CEK FISIK KAPAL DAN ALAT PENANGKAP IKAN

Cek Fisik Kapal Dan Alat Penangkapan Ikan - BBPI mengirimPetugas Cek fisik kapal perikanan keJuana,Pati.tenaga Petugas tersebut merupakan saudara Muhammad najib.


Tujuan daripelaksanaan kegiataan cek fisik kapal berdasarkan beliau adalah . Bahwa untukmemperoleh Surat Izin Penangkapan Ikan (SIPI) serta atau Surat Izin KapalPengangkut Ikan (SIKPI)


perlu dilakukan pemeriksaan terhadap fisik dan dokumenkapal perikanan yg akan dipakai dan bahwa inspeksi fisik serta dokumenkapal perikanan sebagaimana dimaksudmerupakan prasyarat dan sebagai dasar pertimbangan dapat atau tidaknyaizin kapal perikanan diterbitkan.

Jumlah kapal yang akan dilakukan cek fisik kapal ada 6 buahkapal perikanan dan beralat tangkap purse seine. Sebelum dilakukan kegiatanitu,Petugas menyelidiki kelengkapan Dokumen kapal.beberapahalyang dilakukan disaat Cek fisik kapalDiantara nya :

Cek Fisik Kapal Dan Alat Penangkapan Ikan

1. Pemeriksaan FisikKapal Perikanan.

Dalam hal ini inspeksi mencakup bagian di atas serta di bawah dek. Pemeriksaandi atas dek dilakukan terhadap ukuran primer kapal misalnya Panjang, Lebar,Tinggi dan ciri lainnya misalnya Sheer, Trim, Slip, Way, Rigger, Boomserta peralatan yg ada di dalam kamar kemudi seperti kompas, peralatanpenginderaan jauh, indera komunikasi dan sebagainya. 

Sedangkan pemeriksaan dibawah dek dilakukan terhadap: kapasitas, palkah, ruang penyimpanan barang(storage), Toilet,ruang kamar mesin , ruang pengolahan;serta dapur.


2. Pemeriksaan Mesin dan Alat Bantu Penangkapan

Terhadap mesin serta indera bantu jua dilakukan inspeksi utamanya untukmengetahui nomor , merk, tahun pembuatan, dan spesifikasi lainnya. 

Disampingmesin primer yg dipakai, mesin bantu (gen set) indera bantu seperti : linehauler, winch, power block, water spinkle, angli machine, lampu sorot danlainnya. 


Hal ini buat mengetahui apakah eksistensi indera bantu tadi sesuaiatau nir dengan peruntukannya;



3. Pemeriksaan Alat Penangkapan Ikan


Pemeriksaan terhadap alat penangkapan ikan sebaiknya bisa dilakukan denganmembuka atau membentangkan alat yg hendak diperiksa. 


Hal ini untuk mengetahuistruktur serta komponen alat penangkap ikan secara naratif. Karakteristik alatpenangkap ikan sebaiknya dicatat dan dibuat sketsa atau basic designnya;

Cek fisik kapal perikanan dan dokumen kapal merupakankegiatan yg sangat krusial dan BBPI sebagai instansi yang selama inidijadikan acum buat kapal dan alat tangkap perikanan diharapkan mampumempersiapkan SDM buat menjadi petugas cek fisik kapal.dan Diharapkan pula adaregenerasi .

Muhammad Najib jua mengungkapkan bahwa petugas cek fisik kapal DiBBPI Semarang sangat kurang jumlahnya.gampang- mudahan buat ke depan akan ada petugascek alat penangkap ikan serta petuas cek kapal perikanan yang professional.

Comments