CARA SHARING FILE DENGAN KOMPUTER LAIN DI WINDOWS 10 TANPA BANTUAN SOFTWARE APAPUN

Tutorial ini menyebutkan cara berbagi / sharing arsip menggunakan personal komputer lain di Windows 10 tanpa bantuan aplikasi apapun. Anda dapat membuatkan arsip atau folder menggunakan personal komputer Windows 10 lain yg mempunyai Bluetooth atau terhubung ke jaringan WiFi yg sama. Jadi, daripada mengirim email, menggunakan flash disk atau layanan menyebarkan file pihak ketiga, Anda bisa mencoba opsi sederhana ini yg berfungsi dengan baik.
Ini dimungkinkan dengan fitur baru yang bernama "Nearby Sharing" menurut Windows 10. Fitur ini telah hadir dalam Update april dari Windows 10, versi 1803. Pengirim serta penerima Perangkat Windows 10 wajib mengaktifkan opsi Nearby Sharing dan terhubung ke WiFi atau Bluetooth yang sama. Setelah itu, Anda dapat menyebarkan file apa saja dengan mengklik kanan serta lalu menggunakan opsi "Share" menurut konteks pilihan menu Windows 10. Tutorial ini akan membantu Anda bagaimana melakukannya.

Pada gambar pada atas, Anda bisa melihat proses membuatkan yg sedang berjalan buat 4 file serta folder yang saya kirim ke PC Windows 10 lainnya memakai fitur Nearby Sharing ini.

Cara Berbagi File Dengan PC Lain Di Windows 10 Tanpa software apapun
Langkah 1: Pastikan ke 2 PC sudah update ke versi 1803 dan WiFi (jaringan WiFi yang sama) atau Bluetooth dihidupkan. Setelah itu, aktifkan opsi Nearby Sharing di kedua PC. Untuk mengaktifkan fitur ini, buka Action Center, perluas, lalu klik opsi “Nearby Sharing”.

Langkah dua: Pilih arsip atau folder atau beberapa file dan kemudian klik kanan. Anda akan melihat opsi "share". Gunakan opsi itu.

Langkah tiga: Jendela share akan terbuka pada mana Anda akan melihat goresan pena Looking for nearby devices atau bahasa maduranya Mencari perangkat pada dekatnya. Ketika pemindaian terselesaikan, akan menampilkan nama seluruh perangkat yang telah mengaktifkan opsi nearby sharing ini. Klik dalam nama perangkat yg anda inginkan.

Perangkat penerima akan mendapat pemberitahuan tentang arsip yg masuk. Ada 3 opsi tidak sinkron: Save, Decline, dan Save & Open. Gunakan opsi save buat mulai menerima file yang masuk, decline buat menolak berbagi, dan opsi Save & Open buat menyimpan item dan lalu membukanya setelah itu.

Itu beliau! Proses pembagian akan dimulai serta arsip disimpan ke folder default.
Kesimpulannya: Fitur nearby sharing ini buat berbagi arsip menggunakan PC lain di Windows 10 tanpa aplikasi apapun menarik dan berguna. Tetapi, fitur ini tidak indah waktu Anda harus membuatkan arsip akbar. Untuk arsip kecil yg memiliki ukuran beberapa MB, fitur ini cantik untuk dipakai.

Comments