CARA MENGGANTI COMPRESSOR KULKAS FREEZER SHOWCASE CHILLER

CARA MUDAH GANTI COMPRESSOR


Pengantian compressor kulkas freezer chiller showcase harus mengerti dulu kapasitas  yg akan diganti sebelum melangkah ke sistem pergantian, dalam hal ini kita wajib mengetahui kapasitas / PK Compressor.

Sebaiknya anda mencatat kode/type lemari es tersebut lalu anda tanyakan pada showroom brand lemari es tersebut, karena berukuran 1 2 atau 3 pintu ada bermacam-macam ukuran, Ukuran kulkas yg tak jarang di gunakan dari berbagai merek adalah 1/8pk, 1/6pk, 1/4pk dan 1/3pk.

Bila compressor yang akan anda ganti kapasitasnya kebesaran atau kekecilan akan membuat kinerja lemari es tadi bekerja tidak aporisma serta menghipnotis keawetan  itu sendiri.

Hal yang perlu anda ketahui dalam proses pengisian gas freon dalam lemari es, tidak semudah melakukan pengisian freon pada AC Split ataupun AC Window, ini dikarenakan lemari es memakai pipa kapiler yang ukurannya berbeda menggunakan pipa kapiler yang dipakai pada AC Split dan AC window.
dengan pipa kapiler yang ukuran kecil menciptakan rentan terhadap kebuntuan genre freon bila ada kotoran yg terbawa pada waktu freon mengalir.

Sebaiknya ganti strainer/filter dan pipa kapiler dengan yang baru jika anda ingin mengisi gas freon yang bocor atau membarui compressor yang rusak dengan compressor yang baru.

Adapun indera yg diharapkan pada proses pengantian compressor kulkas merupakan sebagai berikut :

1. Stang las dan alat pengelasan yaitu tabung lpg serta tabung oksigen.
2. Manifold.
3. Freon R12, atau freon R134A tergantung dalam data spesifikasi yg ada dalam lemari es.
4. Pentil pengisian freon.
5. Perak/kawat las tembaga atau las kuningan.
6. Pemotong pipa/cutter
7. Flare-nut/flering
8. Tools/kunci perkakas

Compressor kulkas ada 2 macam modelnya, yaitu :

1. Compresor piston
2. Compresor rotary
- compressor piston poly dipakai dalam lemari es satu pintu serta dua pintu, akan tetapi pada lemari es dua pintu ada pula yang menggunakan compressor jenis rotary, dalam hal kwalitas sudah jelas compressor jenis pistonlah yg paling handal dibandingkan dengan compressor jenis rotary.

saya pernah membarui compressor lemari es dengan jenis rotary, pada hari pertama sampai hari ketiga, lemari es nir ada kasus(dalam keadaan dingin/normal).
pada hari keempat lemari es mengalami kebuntuan genre freon pada pipa kapiler yg mengakibatkan compressor rotary mengalami kerusakan dalam bagian klep compressor.

mau tidak mau aku wajib membarui compressor yg rusak itu menggunakan compressor yang baru kembali.
tapi nir saya ganti dengan type compressor yang sama, aku merubahnya menggunakan compressor berjenis piston walaupun aku wajib menciptakan dudukan tambahan karena ruang dudukan compressor rotary yang begitu sempit.
karena compressor rotary pada lemari es berbentuk tabung serta berposisi horizontal dalam penempatannya.

compressor piston pada lemari es, pipa keluarannya ada yg tiga butir serta lima buah.
adapun pipa-pipa yang keluar 3 buah adalah:
Pipa tekan/discharge.
Pipa hisap/suction.
Pipa buat pengisian freon.

pipa-pipa yg keluar 5 butir merupakan:
Satu pipa tekan/discharge
Satu pipa hisap/suction
Satu pipa buat pengisian freon. 
Dua pipa buat pendinginan oli compressor yg terletak pada bagian bawah compressor.

Sebelum kita melepaskan compressor yang rusak yaitu menggunakan cara memanaskan sambungan pipa tekan dan sambungan pipa hisap dengan menggunakan indera pengelasan pada bagian compressor, cabut kabel-kabel yg menuju ke compressor serta pastikan freon pada sistem pendingin/lemari es, sudah anda buang semuanya melalui pipa pengisian, sanggup juga anda mencopot   menggunakan memotong eksklusif sambungan pipa menurut ujung menggunakan cutter.

Sebelum anda membarui compressor yang baru, usahakan buat melakukan flusing sistem pemipaan, hal ini bertujuan buat membersihkan pipa menurut seluruh kotoran baik oli, kerak supaya jalur gas refrigrant berjalan lancar.

Setelah compressor terlepas menurut dudukannya pasang compresor yg baru, jika compressor yang anda ganti memakai starting capasitor berarti terdapat 3 kabel yang menuju ke terminal compressor, jika nir menggunakannya berarti hanya 2 kabel yg menuju ke compressor.

Saya sarankan sebelum melakukan pengelasan, coba cek dulu dan tes menjalankan compresor.
sebab jika ujung pipa sudah ada bekas las, compresor mengalami kerusakan / macet kita nir dapat menukarnya balik .

bila compressor bisa beroperasi barulah anda melakukan pengelasan dalam pipa tekan dan pipa hisap.

Bila jalur pipa tekan terbuat dari besi, sewaktu anda mengelas pergunakan boraks serta kuningan sebagai gantinya perak las, agar jalur pipa tekan dapat menyatu dengan pipa tekan tembaga yang keluar berdasarkan compressor serta bersihkan sambungan menurut cat ataupun zat oksidasi.

setelah pipa hisap serta pipa tekan telah terselesaikan di sambung, beralih dalam pengelasan pentil pengisian freon.
sewaktu melakukan pengelasan pentil, buka pentil supaya seal / karet tidak meleleh terkena hantaran panas, selesainya terpasang dan lap dengan kain basah supaya hawa panas pada pentil cepat menghilang, sehabis itu pasang kembali pentil seal dan kencangkan.

beralih ketahap pemasangan strainer / filter, terserah anda mau menggunakan strainer isi silica gel atau strainer kosong / tanpa isi silica gel. Perlu diingat, pemakaian  strainer silica gel berkwalitas, supaya dalam proses pengelasan tidak gampang hancur bikin buntu. Dalam strainer / filter buat pipa kapiler ada yang dua lubang serta 1 lubang (yg dua lubang satunya buat vakum, pasang kapiler 10 centimeter serta ujungnya biarkan terbuka jangan dilas )
bila pipa kapiler yg berada pada lemari es anda tidak bisa diganti / heat exchanger (pipa kapiler berada didalam jalur pipa hisap/suction) dan pipa kapiler mengalami kebuntuan, anda dapat merubahnya menggunakan cara melepaskan evaporator yaitu menggunakan cara memanaskan dengan indera las, akan tetapi sebelumnya luruskan pipa kapiler supaya lebih gampang menarik evaporator keluar, bila terlalu sulit mampu anda buat lubang ke belakang asal letak kondensor terdapat pada pinggir.

pada type lemari es jaman kini jalur pipa suction / hisap serta kapiler dipress didalam body lemari es tersebut.
bila anda ingin membarui pipa kapiler sanggup lewat jalur pembuangan air atau membolongi body kulkas dengan bor listrik, akan tetapi hati-hati jangan sampai tentang pipa dalam body kulkas serta tempatkan pipa kapiler pada body luar kulkas dan diplester, kemudian sambungkan ke strainer dan pipa kapiler terpasang/sudah dilas, vakum lemari es dengan mesin vakum hingga angka 30" bila anda tidak mempunyai mesin vakum, lakukan vakum body melalui lubang strainer,sehabis vakum kemudian di buntu.
bila sudah divakum serta jarum dalam manifold nir naik keatas menuju 0 psi berarti nir terdapat kebocoran pada sambungan pipa dicompresor, strainer dan pipa kapiler yg baru saja anda las.
tapi bila jarum manifold masih naik keatas berarti terdapat kebocoran, cari hingga ketemu kebocoran tadi.

Setelah nir ada ruang kebocoran, operasionalkan lemari es, buka kran manifold dalam meter biru kearah kiri sambil melihat jarum yang ada dalam manifold serta isi freon secara perlahan-lahan hingga jarum menunjukan angka 20 psi, kemudian stop. (lakukan berulang-ulang jangan eksklusif isi hingga lebih dari 20 psi supaya compressor nir cepat panas) chek pula ampere compressor menggunakan clamp meter/tang ampere.

liat telah berapa tekanan freon yg telah kita isi, sambil mendengarkan apakah terdapat desiran aliran freon dievaporator.
bila ada berarti genre freon berjalan lancar, isi kembali hingga evaporator rata dipenuhi salju (ini buat lemari es satu pintu)

untuk lemari es 2 pintu kita mampu melihatnya dari hembusan fan motornya dibagian pintu atas apabila telah mengeluarkan kabut berarti proses pendinginannya telah aporisma.

Untuk pengisian freon lemari es nir dapat dilakukan secara cepat dan gampang seperti mengisi freon pada ac split dan diperlukan kesabaran apabila ternyata sehabis kita isi satu jam lalu aliran freon mengalami kebuntuan.

Untuk mengetahui lemari es yg mengalami kebuntuan, sewaktu kita melakukan pengisian freon serta manifold sudah mengambarkan tekanan 10 psi lalu bubut steker lemari es serta lihat apa jarum manifold naik keatas melebihi dari 10 psi?
bila jarum dapat naik keatas berarti aliran freon pada sistem berjalan lancar.

Proses selanjutnya adalah hidupkan kembali kulkas sampai proses di evaporator ber salju, serta jika sudah keadaan  seluruhnya lalu lihat di manifol,tekanan gas kulkas homogen-rata dalam keadaan mesin compresor hayati kisaran 10-12 psi. Pencet pipa, potong serta lalu di las, hal ini dilakukan keadaan mesin masih hayati, karena pada ketika hayati tekanan gas dalam keadaan rendah.

Demikian membuatkan ilmu mengenai cara membarui compresor, apabila anda samar-samar dalam mempraktekkan artikel ini, silahkan komentar dibawah ini

Artikel terkait

Comments