CARA SERVIS TV CHINA MATOTMATI TOTAL

Cara servis tv china mati total - Tv china merupakan sebutan buat beberapa merek tv, yg pada produksi sang indonesia menggunakan memanfaatkan tabung rekondisi serta mesin yg digunakan merasal dari china. Sehingga orang seringkali menyebutnya menggunakan tv cina.
Kebanyakan tv china memakai mesin tv yg hampir sama, rata-rata memakai chasis tv sejenis merek wcom.

Dari segi kualitas gambar, sebenarnya tidak begitu buruk malah lebih tajam secara kontras dan warna.
Namun dari segi keawetan tv cina sering mnjadi kelemahan terutama  tak jarang terjadi kerusakan tv meninggal total.
Baca pula : beberapa kerusakan yg seringkali terjadi pada TV china
Nah,! Pada kesempatan kali ini aku akan memberikan cara memperbaiki tv cina mati total (matot) secara lengkap.

Berikut langkah yg wajib dilakukan.

Sebelum membuka chasing tv pastikan terlebih dahulu bahwa streker sudah masuk ke terminal hubungan serta pastikan pula listrik tidak padam. 

Kemudian periksa kabel steker, pastikan pada keadaan normal, lantaran kebanyakan masalah tv cina matot ditimbulkan oleh kabel steker kearaan putus dimakan tikus.

Terkadang kabel pada makan tikus mengakibatkan korslet pada kabel sehingga ketika tv pada nyalakan mcb tempat tinggal anjlok.

Hal tersebut harus sebagai perhatian pertama sebelum menginjak kedalam chasis tv / mesin tv.
Ketika sudah dipastikan kabel steker telah dipastikan menggunakan baik sekarang menginjak kedalam chasis tv.

Buka chasing tv menggunakan hati-hati".
Bersihkan mesin menurut debu memakai kuas.

Jika tv cina mangkat total lampu indikator berwarna merah nir menyala ,,cek saklar memakai multi tester ohm meter. Untuk mengecek saklar, tempelkan antara ujung streker dan soket yang menempel pada mesin tv pada jalur kabel saklar. (Tidak terhubung jala-jala listrik) 

Atau mampu juga dengan memakai tegangan, yaitu tv dalam keadaan di hubungkan menggunakan stop kontak dan mengukur dalam posisi ac volt. Untuk memastikan bahwa tegangan telah masuk atau belum.

Jika tegangan telah masuk sekarang mengukur dalam output power suplay. Dengan catatan saat tv dihidupkan mcb tidak jegleg.

Jika telah menginjak ke blog power suplay
Pastikan multi sudah volt dc. Lantaran bila pemindah fungsi pada multitester masih di pada fungsi ohm meter maka multitester akan rusak seketika.

Cek tegangan output power suplay yaitu;

  • bagian b+ 115 volt pada penyuplay tegangan tinggi flyback. 
  • Tegangan ic vertikal 24-27 volt.
  • Tegangan, ic jungle 5v cari data site.
  • Tegangan 12v audio serta yang lainya.
  • Jika tegangan dalam hasil psu, berarti terjadi kerusakan dalam bagian primer power suplay. Apabila ini yg terjadi, jangan dilanjutkan pengukuran dengan keadaan terhubung dengan jala-jala listrik. Kemungkinan yg terjadi adalah tidak bekerjanya blog power suplay.
Baca pula : Kerusakan regulator TV cina wcom
Ketika ingin mengecek komponen yang berada pada blog primer psu, pastikan anda telah 
mengshortkan elco tegangan tinggi dalam pemfilter tegangan 300v ,kerena disini kadang menyimpan tegangan. Apabila tidak pada shortkan maka akan membahayakan.
Baca juga;  cara membuang sisa tegangan yg masih tersimpan di mesin tv
Dalam kebanyakan masalah tv cina mati total disertai dengan lampu indikator nir menyala umumnya pada sebabkan sang komponen berikut: 

  • Transistor demper d2498
  • Transistor driver  
  • C 681 k terletak di colektor transistor d2498
  • Dan jua komponen pendukung lainya.
  • Jika output power suplay ada namun drop terdapat kemungkinan. :
  • Transistor horisontal short jika  hanya b+ 115v drop.
  • Jika hanya 27 volt yang drop berarti ic vertikal short.
  • Jika semua hasil power suplay ada tetapi drop sanggup jadi tv dalam kadaan posisi standby namun nir sanggup start up .hal ini biasanya ditimbulkan oleh ic jungle rusak.
  • Atau sanggup jua terjadi kerusakan pada blo ic optokopler yang terlalu akbar input ke power suplay sehingga tegangan sebagai drop.
Baca pula : cara cepat mengetahui penyebab b+ 115 v drop
Flyback short kadang jua sebagai keliru satu pemyebab tegangan b+, 115 v drop, untuk itu bila mengukur tegangan b+, wajib di tanggal dulu bebannya.
Periksa dioda penyearah dalam hasil power suplay. Karena short pada galat satu saja sanggup mengakibatkan tegangan drop semua . Bahkan ini bisa berdampak pada kematian transistor d2498 pada power suplay. 

Servis TV China meninggal total mungkin akan lebih gampang daripada meninggal standby.  Karena kebanyakan perkara TV China mati total dari berdasarkan blog power suplay yaitu transistor d2498 sebagai biang masalah lantaran tak jarang terjadi short pada komponen tersebut.
Artikel terkait :servis TV China mati standby
Biasanya apabila konflik ditandai dengan waktu TV dinyalakan mcb tempat tinggal langsung jeglek pertama periksa transistor d2498.

Atau nir bekerjanya transistor tadi umumnya ditandai elco 400volt dalam bagian primer power suplay masih menyimpan tegangan. Untuk itu Muski pada shortkan dulu. Sebelum mempelajari transistor.
Ada sebuah kasus kerusakan yg sangat menjengkelkan yaitu transistor demper pada TV Cina tewas terus meskipun sudah pada ganti Berkali kali.  Hal ini ternyata disebabkan oleh shortnya capasotor berwarna biru berukuran 681,kv terletak di kaki. Colector transistor d2498.
Semoga bermanfaat! "

Comments