CARA MENGUKUR BERAPA NILAI RESISTOR DENGAN MULTITESTER

Resistor merupakan galat satu bagian komponen penting pada sirkuit elektronika dan resistor sendiri memiliki peranan yg sangat penting yaitu berfungsi menjadi hambatan arus.

Berdasarkan bentuknya dan proses pemasangannya pada PCB, Resistor terdiri 2 bentuk yaitu bentuk Komponen Axial/Radial dan Komponen Chip. Untuk bentuk Komponen Axial/Radial, nilai pelawan digambarkan sang kode warna atau yg biasa kita sebut Gelang / Cincin sebagai akibatnya kita wajib mengetahui cara membaca serta mengetahui nilai-nilai yang terkandung pada rona tadi sedangkan buat komponen chip, nilainya diwakili sang Kode eksklusif sehingga kita lebih mudah pada membacanya.

Banyak bentuk lain dari pelawan yang saat ini telah pada kembangkan, namun pada dasarnya permanen kegunaan resistor adalah sama yakni menjadi kendala.

Ada banyak sekali cara buat sanggup mengetahui akbar kecilnya nilai sebuah pelawan; keliru satunya yaitu dengan cara menghitung rona gelang / cincin dan tentunya kita harus hafal betul nilai masing masing warna gelang / cincin tersebut. Cara ini mungkin sedikit memakan saat serta jarang digunakan sang sebagian teknisi.

Adapun cara lain buat mengukur nilai penahan yaitu dengan cara memakai Avo Meter, cara ini poly di pakai oleh sebagian teknisi lantaran disamping tidak membutukkan saat usang pula memudahkan kita mengetahui nilai resistor tersebut.


Perlu kita jangan lupa bahwa satuan resistor merupakan Ohm (Ω)

Tabel dibawah ini adalah warna-warna gelang / cincin yang ada di Tubuh Resistor :


Sekian sobat sedikit trik cara mengukur nilai pada penahan semoga berguna buat kalian seluruh.
Salam : CARA FLEXI                                                 

Comments