CARA PERBAIKI KULKAS 1 PINTU DENGAN ALAT OBENG

5 CARA CEPAT DAN AKURAT MEMPERBAIKI KULKAS



Hanya Pakai Obeng
Apa mampu memperbaiki alat pendingin kulkas 1 pintu hanya dengan obeng....?

Disini kami mencoba memberikan solusi bagi sobat yg binggung cara memperbaiki kulkas sendiri karena biaya / dana service kulkas nir terdapat, walaupun dengan obeng bisa anda kerjakan menggunakan trik ini.

Cara kerja kulkas sanggup sobat lihat dalam tayangan youtube ini dia :

INGAT......!!!
Baca baik-baik dan jika samar-samar silahkan Sobat bertanya melalui kolom komentar ya.....karena herbi listrik yang mampu membahayakan keselamatan anda.

Sebelum Sobat memperbaiki silahkan buat teh panas kental serta anggun biar ngak ngantuk heheheee.

Langkah pertama yang wajib Sobat lakukan

  1. Cek semua kabel kulkas, apakah ada yg lepas dalam sambungan atau putus karena digigit tikus. Bila kabel utuh dan tidak terdapat yg putus karena digigit tikus lakukan langkah selanjutnya.
  2. Hubungkan kulkas anda dengan listrik sambil ditinjau apakah lampu kulkas hayati atau mangkat . Bila lampu mati bersamaan dengan kulkas anda rusak / rusaknya kulkas bersamaan dengan lampu tewas, mampu dipastikan listrik tidak hingga ke kulkas anda. Cek dalam genre listrik, barang kali putus, atau anda mampu coba dengan indera listrik lainnya seperti charger handphone, kipas angin, blender pada loka tersebut. Bila sudah dipastikan listrik baik-baik saja, langkah selanjutnya
  3. Periksa pada compressor kulkas Sobat, apakah terdapat getaran serta bunyi berdasarkan compressor tadi.
Ingat....!!! Jangan dipegang listriknya, pegang body mesin compressornya aja.

Letak mesin compressor terdapat di bawah sebelah belakang, bentuknya hampir bulat tidak mengecewakan besar

Seperti ini..tergantung merk

Bila nir ada getaran maupun suara, selanjutnya anda cabut colokan menurut sumber genre listrik.

4. Periksa dalam thermostat / pengatur suhu kulkas, umumnya pada kulkas 1 pintu terjadi kerusakan dalam thermostat akibat terlalu lama dimatikan atau karena usia penggunaan.
Kerusakan pada pengatur suhu sering di jumpai lantaran waktu mematikan kulkas pada jangka ketika lama , kondisi ruang pendinginan masih dingin dan lembab menciptakan thermostat berkarat


Silahkan copot cassing penutup thermostat, menggunakan cara buka baut-baut pengancing. Hati-hati dalam membuka, karena bahan ini terbuat menurut plastik yang gampang pecah. Kurang lebih isinya seperti gambar diatas.

Sesudah anda membuka cassing epilog thermostat, selanjutnya anda lihat dalam thermostat masih ada dua soket kabel, selanjutnya tanggal serta sambungkan kabel menurut ke 2 soket thermostat secara pribadi, dan ad interim isolasi pada sambungan supaya tidak lepas atau mengenai body kulkas.

Langkah selanjutnya adalah hubungkan balik ke arus listrik, jika compressor terdengar suara serta pada pipa evaporator dingin ( rak freezer ), berarti kerusakan terdapat pada thermostat tadi....beli di toko spertpart kulkas di kota anda.
Bila compressor kulkas tetap tidak nyala segera kembalikan thermostat dan tutup balik cassingnya. Selanjutnya merupakan....

5. Cek pada overload dan PTC relay
Letak menurut overload serta PTC relay melekat disebelah kiri mesin compressor dan tertutup sang plastik pelindung, silahkan copot pengancing yang terbuat berdasarkan logam yg melingkar pada epilog.

Bila telah pada buka maka anda akan melihat kedua benda yang satu overload serta satunya merupakan PTC Relay.
OVERLOAD bekerja jika terjadi kerusakan pada kumparan compressor atau pada PTC Relay, jadi bila pada saat kulkas dihidupkan dan compressor atau PTC Relay terjadi kerusakan, maka OVERLOAD dalam beberapa dtk akan bunyi TIK pertanda overload memutuskan arus listrik ke compressor dan apabila di pegang akan terasa panas ( ingat....!!! Bila mau pegang overload wajib keadaan kulkas nir menancap ke arus listrik ). Jika ini terjadi, maka overload tidak rusak.

Selanjutnya tinggal cek pada PTC Relay dan Compressor

Kita akan cek dulu keliru satu maka kita akan memahami, mana yang rusak.

Untuk mudahnya lantaran alat pengecekan cuma sebuah obeng, maka kita pilih buat cek PTC Relay nya aja.
Bila terdapat multitester niscaya akan lebih mudah, tinggal ukur kedua pin yg menancap pada compressor maka kita telah memahami, jika terhubung berarti PTC Relay keadaan baik, kebalikannya apabila nir terhubung kedua pin, maka PTC Relay keadaan rusak.

Kerusakan PTC Relay biasa terjadi karena heater keramik pecah, aduk rata serta dengarkan apakah ada misalnya pecahan didalamnya atau nir.
Untuk mengetahui PTC Relay rusak atau tidak, maka bubut PTC Relay dari kabel. Hubungkan kabel dalam kedua pin compressor, sedangkan pin satunya buat overload.

Langkah selanjutnya hidupkan kulkas cuma sekitar 5 dtk jangan lebih ( ingat....!!! ) sambil dihidupkan kemudian dengar terdapat bunyi dari compressor atau nir, apabila ada suara jreenngggg berarti PTC Relay rusak ( Ganti baru ).
Bila nir terdapat bunyi maka Compressor kulkas rusak.

Mudah bukan cara memperbaiki kulkas 1 pintu tanpa alat lengkap, hanya sebuah obeng kita telah bisa cek kerusakan pada kulkas.

Untuk mempermudah pada memperbaiki seluruh alat pendingin refrigerator, mampu Anda perlengkap alat-alat service misalnya postingan ini
11 ALAT KERJA TEKNISI PENDINGIN REFRIGERATOR
Tapi itu hanya pemugaran mengenai kelistrikan kulkas 1 pintu, bila kelistrikan kulkas tidak rusak, tapi tidak dingin, berarti terdapat kebocoran dalam gas freon.
Untuk cara memperbaiki kebocoran gas, maka sobat wajib menghubungi Bengkel service, karena perbaikannya seperti postingan ini
CARA MEMPERBAIKI KEBOCORAN GAS FREON ( REFRIGRANT ) KULKAS FREEZER
Demikian sedikit mengembangkan ilmu mengenai CARA PERBAIKI KULKAS 1 PINTU DENGAN ALAT SEDERHANA yaitu hanya menggunakan sebuah obeng.

Untuk memeriksa cara mendeteksi kerusakan pada kulkas dua pintu sanggup Sobat lihat di postingan ini
CARA MENDETEKSI KERUSAKAN PADA KULKAS dua PINTU

Comments