PEDA YANG BAIK

Ciri Ciri Ikan Peda Yang Baik - Ikan Peda adalah salah satu produk pengolahan hasil pengawetan kuliner yg diolah menggunakan cara atau teknik pengawetan secara fermentasi dan pengaraman. 

Cara tadi telah pada gunakan turun temurun sehingga buat mengenali ciri ciri dari ikan peda yang cantik serta baik sanggup terlihat dari beberapa hal.

Sebelum kita mengenal serta mengetahui mengenai karakteristik ikan peda lebih dahulu kita mengenal apa itu dan terbuat menurut apa ikan peda.  

Biasanya Ikan peda dibentuk menurut bahan ikan kembung perempuan (Rasterliger neglectus). Lantaran ikan kembung yang tertangkap umumnya bergerombol serta dalam pembuatan ikan peda sanggup lebih banyak. 

Ciri Ciri Ikan Peda Yang Baik


Dikenal dua jenis ikan peda antara lain ikan peda merah (peda siam) dan ikan peda putih. Pada Ikan peda merah (ikan peda Siam) dibentuk menurut ikan kembung ber­kadar lemak tinggi serta tidak disiangi  sedangkan dalam ikan peda putih dibentuk serta ikan kem­bung yg berkadar lemak rendah serta disiangi. 

Perbedaannya hanya dalam kadar lemak serta proses pembuatan nya. Selain Menggunakan Ikan Kembung, Bisa juga menggunakan Ikan Mas, Ikan Layang, ikan tawes, ikan mujaer serta ikan selar. Cara pembuatan ikan peda yg baik tergantung menurut Cara Fermentasi Ikan Peda. Karena walaupun Ikan peda nya telah baik permanen cara fermentasi nya kurang baik maka hasil yg pada dapatkan akan menjadi Kurang baik.

Alur pembuatan ikan peda dalam proses nya lkan peda dibuat secara sedikit demi sedikit yaitu pertama melalui proses penggaraman, dimana ikan pada campur menggunakan garam krosok atau garam kasar.

setelah itu dilanjutkan menggunakan proses fermentasi Ikan Peda buat pembentukan bau khas peda yg luar biasa. Adapun Ciri ciri Ikan Peda yang Baik antara lain :

- Ikan Lebih Asin

Asin yakni cita rasanya yang spesial akibat adanya proses fermentasi, serta faktor penentu rasa yang enak merupakan keberhasilan dalam proses fermentasi

- Bau Ikan Lebih Terasa enak

Ikan lebih lezat dicium dibandingkan masih dalam saaat pembongkaran I / aroma ikan peda yg telah tercium

- Warna Ikan lebih Pucat

Ikan lebih pucat dibandingkan pembongkaran pertama waktu penyimpanan pertama.

- Kualitas Daging Ikan Peda

Kulit dan daging ikan lebih kesat dibandingkan pada waktu pembongkaran I / lebih

Demikian artikel tentang Ciri Ciri Ikan Peda yang baik, Semoga Bermanfaat.

Ciri Ciri Ikan Peda Yang Baik

Comments