CARA MERAKIT DAN MEMPERBAIKI SKATEBOARD SENDIRI DI RUMAH

BAnyak sekali pilihan Skateboard yang pada jual di pasaran, Tak hanya skateboard yang telah siap pada pakai, namun juga masih dalam bentuk komponen atau part, mampu bagian Deck saja, Bagian Truck saja atau bahkan hanya bagian Bearing serta Rodanya ( Wheels ) saja, tidak hanya itu, selain part yang di sebutkan di atas terdapat bagian - bagian komponen pendukung tidak kalah krusial kegunaannya pada sebuah skateboard yaitu Bushing, Riser pad serta Hardware Lainnya. Bagi anda pecita olah raga skateboard bagian - bagain yg baru saja kita sebutkan tentu saja tidak asing lagi, tetapi bagaimana dengan para pemula yg baru ingin belajar merakit skateboard kesayangan-nya, anda nir perlu khawatir, pada artikel ini, kami akan berusaha memberikan panduan lengkap buat merakit skateboard anda menjadi skateboard yg keren. Apakah anda telah siap ? Sebelum anda mencoba mulai merakitnya, mari kita saksikan keliru satu Video Tutorial berikut adalah yg akan membuka wawasan anda, bahwa merakit skateboard sendiri serta bahkan memperbaiki Skateboard yang rusak sendiri itu sangat mudah, selamat menyimak :

Selanjutnya anda bisa mengusut Bagian - Bagian menurut skateboard yang anda miliki saat ini, terdapat baiknya anda pula mengetahui cara merakitnya serta membarui bagian - bagian yg rusak suatu hari nanti, sebelumnya ayo kita kenali dulu jenis - jenis dan merek - merek skateboard yang sanggup anda dapatkan pada Indonesia, Informasi Lengkapnya silahkan anda klik di -->  SINI
Atau Bisa Anda Cek di --->  SINI



Beberapa model, merek serta model skateboard yang komponenya berkwalitas baik serta berstandar internasional bisa anda simak selengkapnya pada --> SINI
Selanjutnya Mari Kita Pelajari Terlebih Dahulu Bagian - Bagian Atau Part menurut Skateboard Anda !

Bagian-bagian Skateboard



Kalianmungkin telah tahu apa itu skateboard seperti dari sisi bentuknya yaitu papan yangmemiliki 4 butir roda. Meluncur, melayang, berputar dan mendarat menggunakan indah bisakita lakukan pada olahaga skateboard ini. Kita pula wajib memperhatikan bagian-bagin pada skateboard tadi.



Berikut ini merupakan bagian–bagiandari skateboard:



Deck





Deck merupakan papan yang dipakai dalamskateboard. Terbuat berdasarkan kayu maple yg umumnya terdiri berdasarkan 7 hingga 9 lapisankayu yangdirekatkan dengan lem dan dipress kedalam wadah press an buat membentukconcaves.concaves merupakan lekukan pada deck.





Griptape





Deck harus ditambah menggunakan griptape yg berguna supaya nir licin saatkita memakai skateboard. Bentuknya misalnya kertas ampelas yang di tempel padadeck.






Truck












Berguna sebagai penyangga antara deck dan wheel. Pada truck tersebutterdapat karet suspense yg bernama


Bushing




yaitu potongan urethane yang berbentuk donat serta diletakkandikingpin.bushing masih ada pada dalam gambar disamping yang berwarnakuning, disetiap truck masih ada dua bushing. Busing diletakkan diantara hanger satudiletakkan dibawah hanger dan satunya diletakkan diatas hanger.bushing bisadikencangkan atau dikendorkan sesuai dengan jenisnya terdapat yang hard yaitu yangkeras atau yg soft lebih lembut.

Bearing



Yaitu benda yg berfungsi menjadi poros putaran wheel, bearing terdiri berdasarkan 6-8 bola yg dilindungi oleh penahan. Satu roda membutuhkan 2 bearing, Jadi untu 4 roda membutuhkan 8 bearing. Bearing tersebut mempunyai penilai ABEC mengikuti nomor 1,2,3,4,lima,6,7,8,9 meningkat nilai ABEC semakin cepat





Wheels








Roda yang masih ada dalam skateboard umumnya terbuat berdasarkan poliuretan. Bermacam-macam ukurannya

Street: umumnya berukuran 48-55 mm menggunakan taraf kekerasan 97-101a.

Vert: berukuran 55-65 mm menggunakan kekerasan 95-100a









Riser pad






Riser pad adalah palstik berbentuk persegi yg diletakkan diantara truck dandecks.riser berfungsi buat meredam tekanan gravitasi dan menciptakan papan awet




Hardware





Hardware Skateboard Terdiri dari baut dan mur buat memasangkan deck serta truck. Hardware tersedia dalam aneka macam berukuran panjang untuk pemasangan truk dengan atau riser.
Secara Singkat dapat di Jelaskan Bagaimana cara Merakit Sebuah Skateboard sehingga aman ketika di gunakan oleh anda untuk meluncur. Silahkan pada simak berikut adalah Langkah - Langkah singkatnya :


1. Pasangkanlah grip tape dalam Papan
2. Lubangi lubang yang ada pada deck
3. Sebelum memasangkan wheel kita pasangkan dulu Bearing atau klaharnya
4. Pasangkan wheel dalam truck
5. Kencangkan menggunakan memutar bautnya Agar nir leaps
Bangaimana Memperbaiki Skateborad yg Mulai Rusak dan Tidak nyaman ketika di gunakan ?

Jika anda mempunyai skateboard / long board serta merasa bahwa rodanya telah berjalan nir begitu lancar atau anda baru saja membeli roda skate akan tetapi belum bersama menggunakan bearing-nya, maka anda harus melakukan bongkar pasang bearing dalam roda skateboard.
Ternyata buat membarui bearing (klaher) pada roda skateboard (wheels) sangatlah mudah, tidak perlu alat spesifik, karena alat yg diharapkan hanyalah kunci pas untuk membuka mur (lock nut) pada truck.
Tahap 1: Buka Mur (lock nut) Pengikat Roda Skate board
Untuk membuka mur, caranya dengan memutar ke kiri (antagonis arah jarum jam). Kalau skateboard saya yg memakai truck brand Slant, locking nut / mur-nya berukuran kunci nomor 13.
Tahap dua: Lepas Satu Buah Bearing
Setelah mur terlepas, keluarkan spacer (semacam ring mini ) dan simpan jangan sampai hilang.
Dalam satu roda skateboard menggunakan dua buah bearing.
Untuk melepas bearing, tarik roda ke atas, akan tetapi jangan hingga roda terlepas. Posisikan roda hingga kira-kira ujung besi berdasarkan truck "nyangkut" di salah satu bearing saja.
Setelah itu miringkan roda skateboard ke kiri atau kanan. Jadi ujung besi truck digunakan menjadi pencongkel.
Tahap tiga: Lepas bearing satunya lagi
Setelah satu bearing terlepas, pulang roda skateboard kemudian lakukan misalnya termin ke 2 buat melepas bearing yg berada pada sisi satunya.
Tahap 4: Bersihkan / ganti bearing roda skateboard
Setelah bearing terlepas, bersihkan bearing menurut kotoran yang mengganggu. Sebaiknya pakai cairan khusus pembersih bearing, bisa juga menggunakan citrus oil. Tapi apabila tidak ada, bisa memakai minyak kayu putih.
Tahap 5: Lumasi / kasih oli bearing
Untuk hal ini juga usahakan pakai oli yg memang diciptakan spesifik buat bearing. Bisa dicari di toko seperti Ace Hardware, dsb. Sekedar saran, buat bearing yg sudah tua, jangan memakai cairan oli misalnya WD40, karena kemungkinan di bearing yg telah tua mempunyai sedikit / poly zat oksidasi. Kalau disemprot WD 40 yang memiliki kemampuan menghancurkan karat justru akan sekalian "menghancurkan" bearing-nya.
Tahap 6: Pasang balik bearing Pada Skateboard Wheels.
Untuk memasangnya sangat gampang, tinggal masukkan bearing ke dalam Truck sesudah itu masukkan roda skateboard kemudian tekan roda ke arah bawah hingga bearing terpasang kuat.
Lakukan hal serupa untuk bearing satunya. Terkadang antara satu bearing dengan yg lain terdapat semacam pipa penghubung (terletak pada tengah-tengah kedua bearing). Apabila ada pipa tadi, ingat buat dipasang. Karena bearing akan lebih awet serta bertenaga jika ada pipa pada tengahnya.
Tapi apabila menurut bawaannya nir terdapat, maka tidak perlu dipasang.
Tekan roda kebawah buat mengencangkan / memasukkan bearing
Tahap 7: Kencangkan mur / locking nut secukupnya
Setelah bearing terpasang dengan baik dalam roda skatboard, maka anda tinggal mengencangkan mur pengikat menggunakan cara memutar ke arah kanan (searah jarum jam). Jangan lupa buat memasang spacer / ring besi sebelum lock nut.
Mur nir perlu dipasang hingga kencang sekali, lantaran jikalau dikencangkan justru roda tidak akan berjalan menggunakan baik.
Yang perlu diperhatikan merupakan, anda wajib memakai jenis locking nut atau mur yang bisa mengunci sendiri. Jangan memakai mur biasa karena sangat berbahaya dan sanggup terlepas sendiri.
--> SELANJUTNYA

Comments