CARA MUDAH MENGISI DAN MENAMBAH FREON AC SENDIRI PANDUAN BAGI PEMULA

TIdaklah sulit menambah dan mengisi Freon AC, Jika AC kurang dingin kemungkinan besar merupakan freon yg sudah berkurang atau habis, sekalipun anda bukan seseorang pakar tehnik pendingin, ialah sebagai seorang pemula pun anda mampu mengisi atau menambah freon AC dengan gampang, karena ac masa kini telah menggunakan sistem pentil misalnya layaknya pentil ban mobil, jadi anda menggunakan gampang bisa menambahkan freon yg kurang pada AC anda,  yang perlu di pahami hanyalah dosis seberapa banyak jumlah Freon yang pada injinkan masuk ke kompresor AC, serta cara membaca Manifold ( alat ukur tekananfreon ) - semua alat-alat yg anda butuhkan buat sanggup Mengisi dan Menambah Freon AC Sendiri tidaklah mahal, semuanya bisa anda beli secara online, nir ada salahnya sehabis membaca artikel ini anda mencoba mempraktekannya terhadap AC pada tempat tinggal anda yg kurang dingin,  sebelum kita membahasnya langkah demi langkah terdapat baiknya anda mencoba menyimak keliru satu video tutorial tentang cara mengisi AC menggunakan gampang, selamat menyimak :


Berbagai Macam perlengkapan serta peralatan yg di butuhan buat proses mengisi dan menambah Freon AC mampu anda simak harga serta spesifikasi lengkapnya melalui daftar ini dia, buat lebih detailnya
silahkan anda Klik di -->  SINI
Atau Bisa Anda Cek pada --->  SINI

Berikut ini Panduan Bagi pemula buat menilik Cara Mudah Mengisi serta Menambah Freon AC :
Alat dan Bahan :
  • Manifold (indera ukur tekanan freon)
  • Flaring (alat pelebar diameter pipa)
  • Kunci inggris 10 dan 12 inci
  • Kunci pas satu set
  • Tabung refrigerant (disesuaikan menggunakan tipe AC)
  • Tang amper atau clamp meter
  • Obeng set atau screwdriver set
Langkah-langkah :
  1. Hidupkan perangkat AC yang akan diisi freon.
  2. Gunakan kunci inggris/kunci pas buat membuka penutup service valve yang terletak di pipa besar .
  3. Hubungkan selang manifold rona biru (low preassure) ke service valve. Kemudian pasang juga selang manifold rona kuning ke tabung refrigerant. Posisi service valve bisanya berada pada sebelah kiri, sedangkan tabung refrigerant terdapat pada sebelah tengah manifold. Jangan lupa lakukan pemeriksaan buat memastikan kondisi semua keran manifold sudah dalam keadaan tertutup.
  4. Saatnya melakukan pendeteksian secara dini. Caranya cek tekanan freon AC tadi. Ingat tekanan freon AC tipe R22 yang standar berkisar antara 57,6-84,1 psig.
  5. Apabila sehabis dilakukan pengecekan ternyata tidak terdapat tekanan sama sekali, kemungkinan akbar terdapat kebocoran pada sistem pendingin AC. Anda wajib mencari tahu letak kebocoran tadi sebelum dilakukan pengisian freon. Triknya yaitu usapkan air sabun memakai kuas mini kecil ke semua bagian atas AC secara perlahan-huma. Posisi kebocoran AC ditandai menurut adanya gelembung sabun yang tercipta.
  6. Perbaikan AC yang bocor bisa dilakukan dengan metode pengelasan. Sebaiknya buang sisa freon yang masih tersimpan di dalam AC sebelum dilas agar nir membahayakan diri Anda.
  7. AC yg telah dilas tersebut selanjutnya harus divakum memakai mesin vakum hingga mencapai 30”.
  8. Pasang balik selang manifold warna biru ke pentil pengisian freon serta selang warna kuning dalam tabung freon. Berikutnya buka lah epilog keran nepel berukuran 3/8 lalu masukkan kunci L dalam keran tersebut dan putar ke kanan buat membukanya.
  9. Nyalakan AC split dan tunggu beberapa saat sampai unit indoor mengalirkan listrik ke unit outdoor. Setelah unit outdoor jua menyala, Anda sanggup melepaskan selang warna biru dari manifold. Jangan kaget karena tindakan ini akan menyebabkan angin keluar berdasarkan selang rona biru tadi. Setelah angin berhenti, Anda sanggup memasang kembali selang rona biru tersebut pad manifold, lalu putar ke arah kiri.
  10. Isikan freon dengan cara memutar keran manifold warna biru ke kiri. Sembari melakukan pengisian, Anda wajib memperhatikan jarum indikator yg masih ada di manifold buat mengetahui kapasitas freon yang sudah dimasukkan ke dalam sistem pendingin. Tips menurut kami, lakukan pengisian freon sedikit demi sedikit agar nir merusak bagian klep kompresor.
  11. Tanda jumlah freon yang diisikan ke AC telah relatif merupakan pipa instalasi AC yang ukuran tiga/8 pad unit outdoor terlihat basah dan berembun, dan syarat evaporator dalam unit indoor terasa dingin menyeluruh. Pengisian freon yg berlebihan justru mengakibatkan AC sama sekali tidak dingin.
  12. Setelah dianggap freon yang dimasukkan sudah relatif, tutup lah balik keran yg ada di tabung freon seperti semula kemudian lepaskan selang manifold yang terpasang di tabung freon serta unit AC. Tunggu selama beberapa waktu, selanjutnya lakukan pengecekan tekanan menggunakan ampere meter. Terakhir, buka lalu lepaskan selang manifold pada unit AC dan tutup balik penutup valve service.

Cara Alternatif Mencari kebocoran Pada Sistem Pendingin AC

CARA MENGISI FREON AC DENGAN FREON REFRIGERANT R22 - HIJAU

Peralatan yang diperlukan :

1Manifold (indera ukur tekanan freon)
2.kunci inggris10" dan 12" masing
3.kunci passatu set
4.tang Amper /clamp meter
5.obeng set(screwdriver set)
6.tabungrefrigerantR22
7.alat Flaring

Langkah Kerja Memperbaiki Kebocoran:

Nyalakan unit AC, Buka penutupservice valve pada pipa akbar memakai kunci inggris atau kunci pas Pasang selangmanifold (low preassure) rona biru dalam service valve (posisi sebelah kiripada manifold anda) dan rona kuning pada tabung refrigrant (posisi sebelahtengah dalam manifold anda). Usahakan kran manifold dalam posisi tertutup semua.

Untuk deteksidini, cek tekanan freon AC. Standard tekanan freon R22 adalah 57.6 – 84.1 psig.
Jika tidak adatekanan freon sama sekali, berarti sistem pendingin/ac split ada kebocoran.cari sampai ketemu dimana letak kebocorannya menggunakan kuas kecil yang diberi airsabun, jika tidak diperbaiki/dilas kebocorannya freon akan berkurang kembaliwalaupun telah diisi sampai ac split sebagai dingin pulang. Bila ruangkebocorannya harus diperbaiki dengan cara mengelas dan pada sistem pendingin/acsplit masih terdapat residu freon, maka yang harus anda lakukan sebelum melakukanperbaikan/pengelasan merupakan membuang sisa freon tersebut supaya tidakmembahayakan diri anda.
Apabila telahditemukan letak kebocorannya dan sudah diperbaiki/dilas, sistim pendingin/acsplit harus divakum terlebih dahulu sebelum diisi freon, dengan menggunakanmesin vakum. Vakum yg baik harus mencapai 30″, kemudian bagaimana bila anda tidakmempunyai mesin vakum??

Proses Kerja Vacuum dan Mengisi Freon:


1.pasang selangwarna biru pada pentil pengisian freon serta selang rona kuning pada tabungFreon (posisi kran ditabung freon dalam keadaan terbuka penuh serta kedua kranpada manifold tertutup penuh).
2.buka penutup krannepel berukuran tiga/8 yg terdapat pada samping kanan kran nepel outdoor unit.
3.masukan kunci Lpada kran nepel tiga/8 serta putar kekanan(posisi klep nepel ditutup).
4.operasikan acsplit serta tunggu hingga indoor unit mensupply listrik kebagian outdoor unit.
5.setelah outdoorunit beroperasi, lepaskan selang warna biru menurut manifold, angin akan keluardari ujung selang warna biru dan tunggu hingga angin nir keluar lagi dariujung selang rona biru.
6.setelah tidak adaangin yg keluar lagi dari ujung selang warna biru, pasang pulang ujung selangwarna biru ke manifold kemudian putar ke kiri kunci L yg berada pada kran nepel3/8(posisi kran nepel terbuka penuh).

7.isi freon denganmemutar kran manifold rona biru kearah kiri sambil melihat jarum manifold untukmemastikan berapa freon yg telah masuk kedalam sistem pendingin/ac split.
Pada saat pengisian freon lakukan secara sedikit demi sedikit jangansekaligus pada saat singkat, supaya tidak merusak klep compressor.

8.buka kran manifoldtunggu beberapa ketika, kemudian tutup kembali. Lakukan berulang-ulang dan lihatberapa freon yg telah masuk pada jarum penunjuk yg ada dimanifold, hingga pipainstalasi ac yang ukuran 3/8 yang berada pada outdoor unit basah berembun atauevaporator yang ada pada indoor unit anda pegang, bila dinginnya telah merataberarti proses pengisian freon telah cukup, tidak harus 75 psi.
Bila unit ac kelebihan freon akan menciptakan ac menjadi tidakdingin bukan menjadikan lebih dingin. Perhatikan juga ampere compressor padawaktu pengisian freon, jangan sampai melebihi batas ampere (current) yang dapatanda lihat pada sisi indoor unit.

9. Tutup kembali kran pada tabung freon.

10Lepas selangmanifold dalam tabung freon dan unit AC.
Tunggu beberapasaat check balik tekanan freon AC, chek Ampere meter (currency) apabilamelebihi kapasitas kurangi tekanandengan sedikit membuangnya.

11 Buka serta tanggal selang manifold pada Unit AC, tutupkembali epilog valve service.


--> SELANJUTNYA

Comments