CARA MENGUMPULAN IKAN DI LAUT

Cara Mengumpulkan Ikan Di Laut - Untuk melakukan Operasi Penangkapan Ikan terkadang kita harus memakai alat bantu penangkapan. Alat Bantu tersebut selain bertujuan buat meringankan pekerjaan jua berfungsi untuk menaikkan output tangkapan.

Untuk meningkatan output tangkapan pada sebaiknya agar target tangkapan mampu berkumpul serta bisa tertangkap. Alat bantu buat mengumpulkan ikan antara lain indera bantu cahaya, indera bantu rumpon dan alat bantu pemanggil ikan.

Trik Mengumpulkan Ikan umumnya pada lakukan dalam pola pengoperasian penangkapan ikan menggunakan indera tangkap Purse seine. Karena pada pengoperasian  nya purse seine merupakan dengan melingkari gerombolan ikan dan menaikan ke atas kapal.

 Cara Mengumpulkan Ikan Di Laut

Dalam Perkembangannnya Alat bantu pengumpul ikan terus mengalami beberapa perubahan dan inovasi dimana tujuannya buat terus menerima output yang poly berdasarkan penggunaan alat bantu tadi.

Alat bantu Pengumpul ikan yg tak jarang kita temui di kapal kapal perikanan diantara nya :

- Mengumpulkan Ikan dengan Cahaya

Alat bantu Cahaya pada nilai sangat efektif untuk mampu mengumpulkan ikan dalam satu syarat perairan. Pada perkembangannya alat bantu ini semakin akbar serta semakin tidak terkendali pada penggunaannya.

Dahulu sebelum penggunaan lampu lampu modern , nelayan masih menggunakan cahaya berdasarkan obor atau api dan saat ini perkembangan lampu sudah mengalami peningkatan berdasarkan mulai lampu pijar, lampu neon, lampu galaxi serta lampu LED,

Penggunaan Cahaya sebagai indera pengumpul ikan bisa di gunakan di atas air serta pada bawah air. 

Contoh alat tangkap yg memakai Cahaya menjadi alat pengumpul kelompok ikan diantaranya Purse seine , Bagan dan pancing cumi. 
- Mengumpulkan Ikan menggunakan Rumpon

Rumpon perairan pada sangat berguna  bagi warga nelayan maupun bagi kelestarian ekosistem perairan. Hal ini disebab lantaran teknologi rumpon bahari dalam atau rumpon perairan ini memudahkan nelayan atau para penangkap ikan lainnya buat dapat merogoh ikan yang berada dalam kedalaman diatas 200 meter. 

Selain itu menggunakan adanya rumpon, kapal penangkap mampu berhemat waktu & bahan bakar, karena nir perlu lagi mencari dan mengejar grup  ikan berdasarkan dan menuju ke lokasi penangkapan.

Jenis-jenis Rumpon


Terdapat tiga jenis rumpon, yaitu:

- Rumpon Perairan Dasar merupakan indera bantu penangkapan ikan yang dipasang dan ditempatkan pada dasar perairan bahari. Rumpon populer sangat efisien dan efektif pada mengumpulkan Ikan.

- Rumpon Perairan Dangkal merupakan indera bantu penangkapan ikan yang dipasang serta ditempatkan pada perairan   bahari yg di pasang pada kedalaman 20-100 meter   buat mengumpulkan jenis-jenis ikan pelagis kecl contohnya : kembung,  selar,  tembang, japuh, layang serta lain sebagainya.

- Rumpon Perairan Dalam adalah indera bantu penangkapan ikan yg dipasang & ditempatkan pada perairan laut menggunakan kedalaman diatas 200 meter.
Bahan dan Komponen Rumpon

Setiap rumpon terdiri menurut beberapa komponen. Di Indonesia rumpon masih memakai bahan alami seperti daun kelapa, tali plastik yg telah niscaya kekuatannya sangat terbatas. Tim Pengkajian Rumpon IPB (1987) mengemukakan bahwa persyaratan generik komponen & konstruksi rumpon adalah menjadi berikut:

1.pelampung

 Sebagai indera pengapung yang dibuat dari besi plat yang dibuat seperti tabung.


- Mempunyai kemampuan mengapung yg relatif baik (bagian yang mengapung diatas air 1/tiga bagian)
- Konstruksi nisbi kuat
- Tahan terhadap gelombang & air
- Praktis dikenali berdasarkan jarak jauh
- Bahan pembuatnya gampang didapat;

2.atraktor

Merupakan pemikat yang bertujuan buat memikat ikan disekeliling rumpon yang terbuat berdasarkan daun nyiur atau daun kelapa

Mempunyai daya pikat yg baik terhadap ikan

Tahan usang

Mempunyai bentuk contohnya posisi potongan vertikal dengan arah ke bawah

Melindungi ikan-ikan kecil 

Terbuat & bahan yang bertenaga, tahan lama serta murah;

3.tali-temali

Tali temali ini BerGuna sebagai pengikat pelampung & pemberat bahannya terbuat menurut polyethylene kemudian dibubuhi atau di tambah dawai baja yg berfungsi buat mengikat atraktor supaya cepat karam dan tidak mengapung.

Terbuat & bahan yang kuat & jarang mengalami Pembusukan

Harganya nisbi murah, memiliki daya apung yg relatif untuk mencegah tabrakan terhadap benda-benda lainnya & terhadap arus

Tidak bersimpul (less knot);

4. Pemberat

Merupakan bahan buat menenggelamkan rumpon & rumpon nir berpindah tempat yang dibentuk dari semen yang dicor.

Bahannya murah, kuat & mudah diperoleh

Massa jenisnya akbar , permukaannva nir licin serta mampu mencengkeram.

- Mengumpulkan Ikan dengan Suara

Penggunaan Suara untuk mengumpulkan ikan memang belum teruji benar tetapi peran bunyi yg di timbulkan alat gelombang ultra sonik setidaknya mampu membuahkan ikan mengenali suara tersebut menjadi pemanggilnya. 

Pada dasarnya Alat atau teknik mengumpulkan ikan pada bahari lebih tak jarang Kita sebut dengan Istilah Alat Bantu penangkapan Ikan Seperti Contohnya

Alat bantu Purse seine
Alat bantu Gill Net
Alat Bantu Long line

Demikian Cara cara mengumpulkan ikan pada laut setidaknya artikel yg sedikit ini mampu memberikan manfaat buat pembacanya.

BACA JUGA

Cоntоh indera-indera navigasi digunakan dі kapal : 


2. GPS 

3. SONAR 



6. RADIO 


8. PERUM 




Comments